TGS 2013: Sony Merilis PlayStation 4 di Asia Pada Desember 2013, Jepang Menyusul Februari 2014

Sebelum TGS 2013, tepatnya minggu lalu Sony sudah mengadakan konferensi pers sendiri untuk mengumumkan dua hardware baru, PS Vita slim PCH-2000 Series dan PS Vita TV. Saat itu mereka juga mengumumkan launch tittle untuk PlayStation 4, yang akan dirilis di Jepang pada 22 Februari 2014 mendatang dengan 19 game.

Sebelumnya selama Gamescom 2013 mereka juga sudah mengungkapkan apa saja game yang mengiringi perilisannya di Amerika Utara dan Eropa pada 15 dan 29 November mendatang, dengan total 16 game retail dan 17 game indie. Sedangkan untuk penjualan pertama di Jepang nanti, Sony menyediakan 18 game (baik retail dan game indie) untuk gamer di negara asal PlayStation tersebut. Game tersebut antara lain sebagai berikut (yang tercetak tebal tidak ikut launch title versi Amerika dan Eropa):

  1. Assassin’s Creed 4
  2. Battlefield 4
  3. Call of Duty: Ghosts
  4. Doki-Doki Universe
  5. Dream Club: Host Girls on Stage
  6. Driveclub
  7. Dynasty Warriors 8: Xtreme Legends
  8. FIFA 14
  9. Final Fantasy 14: A Realm Reborn beta
  10. Hohokum
  11. Killzone: Shadow Fall
  12. Knack
  13. Natural Doctrine
  14. Puzzle 4 Sudoku
  15. Tottemo E Mahjong Plus
  16. Resogun
  17. Strider
  18. Watch Dogs
  19. Yakuza: Restoration

Selama TGS 2013 ini, game Sony juga kembali membawa game yang akan mengisi daftar pendukung PlayStation 4.  Seperti Dynasty Warriors 8: Xtreme Legends (juga dirilis untuk PS3 dan PS Vita). Game RPG dengan setting fantasi Natural Doctrine dari Kadokawa Games, Phantom Breaker: Battle Grounds Overdrive yang dibawa oleh 5pbm (port dari X360 dan PS Vita, dengan tambahan online dan offline co-op dan multiplayer), serta Guilty Gear Xrd SIGN.

GUILTY GEAR Xrd –SIGN-

NATURAL DOCTRINE

Berbeda dengan perilisan versi Jepangnya, untuk Singapura, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Thailand dan Korea Selatan Sony justru merilis konsol ini secara resmi lebih awal. Selama Tokyo Game Show 2013 mereka  mengungkapkan akan merilisnya di Korea dan beberapa negara Asia Tenggara tersebut Desember 2013 nanti, meskipun tanggal rilisnya belum diungkapkan. Di Jepang PlayStation 4 akan dijual ¥39,980 (atau sekitar Rp. 4.6 jutaan) tanpa PS Eye, atau ¥43,980 (sekitar Rp. 5.1 juta) dengan kontroler kamera. Baru empat negara Asia itu saja yang disebutkan mendapatkan waktu rilis Desember, sedangkan negara lainnya seperti Indonesia belum tercatat. Masih dari TGS 2013, Sony melalui SCE President Andrew House selama keynote-nya (bisa kamu baca detailnya di sini) juga mengatakan jika mereka menarget penjualan konsol baru tersebut mencapai 5 juta unit hingga akhir tahun fiskal 2013, yang artinya berakhir pada 31 Maret 2014 mendatang.

Direktur Media ZIGMA OMEGA dan Editor in Chief Duniaku Network, Ami Raditya, meliput Tokyo Game Show live dari Makuhari Messe.


SHARE
Previous articleTGS 2013: Rekaman Demo 12 Menit Metal Gear Solid V!
Next articleSquare Enix Smileworks Gelar 2D-3D Contest untuk Menjaring Ilustrator Berbakat di Indonesia!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.