LG G2 Menyapa Bersama Joe Taslim, Flagship LG Ditawarkan Lebih “Masuk Akal” di Indonesia

Setelah resmi dikonfirmasikan awal Agustus 2013 lalu, dan memergoki data pengajuan sertifikatnya di Ditjen Postel, kami yakin LG Indonesia akan segera menjual LG G2 di Indonesia. LG sendiri tidak mengungkapkan dengan jelas kapan smartphone flagship barunya itu dirilis, hanya menyebutkan “bulan depan” saja selama mengumumkan LG G2. Bisa jadi mereka menunggu waktu yang tepat, seperti kapan Galaxy Note 3 akan mulai dijual. Karena jika kita melihat konfigurasi perangkat kerasnya, kedua perangkat keras ini memiliki banyak kemiripan. Chipset Snapdragon 800 adalah yang terkuat di kelas mobile hingga saat ini, kamera 13-megapixel, hingga output suara hi-fi.

Tidak heran akhirnya banyak yang membandingkan keduanya, walaupun secara kelas sebenarnya beda (satu phablet, dan yang LG ini masuk kategori smartphone), seperti di Indonesia, penawaran pre-ordernya dimulai di hari yang sama, 11 September kemarin. Kamu bisa membuka artikel kami sebelumnya untuk mengetahui detail apa saja yang ditawarkan Samsung.

LG Indonesia juga bekerjasama dengan beberapa retailer online serta operator selular dalam menawarkan paket promo pre-order atau pemesanan awal LG G2, yang dibuka mulai 11 September hingga 22 September nanti. LG menggandeng 5 retailer online terbesar di Indonesia, antara lain Blibli, Jeruk Nipis, Erafone, Oke Shop dan Global Teleshop untuk memasarkan smartphone terbarunya ini. Apa yang paling menarik dari promo pre-order ini adalah cash back hingga 1.2 jutaan, juga bonus Bluetooth Stereo LG HBS730 serta boneka eksklusif dari instant messaging LINESayang, kita tidak bisa memilih warna Bonus Bluetooth & Boneka Line, namun tidak terlalu masalah dibandingkan tidak bisa memilih bonus flipcase Galaxy Note 3 (bayangkan jika para cowok malah dapat warna pink!). Selain itu, kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher belanja di toko online Shopdeca senilai 1 juta. Itu bonusnya, lantas berapa harga pre-ordernya?

Ternyata LG lebih “masuk akal” menawarkan flagship barunya yang secara desain langsung terlihat kesan premiumnya ini. LG G2 ditawarkan dengan harga Rp. 6.799.000 saja, atau lebih murah 2 juta rupiah dibandingkan Galaxy Note 3. Harga tersebut juga tidak meningkat terlalu jauh dibandingkan smartphone raksasa mereka sebelumnya Optimus G Pro, yang dijual dengan harga pembukaan Rp. 6.999.000, namun saat ini pun (tiga bulan setelahnya) juga sudah turun di kisaran Rp. 5.9 jutaan, untuk memberi kesempatan LG G2 unjuk gigi.

Berbeda dengan Galaxy Note 3 dimana hanya dua operator saja yang ikut bekerjasama, kali ini LG Indonesia dan para retailer menambah pilihan operator Indosat sebagai paket bundling. Dari pantauan Duniaku, Blibli memberi penawaran bundling dengan simPATI dan kartuHALO. Kemudian Erafone selain dari Telkomsel, mereka juga bekerjasama dengan XL, dan kamu bisa memilih bundling XL pra-bayar atau pasca-bayar. Jeruk Nipis, seperti biasanya hanya bundling dengan XL saja. Sedangkan Global dan Oke Shop penawaran bundling-nya dengan operator Indosat pra-bayar dan pasca-bayar.

