TGS 2013: PS4 Dikonfirmasikan Bakal Memiliki Fitur Kontrol Gerakan dan Suara, Plus Merekam Video Via HDMI

Sony benar-benar tancap gas dalam perhelatan Tokyo Game Show (TGS) 2013 kali ini. Setelah memberikan keynote yang bisa kamu simak di sini, Sony juga memberikan banyak update baru untuk PS4. Yang pertama, Sony banyak membeberkan teknologi dibalik penggunaan PS4 camera yang akan menemani perilisan PS4 akhir tahun ini. Sony mengungkapkan bahwa PS4 camera nantinya akan mendukung teknologi pengendalian menggunakan suara dan gerakan. Mungkin hal ini bukan sebuah berita yang mengejutkan, karena toh jika memang Sony ingin menantang secara langsung Kinect milik Xbox One, maka tentunya mereka juga harus mengimplementasikan fitur ini di PS4 camera milik mereka.

Yang kedua, mungkin berita ini akan menggembirakan bagi kamu yang senang merekam aktivitas game-mu ataupun yang senang membuat video review dari sebuah game. PS4 nantinya akan mendukung output HDMI tanpa dienkripsi, yang memungkinkanmu untuk merekam video gameplay dengan kualitas HD. Hal ini tentu merupakan upgrade dari PS3, dimana jika kamu ingin merekam video dalam format HD, maka kamu membutuhkan kabel komponen tersendiri. Implementasi merekam video lewat HDMI ini tidak lepas dari tersedianya tombol Share yang ada di Dual Shock 4, dimana video-video yang sudah kamu rekam bisa langsung kamu share ke UStream, Facebook atau PSN.

Namun sayang, fitur untuk merekam melalui HDMI ini tidak bisa langsung bisa dinikmati saat konsolnya dirilis, karena Sony masih membutuhkan sedikit waktu lagi untuk menggodoknya dan akan mengimplementasikannya di waktu yang akan datang. Hal ini disampaikan langsung oleh Shuhei Yoshida, CEO dari Sony Worldwide Studios di akun Twitternya.

Direktur Media ZIGMA OMEGA dan Editor in Chief Duniaku Network, Ami Raditya, meliput Tokyo Game Show live dari Makuhari Messe.