Resmi Dari BlackBerry, BBM for All Akan Dirilis 21 dan 22 September untuk Android dan iOS

Akhirnya BlackBerry resmi mengumumkan kapan layanan BlackBerry Messenger multiplatform (atau kini disebut “BBM for All” oleh BlackBerry) untuk Android dan iOS akan dirilis, setelah sebulanan kemarin melalui proses beta, diiringi kabar klaim eksklusif vendor tertentu, hingga batal dirilis karena perusahaan induknya dirundung masalah. BBM akan tersedia untuk Android mulai 21 September, dan sehari kemudian menyusul untuk iOS. Yah, sama seperti yang sudah Duniaku prediksikan sebelumnya, BlackBerry menepati janjinya, mereka menyediakan layanan ini sebelum musim panas berakhir.

Melalui blog resminya, BlackBerry menegaskan jika aplikasi instant messaging andalan dan yang selama ini menjadi senjata utama smartphone BlackBerry akan dirilis akhir pekan ini untuk semua Android dan iOS. Tidak ada vendor manapun yang akan mendapatkannya lebih awal, seperti yang diklaim oleh salah satu cabang Samsung, mereka menyatakan layanan tersebut hadir lebih awal untuk semua Galaxy lebih awal, yaitu hari ini 19 September 2013. Namun post di blog resmi BlackBerry semalam membantah statement tersebut.

Sebuah tweet dari akun Twitter Samsung Nigeria di atas menyebutkan jika BBM akan eksklusif Samsung selama 3 bulan.

Seperti yang direncanakan sebelumnya, mulai 21 dan 22 September besok, BBM akan tersedia gratis di pasar digital masing-masing platform, yaitu Google Play dan App Store. Versi multiplatform ini akan memberi beberapa fitur standar yang sudah dikenal para pengguna BlackBerry sebelumnya, seperti BBM Chat yang kini bisa dilakukan cross-platform antara Android, iPhone dan BlackBerry, sekaligus membagikan file seperti foto dan voice note, melakukan chatting secara kelompok hingga 30 user melalui BBM Groups, Broadcast Message untuk mengirim pesan secara cepat ke semua kontak BBM, dan seperti versi BlackBerry-nya, setiap pengguna BBM untuk Android dan iOS akan mendapatkan PIN yang menjadi identitas ketika akan berhubungan dengan pengguna lain.

Executive Vice President for BBM, Andrew Bocking mengatakan jika saat ini waktu yang tepat membawa platform instant mesaaging mereka untuk Android dan iOS, karena mereka berpendapat masih belum ada platform instant messaging mobile yang mendominasi. Dan sepertinya BlackBerry berambisi untuk mendominasi, apalagi dengan didukung jutaan pengguna fanatik BBM di seluruh dunia yang masih aktif menggunakan instant messaging tersebut.

“BBM is a very engaging messaging service that is simple to use, easy to personalize and has an immediacy that is necessary for mobile communications. With more than a billion Android, iOS, and BlackBerry smartphones in the market, and no dominant mobile instant messaging platform, this is absolutely the right time to bring BBM to Android and iPhone customers.” ~ Executive Vice President for BBM, Andrew Bocking

Pada kesempatan lain, BBM Communications Director, Victoria Berry juga mengatakan jika aplikasi yang mereka luncurkan besok lusa ini tidak akan muncul eksklusif untuk vendor mana pun. BBM bisa dinikmati pengguna Android dan iOS dengan bebas.

We reached out to BlackBerry for comments and here’s what they had to say: “The excitement around the upcoming BBM launch on iPhone and Android devices seems to know no bounds. Although I’m a big fan of this passion, I want to clarify that no one will have an exclusive on offering BBM. We’ll be bringing the app to Android and iPhone users across the globe soon.” – BBM Communications Director at BlackBerry, Victoria Berry.

Bagi kamu yang sudah tidak sabar menggunakan BBM di Android dan iOS, pastikan mengecek pasar digital masing-masing, dan menyiapkan smartphone yang akan digunakan. BlackBerry menuntut Android-mu minimal menjalankan Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean (Android 4.x) ketika dirilis di Play Store 21 September nanti jam 7AM EDT (sekitar jam 6 sore waktu Indonesia), sedangkan untuk iOS syarat utamanya adalah iOS 6 dan iOS 7 , yang akan muncul di App Store mulai jam 12:01 AM waktu lokal pada tanggal 22 September. Kamu pengguna Android yang tidak sabar, bisa men-download saja dulu file .apk-nya melalui link yang kami berikan di bawah. Memang bisa di-install, namun karena servernya baru dibuka besok lusa, kamu tidak akan bisa melakukan apa-apa melalui aplikasi tersebut. Setidaknya sudah men-download lebih awal, karena filenya sendiri cukup besar, sekitar 13 MB.

Unduh BBM for Android atau dari sini dan dari tautan ini.

[cb type=”company”]Blackberry[/cb]