Nokia Lumia Sebenarnya Siap Tinggalkan Windows Phone dan Beralih ke Android

Pasca pemberitaan rencana Microsoft akan membeli lini nisnis mobile dan lisensi paten Nokia dengan nilai Rp. 79,3 trilyun, banyak penggemar Nokia yang masih berharap akan mendapatkan smartphone baru produksi vendor Finlandia itu yang menggunakan OS Android langsung kecewa. Namun sebelum persetujuan antara Microsoft dan Nokia diumumkan awal September kemarin, rupanya Nokia sudah menyiapkan Lumia dengan OS Android dengan kode nama “Mountain View.”

Seperti kita ketahui sebelumnya, pasca masuknya Elop ke Nokia tahun 2011 lalu, Microsoft dan Nokia membuat kesepatakan, bahwa Lumia mereka akan menggunakan Windows Phone hingga akhir 2014. Bisa jadi Mountain View yang mereka persiapkan itu memang menjadi salah satu rencana Nokia seandainya persetujuan tersebut berakhir nanti, dan Nokia bebas memilih platform lain sebagai penggantinya, atau menjadi Plan B yang akan dipilih ketika Nokia menilai dengan menggunakan Windows Phone selama hampir 5 tahun ini tidak mengubah keadaan mereka. Menurut sumber kami, sangat mudah membuat smartphone Lumia bisa menjalankan Android, dan keberadaannya ternyata juga diketahui banyak eksekutif di kedua belah pihak. Namun karena ikatan perjanjian dengan Microsoft, Nokia tidak mungkin memproduksi Lumia ber-Android tersebut.

Seandainya bayang-bayang Nokia Lumia ber-Android tersebur memang benar ada, sepertinya juga bisa menjadi alasan yang paling tepat kenapa Microsoft mengajukan penawaran pembelian Nokia menjelang akhir 2013 ini. Seandainya besar potensi Nokia nanti akan switch ke Android pasca persetujuan Windows Phone berakhir, jelas akan sangat merugikan Microsoft, mengingat dari semua smartphone Windows Phone yang beredar, 80% diantaranya adalah Lumia. Namun seandainya penawaran Microsoft untuk membeli Nokia disetujui oleh para pemegang saham Nokia ketika digelar General Meeting November mendatang, maka rencana Lumia ber-Android tersebut kembali akan menjadi impian saja.

Seperti apa kira-kira Nokia Lumia ber-Android yang direncanakan menjadi Plan B oleh Nokia? Kemarin sebuah website China dan akun jejaring sosial China Weibo dengan nama CTechnology, yang juga sering membocorkan produksi smarthone terbaru di China, memberikan detail lebih banyak mengenai Lumia Android tersebut. Mountain View dikembangkan dan diuji di oleh rim R&D Nokia melalui markas mereka di Beijing, dengan nama yang tidak asing, Foxconn ditunjuk sebagai produsennya. Mountain View menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 200 8225Q (chipset yang cukup lawas), dan Foxconn sendiri diklaim sudah memproduksi 10 000 versi purwa rupa Mountain View untuk diuji.

Menariknya, sumber kami juga mengklaim jika produksi dan pengembangan Mountain View tidak dihentikan, dengan Foxconn masih terus membuatnya untuk Nokia R&D di Beijing, dan proyek ini tidak akan dibatalkan hingga para pemegang saham Nokia menyetujui penawaran pembelian Microsoft. Rencana pembelian Microsoft atas Nokia memang masih menunggu keputusan para shareholder, dan semua prosesnya ditargetkan usai awal tahun depan. Dan meskipun kemungkinan mendapatkan Lumia dengan OS Android saat ini masih sangat kecil, tidak ada salahnya kita sedikit berharap Nokia tidak jadi dibeli Microsoft, dan mereka meneruskan proyek Android tersebut hingga ikatan Windows Phone bisa dilepaskan akhir 2014 mendatang.

Sumber: Ctechcn, NYTimes


SHARE
Previous articleTGS 2013: Tokoh Dongeng Menjadi Monster Mengerikan di Soul Sacrifice Delta
Next article[Kuliah Om Jas] Pentingnya Play Testing pada Game
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.