Mari Kita Bandingkan Layar OLED Dengan LCD Pada PS Vita PCH-2000 Series

Biasanya Sony hanya memperkecil ukuran handheld-nya, namun kali ini mereka justru juga mengganti material layar PS Vita baru dengan kode PCH-2000 Series menjadi LCD biasa, dari yang sebelumnya berbahan OLED. Tentu saja tujuan utama Sony merubahnya adalah agar mereka bisa mengurangi biaya produksi dan menurunkan harga jual PS Vita. Dan sekarang dengan material LCD tersebut, seperti apa perbedaan yang akan terasa? Berikut video sepanjang 5 menit yang memperlihatkan kualitas pancaran warna antara LCD dan OLED.

Screen Comparison: New PS Vita (LCD) vs PS Vita (OLED)

Seperti yang bisa kamu lihat melalui video tersebut, jelas layar OLED (PS Vita warna putih) memperlihatkan ciri khasnya memproduksi warna dengan tingkat kontras yang lebih tinggi (lebih kaya warna, istilahnya lebih ngejreng, meskipun sedikit menjauh dari kesan natural), serta yang kami sukai, warna hitamnya begitu dalam. Layar OLED untuk memainkan game jelas lebih unggul, karena banyaknya warna yang digunakan dalam tipikal game, dibandingkan LCD yang cocok untuk keperluan grafis yang menuntut reproduksi warna natural. Ciri lain OLED juga terlihat lebih redup, sehingga nyaman ketika kamu gunakan bermain dalam ruangan gelap. Sedangkan untuk layar PS Vita baru yang berbahan LCD (PS Vita warna hitam) seperti tipikal LCD yang biasa kita temui ketika menggunakan PC, cahayanya terlihat lebih terang, dengan warna yang natural.

PS Vita lama di atas, yang yang Slim bagian bawah…

Beberapa gamer di Jepang yang sudah mendapatkan PS Vita baru ini mengaku menyukai ukurannya yang lebih tipis, dan finishing panel belakangnya menggunakan bahan doff yang memberi daya cengkeram yang lebih baik ketika menggunakannya. Mereka juga mengatakan jika warna hitam pada layar terlihat lebih baik pada layar OLED.

Lapisan doff di sekeliling panel sentuh belakang memberi kesan nyaman.

Sony sendiri mengklaim mereka menggunakan material LCD karena lebih irit dalam penggunaan baterai, dan ukurannya juga lebih tipis (keseluruhan membuat tubuh PS Vita baru  20% lebih tipis dan 15% lebih ringan dari sebelumnya. Selain itu mereka mengatakan jika LCD sudah mampu memproduksi warna sebaik OLED. Dan kami yakin, harga LCD yang lebih murah juga menjadi salah satu alasan. Namun kamu yang mendambakan PS Vita dengan pilihan warna yang lebih bervariasi, tentu akan lebih menyukai versi slim ini, karena tersedia dalam 6 pilihan warna ketika dirilis di Jepang 10 Oktober mendatang.

[nggallery id=802]