Melihat Bentuk Perubahan Kedua Para Pokemon Starter di Pokemon X & Y

Nintendo merilis trailer terbaru untuk game Pokémon mereka yang akan dirilis bulan depan di seluruh belahan dunia, Pokémon X & Y. Kali ini kamu bisa melihat bentuk perubahan kedua para Pokémon starter, bentuk Mega Evolution baru, beberapa Pokémon baru, hingga kemampuan untuk mengubah tampilan karaktermu!

Pertama kita mulai dengan perubahan bentuk kedua para Pokémon starter-nya.

Quilladin

Saat Chespin berubah menjadi Quilladin, tubuhnya terlihat makin membulat namun duri-durinya juga semakin tajam. Meski demikian, dia adalah Pokémon yang cinta damai. Quilladin menggunakan tempurungnya yang keras untuk berlindung dan menyerang balik. Quilladin bisa mempelajari Mud Shot, yang memberi damage sekaligus menurunkan Speed lawan. Gerakan bertipe Ground ini akan sangat efektif melawan Pokémon tipe Fire, cocok sekali bagi Quilladin yang merupakan Pokémon bertipe Grass, karena dirinya rentan dengan serangan bertipe Fire.

Braixen

Saat Fennekin berubah menjadi Braixen, dia tak lagi mengunyah ranting pohon tapi menaruhnya di ekornya. Braixen juga terkadang memegang ranting tersebut dan menyalakannya dengan api. Dia memiliki gerakan bertipe Psychic, Psyshock, yang memberikan damage berbasis pada Defense lawan. Jika Braixen menggunakan gerakan ini untuk musuh yang memiliki Special Defense tinggi, maka damage-nya pun juga akan makin besar!

Frogadier

Saat Froakie berubah menjadi Frogadier, kemampuan melompatnya meningkat dan menggunakannya sebagai serangan ke lawan. Frogadier bisa mempelajari Bounce, serangan bertipe Flying yang sangat efektif melawan Pokémon bertipe Grass. Karena Frogadier sangat lemah dengan serangan bertipe Grass, Bounce adalah langkah efektif untuk melakukan serangan balik!

Selain itu, ada dua Pokémon yang dikonfirmasikan memiliki bentuk Mega Evolution. Pertama adalah Mewtwo. Ya benar, Mewtwo memiliki dua Mega Evolution. Jika menggunakan Mewtwonite X dia akan berubah menjadi Mega Mewtwo X, sedangkan jika menggunakan Mewtwonite Y dia akan berubah menjadi Mega Mewtwo Y. Bentuk Mega Evolution Mewtwo yang pertama kali kita lihat sebelumnya adalah Mega Mewtwo Y.

Mega Mewtwo X sendiri berubah menjadi lebih kuat, terlihat dari ototnya yang berkembang dan mendapatkan serangan bertipe Fight (selain tipe Psychic asli dari dirinya). Dia bisa mempelajari serangan Giga Impact, dengan damage yang super kuat karena status Attack-nya meningkat drastis.

Bentuk Mega Evolution lainnya adalah Mega Garchomp. Ketika berubah, Mega Garchomp memiliki sepasang pedang di tangannya yang jauh lebih besar dan meningkatkan status Attack serta Special Attack-nya dengan drastis, meski Speed-nya sedikit menurun. Memiliki serangan bertipe Dragon, Dragon Claw, yang unggul dalam memberikan damage pada lawan.

Garchomp
Mega Garchomp

Nintendo juga mengkonfirmasikan beberapa Pokémon baru, antara lain sebagai berikut.

Furfrou

Pokémon stylish bernama Furfrou, yang penampilannya bisa kamu ubah dengan pergi ke salon. Ada beberapa tampilan yang dapat kamu aplikasikan ke Pokémon ini, dan semakin sering kamu dandani maka akan semakin banyak pula gaya rambut yang tersedia! Tapi jika kamu membiarkan gaya rambutnya selama beberapa hari tanpa pergi ke salon, maka rambutnya akan tumbuh panjang kembali seperti sedia kala. Furfrou memiliki kemampuan Fur Coat, yang akan mengurangi separuh damage dari serangan fisik. Dia juga bisa mempelajari Baby-Doll Eyes, gerakan bertipe Fairy yang membuat dia jalan terlebih dahulu (tak memperdulikan status Speed) dan menurunkan status Attack lawan.

Beragam gaya rambut Furfrou yang stylish

Meowstic

Meowstic adalah Pokémon yang memiliki bentuk berbeda tergantung gendernya. Penampilan Meowstic jantan dan betina berbeda, begitu pula kemampuannya. Para Meowstic kebanyakan jarang berekspresi dan menampilkan emosinya. Meowstic jantan unggul dalam menggunakan gerakan bertipe suportif, seperti Miracle Eye (gerakan bertipe Psychic). Gerakan ini mampu menjamin serangan berikutnya mengenai lawan tak peduli dengan status Evasion-nya. Sedangkan Meowstic betina unggul dalam serangan ofensif, seperti Extrasensory, gerakan bertipe Psychic. Selain memberi damage, gerakan tersebut juga bisa membuat lawan lumpuh satu giliran.

