BlackBerry Resmi Mengkonfirmasikan BlackBerry Z30, Kini Layarnya Membengkak Menjadi 5-inchi!

Setelah beberapa kali hanya muncul hanya sekadar rumor saja, saja akhirnya hari ini BlackBerry resmi mengkonfirmasikan BlackBerry Z30, atau sebelumnya juga disebut sebagai BlackBerry A10 Aristo. Penerus BlackBerry Z10 ini membesar layarnya menjadi 5-inchi, dan langsung mengajukan versi terbaru BB OS 10.

BlackBerry Z30 menjadi jawaban mereka pengguna Z10 yang merasa layar 4.3-inchi terlalu kecil digunakan untuk keperluan multimedia. Kini dengan bidang 5-inchi berbahan Super AMOLED dan resolusi HD 720×1280-pixel dan kerapatan tiap pixelnya 295 ppi, Z30 siap untuk fungsi selain sekadar BlackBerry Messnger saja. Selain itu hardware-nya juga diperbaiki, meskipun bukan yang terbaru, dan mengajukan chipset Snapdragon S4 Pro dengan dua inti Krait 200 pada kecepatan 1.7GHz, GPU Adreno 320 pada kecepatan 400 MHz, serta memory-nya 2GB RAM. Chipsetnya tersebut menempatkan Z30 ini sepadan dengan Nokia Lumia 920 atau Sony Xperia SP.

Peningkatan luas layar tentu akan mengancam ketahanan baterainya. Karena itulah BlackBerry juga membekalinya dengan baterai berkapasitas 2,880mAh dengan klaim bertahan selama 25 ham (tidak dijelaskan untuk aktivitas apa saja), yang akhirnya membuat dimensinya menjadi 140.7 x 72 x 9.4mm. Meskipun panjang dan lebarnya membengkak, dan baterai juga bertamnbah besar, namun ketebalannya tidak banyak bertambah dibandingkan Z10. Fitur lain Z30 seperti dukungan koneksi data 4G LTE, koneksi lokal melalui WiFi dual band 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.0, NFC, kameran 8-megapixel dengan bukaan lensa f/2.2 serta kemampuan merekan video full HD 1080p, dan kamera depannya 2-megapixel, yang sanggup merekam video HD 720p.

Spesifikasinya memang meningkat dari Z10, namun yang membuatnya juga menarik adalah versi OS-nya, langsung menjalankan BB OS 10 versi 10.2, dengan beberapa pembaruan seperti adanya opsi Wi-Fi Direct (transfer file tanpa perlu dukungan router), BB Priority Hub (mempelajari kebiasaan kita, dan akan menawarkan prioritas pesan terpenting dari email, jejaring sosial dan akun lain), preview pesan langsung melalui layar lockscreen,  stereo speaker melalui fitur yang mereka sebut sebagai BlackBerry Natural Sound, multiple alarm dan juga emoticon Unicode yang menjadi standar. Untuk Q10 dan Z10, BlackBerry baru akan merilis update-nya pertengahan Oktober mendatang.

BlackBerry Z30 rencananya akan dijual di Inggris mulai minggu depan, dan negara yang lain akan menerimanya menjelang akhir tahun nanti. Sayangnya belum dikonfirmasikan berapa harganya.

The new BlackBerry Z30 : BlackBerry 10, amplified

[cb type=”company”]Blackberry[/cb]

Sumber: BlackBerry, (2)


SHARE
Previous articleAsus Meng-upgrade Padfone Infinity, Kini Dengan Snapdragon 800 dan Kamera yang Lebih Cangih
Next articlePress Conference 3 Online Indonesia Dari Kreon!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.