Benefit bundling itu pun berbeda-beda untuk setiap operator. Seperti Blibli, yang bekerjasama dengan Kartu Kredit kartu kredit BNI, Mandiri & BCA (pembayaran melalui autodebet dengan bunga 0%) serta operator Telkomsel dengan potongan hingga Rp. 700 ribu (ini promo dari LG). Jika kamu membelinya plus perdana simPATI, maka harga menjadi Rp 6.099.000, dengan bonus selain bluetooth dan boneka LINE adalah paket data 2GB/bulan selama 3 bulan. Pembeli di luar Jakarta masih bisa memesan bundling ini, karena yang bundling dengan perdana kartuHALO hanya disediakan pelanggan di  Jabodetabek (pengambilan produk di Atrium Plaza Senayan, tanggal 27 September 2013). Menariknya, bundling pasca-bayar itu harganya menjadi Rp 5.599.000 saja, dengan tambahan benefit selama 6 bilan adalah Paket Data 2GB per bulan, 100 menit bicara sesama Telkomsel dan 100 SMS. Syarat bundlingnya adalah kontrak Rp 55.000,-/bulan selama 6 bulan.

Kemudian Jeruk Nipis, sama seperti promo bundling Blibli, namun hanya melalui operator XL (baik yang pra / pasca-bayar). Selain BNI, Mandiri, BCA, kita juga bisa menggunakan bank Mega untuk keperluan pembayaran bulanan dengan bunga 0%. Untuk yang pra-bayar, harga sama seperti di atas, Rp 6.099.000 (namun diskon hanya berlaku untuk 100 pembeli pertama bundling pra-bayar), tersedia untuk pemesan di semua wilayah (karena bisa dikirimkan via ekspedisi). Benefit dari XL, kamu akan mendapatkan paket data 1,2 GB / 30 hari selama 6 bulan. Sedangkan untuk yang pasca bayar, seperti promo bundling Jeruk Nipis untuk Galaxy Note 3, harganya melambung. Untuk LG G2 menjadi Rp 7.179.000. Namun untuk 50 pembeli pasca-bayar pertama mendapatkan diskon sebesar Rp 1,200,000,- (promo dari LG dan XL), sehingga harga menjadi Rp 5,979,000. Selain itu, ada tambahan cashback Rp 200.000 untuk 50 pembeli pasca-bayar pertama yang menggunakan kartu kredit Bank BNI dan free 6GB data selama 12 bln. Sayangnya, palet pasca-bayar hanya untuk pengguna di sekitar Jakarta saja, karena harus diambil langsung di Atrium Plasa Senayan.

Kemudian bundling yang ditawarkan Erafone tidak berbeda dengan Blibli, ada pilihan pra / pasca bayar melalui operator Telkomsel, harganya pun sama. Sedangkan Oke Shop dan Global Teleshop bekerjasama dengan Indosat memberi harga pra-bayar Rp. 6.099.000 dan pasca-bayar Rp. 6.299.000. Tidak disebutkan apakah ada opsi pembayaran melalui bank, namun ada benefit khusus untuk mereka pembeli bundling. Bagi pembeli bundling pra-bayar, benefitnya selama 3 bulan adalah gratis Paket Data 4 GB (2GB dari pukul 01:00-09:00), bebas bicara 150 menit (on net) + 50 menit (off net) dari pukul 01:00-09:00 AM, gratis 500 sms (01:00-09:00), gratis akses HotSpot Indosat  Superwifi, dan gratis Whatsapp untuk 12 bulan. Sedangkan benefit pasca-bayar bisa mendapat opsi pembayaran cicilan 0%: Rp 524,920 x 12 bulan plus paket data selama 12 bulan sebesar 8GB Data (3GB + 5GB dari pukul 00:00 – 06:00 AM) per bulan. Namun khusus pasca-bayar, kita perlu mengambil langsung di selama launching G2 di Plaza Senayan.

Menambah keseriusan LG memasarkan G2 di Indonesia, mereka juga menunjuk Joe Taslim (Johannes Taslim) sebagai duta produk (brand ambassador) bagi pemasaran LG G2. Menurut LG, mereka sengaja memilih aktor laga yang namanya semakin melejit dengan keterlibatannya dalam film Fast and Furious 6 tersebut karena Joe Taslim ini paling sesuai untuk mewakili semangat yang dibawa LG G2. Alasannya, lebih dari seorang aktor, Joe Taslim juga merupakan atlit bela diri yang berprestasi di bidangnya. Ditambah lagi, keberhasilannya menembus perfilman Hollywood menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk terus mengembangkan diri menjadi yang terbaik di bidangnya.