Meowstic jantan
Meowstic betina

Pyroar

Ketika Litleo berubah menjadi Pyroar, dia akan mendapatkan rambut di kepalanya yang berwarna merah kuning menyala layaknya api. Pyroar jantan memiliki rambut kepala yang lebih besar dibanding dengan yang betina. Pyroar bisa mempelajari gerakan Echoed Voice, yang akan makin kuat jika digunakan tiap giliran.

Pyroar jantan
Pyroar betina

Tyrunt

Tyrunt adalah Pokémon kuno dari jaman lampau, dan kamu harus membangkitkannya dari sebuah Fossil. Fossil ini sendiri didapatkan selama petualanganmu berlangsung. Tyrunt didapatkan dari Jaw Fossil, dan diperkirakan umurnya lebih dari seribu tahun. Tyrunt memiliki kemampuan Strong Jaw, yang meningkatkan kekuatan gerakan berbasis gigitan seperti Crunch.

Membangkitkan Fossil
Tyrunt

Amaura

Sedangkan Amaura adalah Pokémon kuno lainnya yang bisa didapat dengan membangkitkannya dari Sail Fossil. Amaura memiliki kemampuan Refrigerate, yang mengubah gerakan bertipe Normal menjadi bertipe Ice. Amaura juga diyakini berumur lebih dari seribu tahun. Dia juga sanggup mempelajari gerakan Aurora Beam di awal-awal.

Nintendo juga memperkenalkan beberapa karakter baru di trailer ini.

Team Flare Top Scientist

Mari kita temui lima peneliti di balik kekuatan Team Flare. Mereka masing-masing memiliki gaya rambut dan pakaian yang berbeda. Wanita berambut ungu adalah Celosia, wanita berambut oranye adalah Aliana, yang berambut hijau adalah Bryony, dan yang berambut biru adalah Mable.

Peneliti kelima adalah pria bernama Xerosic, dengan google merah dan rambutnya yang unik. Mereka memiliki tujuan untuk mengubah dunia, tapi dunia seperti apa yang ingin mereka ciptakan?

Xerosic

Diantha

Diantha adalah seorang artis film terkenal yang dicintai semua orang di region Kalos. Dia juga seorang pelatih Pokémon dengan potensial tinggi. Dia juga nantinya akan bertukar Pokémon denganmu selama petualanganmu berlangsung.

Fitur baru di sini adalah kamu bisa mengubah penampilan karaktermu! Kamu bisa mengunjungi butik dan salon untuk mengubah pakaian dan gaya rambut karaktermu. Tidak hanya pakaian, kamu dapat mengubah topi, sepatu, hingga aksesorisnya. Begitu banyak butik yang dapat kamu kunjungi di tiap kota dalam region Kalos.

Selain itu juga ada fitur Trainer PR Video. Setelah memilih gaya rambut dan pakaian terbaru, kamu dapat mengunjungi PR Video Studio. Fasilitas ini memungkinkanmu membuat sebuah video promosional yang merefleksikan gayamu, bernama Trainer PR Video! Video berdurasi 10 detik ini akan menghadirkanmu dan juga Pokémon-mu. Kamu dapat memilih ekspresi, pose, musik latar, sudut pandang kamera, dan lain-lain untuk membuat video seunik mungkin. Kamu juga bisa menggunakan gaya video yang telah direkomendasikan untuk membuat video dalam waktu singkat.

Kini kamu dapat melihat Pokémon Global Link melalui smartphone atau komputermu. Karena didesain untuk smartphone, PGL kini lebih mudah untuk dijelajahi.

Kamu juga bisa memainkan Rating Battle melalui PSS dan lihat hasilnya di PGL! Kamu dapat melihat rating-mu dan juga ranking-mu di tingkat dunia untuk tiap jenis pertarungan yang tersedia. Di Pokémon X & Y, ada lima jenis pertarungan yang tersedia untuk Rating Battle, antara lain Single Battle, Double Battle, Triple Battle, Rotation Battle, dan Special Battle (baru diperkenalkan di sini). Peraturan untuk tiap Special Battle akan berubah tiap tiga bulan sekali. Pada musim pertama, format Special Battle terbatas pada penggunaan para Pokémon yang pertama kali diperkenalkan di Pokémon X & Y, dan akan dimulai mulai akhir bulan Desember tahun ini.

Dan untuk membuat Rating Battle lebih nyaman, kini Nintendo menerapkan etika khusus saat bertarung secara online. Mereka memberikan peraturan baru, di mana pemain yang tiba-tiba terputus dari server di tengah pertarungan tak peduli alasannya, akan dicatat kalah dalam pertarungan tersebut, dan experience yang didapat pun juga menurun. Jadi pastikan ketika ingin bertarung secara online, kamu memiliki koneksi internet yang benar-benar stabil, untuk bisa bermain dengan nyaman dan adil.

Nintendo akan merilis Pokémon X & Y untuk 3DS di seluruh belahan dunia secara simultan pada tanggal 12 Oktober 2013.

[nggallery id=793]

[ Sumber : Gematsu, Siliconera (2, 3) ]


SHARE
Previous articleSquare Enix Merilis Debut Screenshot Theatrhythm Final Fantasy: Curtain Call
Next articleUbisoft Perkenalkan Valiant Hearts: The Great War, 2D Platformer dengan Tema Perang Dunia Pertama!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.