GTA V Week: Cara Meng-Install GTA V Versi Xbox 360 Agar Performa Tetap Optimal

Pagi tadi, kita sudah mendapatkan kabar dari Rockstar yang menyarankan gamer Xbox 360 untuk meng-install Play Disc alias disk pertama dari Grand Theft Auto (GTA) V saja dan membiarkan Play Disc alias disk keduanya tetap di tray selama game dimainkan.

Usut punya usut, alasan dibalik saran ini adalah untuk menjaga performa game agar tetap optimal dimainkan. Digital Foundry menemukan sebuah fakta, bahwa Play Disc yang di-install ke HDD ternyata mengakibatkan banyak lag dan juga masalah-masalah grafis lain dibandingkan Play Disc yang tetap berada di dalam tray dan hanya disk pertama yang di-install. Simak video perbandingannya di bawah ini.

Masalah kembali timbul saat disk kedua tetap berada di dalam tray. Memang sih, performa saat disk kedua berada di dalam tray lebih bagus dibandingkan jika ikut ter-install di HDD. Namun terkadang suara bising dari disk yang berputar di dalam tray cukup mengganggu dan juga mengurangi umur optik jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Untunglah Digital Foundry memiliki solusinya bagi kamu yang ingin memainkan game ini dengan performa yang optimal, namun tidak perlu terganggu dengan bunyi putaran disk di dalam tray, yaitu tetap menggunakan USB Flashdisk!

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu meng-install disk pertama dari game ini ke dalam HDD, lantas meng-install disk keduanya di USB Flashdisk. Video di bawah ini menunjukkan bagaimana perbandingan performa antara disk kedua yang tetap berada di tray, dengan disk kedua yang di-install di USB Flashdisk. Tampak lag yang ada pada video pertama di atas menghilang, sehingga kamu bisa memainkan game ini dengan performa terbaiknya. Nilai tambah lagi, kamu tidak lagi mendengar bisingnya putaran DVD yang ada di dalam tray. Oiya, meskipun kamu sudah meng-install disk keduanya, kamu harus tetap menjaga disk kedua tetap berada di tray selama bermain ya!

GTA V mulai dirilis secara resmi hari ini khusus untuk Xbox 360 dan PS3. Belum ada kabar lebih lanjut dari Rockstar mengenai kapan mereka akan merilis versi PC dari game ini.

[Sumber: Kotaku]