Kemudian untuk membuat kita lebih mengenal apa saja fitur unggulan LG G2, LG merilis aplikasi Android khusus, LG G2 Emulator yang bisa kamu download gratis untuk semua tipa Android. Emulator LG G2 ini menyediakan petunjuk pengoperasian setiap fitur utama dalam LG G2. Lengkap dengan tutorial langkah demi langkah penggunaan, sehingga pengunduhnya akan mendapat gambaran lebih jelas terkait manfaat yang ditawarkan LG G2.

Ada enam fitur yang tersedia dalam emulator ini meliputi, Guest Mode: Bertindak seolah menjadi tampilan layar utama kedua, mengaktifkan fitur ini akan membatasi akses pengguna hanya pada beberapa aplikasi yang ditentukan sebelumnya oleh pemilik. Dengan pembatasan akses ini, privasi pengguna LG G2 akan selalu terjaga. Fitur ini juga diterapkan Google mulai Android 4.3. Lalu ada fitur KnockON: mengaktifkan atau menonaktifkan layar cukup dengan dua ketukan jari. Capture Plus: memungkinkan pengguna untuk melakukan penyimpanan satu halaman penuh sebuah web dalam satu file yang mencakup bagian halaman yang tak tertampil pada layar. Slide Aside – memberikan kemudahan multitasking berpindah aplikasi cukup dengan melakukan gerakan menggeser pada layar menggunakan sentuhan tiga jari bersamaan. Fitur ini secara otomatis akan menyimpan 3 aplikasi yang paling sering dipakai. QuickMemo – memungkinkan pengguna menulis, menggambar bahkan menyelipkan catatan langsung pada tampilan layar yang digunakan. Dalam penggunaannya dilengkapi opsi untuk membaginya dengan orang lain melalui lampiran pesan atau URL. Hingga fitur Clip Tray – Seperti pada PC, fitur ini memungkinkan penggunanya menyalin ataupun menyimpan berbagai bagian menarik, misalnya seluruh isi website (baik teks, gambar dll), ke dalam sebuah clipboard, yang nantinya bebas diakses untuk dimasukkan ke dalam menu lainnya.

Selain itu, pastikan juga kamu membaca preview kami di artikel sebelumnya, yang menjelaskan apa saja fitur unggulan lain LG G2 selain dari sisi software, seperti tombol unik di punggungnya, atau kamera 13-megapixel yang mengadopsi optical image stabilization.

Di luar negeri, LG melengkapi G2 dengan aksesoris premium QuickWindow. Aksesoris ini mirip seperti S View Cover-nya Galaxy S4 atau Galaxy Mega 6.3, yang berfungsi menunjukkan beberapa informasi pada layar tanpa harus membuka flip-nya. Namun LG memberi lebih banyak fungsi melalui QuickWindows, karena kamu bisa mendapatkan informasi jam, laporan cuaca, alarm, pemutar musik, detail panggilan masuk dan juga pesan teks. QuickWindow ini akan tersedia ketika G2 mulai dijual nanti, dengan tujuh pilihan warna berbeda, mulai hitam, putih, merah muda, ungu, biru, hijau muda dan kuning. Semoga saja LG Indonesia juga menyediakannya nanti…

Spesifikasi Singkat LG G2:

  • Processor: 2.26GHz Qualcomm® MSM8974S napdragon™ 800 featuring quad Krait CPU
  • Grapic: Adreno 330
  • Display: 5.2-inch Full HD IPS (1080 x 1920 pixels / 423 ppi)
  • Memory: 32GB / 16GB (yang beredar di Indonesia 32 GB, dan tanpa slot micro SD)
  • RAM: 2GB LPDDR3 800MHz
  • Connectivity: WiFi 802.11a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.0, micro USB, 3.5mm headphone, NFC, Miracast, Infra Red
  • Camera: Rear 13.0MP with OIS and flash full HD video @60fps/ Front 2.1MP full HD video
  • Battery: 3,000mAh (tidak removeable)
  • Operating System: Android Jelly Bean 4.2.2
  • Size: 138.5 x 70.9 x 8.9mm weight 143 grams
  • Colors: Black / White
[cb type=”company”]LG[/cb]

Sumber: LG Indonesia