TGS 2013: Xbox One Tidak Didesain untuk Digunakan dalam Posisi Vertikal

Memainkan konsol dalam posisi vertikal bukan hal yang aneh, karena mulai dari PS2 dulu hingga Xbox 360 kita bisa menggunakan kedua konsol tersebut dengan posisi vertikal selain horizontal. Meskipun ada banyak konsekuensi yang ditimbulkan saat konsol dalam kondisi vertikal, entah itu panas yang tidak bisa keluar secara maksimal ataupun putaran disk yang terganggu, namun banyak gamer yang lebih memilih memainkan konsol dalam kondisi vertikal untuk menghemat tempat, atau agar terlihat lebih menarik.

Nah, untuk Xbox One nanti sayangnya kamu sudah tidak bisa melakukan hal tersebut, karena Microsoft sudah mengkonfirmasikan, bahwa kamu nantinya tidak bisa menggunakan Xbox One dalam kondisi vertikal seperti Xbox 360. Hal ini disampaikan langsung oleh Albert Panello, Senior Director of Product Management and Planning dari Xbox dalam hari kedua perhelatan Tokyo Game Show (TGS) 2013. “Kami tidak mendukung posisi vertikal untuk Xbox One. Lakukan dan terima resikonya sendiri,” ungkap Panello. “Hal tersebut bukan bermasalah untuk pendinginannya, melainkan kami memang tidak mendesain disk drive-nya untuk digunakan secara vertikal. Karena Xbox One menggunakan drive bertipe slot, kami tidak mendesainnya agar bisa digunakan dalam dua posisi,” tegasnya.

Xbox One sebenarnya bukan satu-satunya konsol yang menggunakan drive bertipe slot, karena Sony sudah pernah mengimplementasikannya dalam PS3 lalu, baik yang versi fat maupun slim, serta kembali mengimplementasikan hal serupa untuk PS4. Tetapi baik PS3 maupun PS4 tidak mempermasalahkan apakah gamer ingin menggunakannya dalam posisi vertikal maupun horizontal, serta tidak ada pengaruh kerusakan pada konsol.

Terakhir, Panello menambahkan bahwa keputusan desain Xbox One yang tidak bisa digunakan secara vertikal ini didasarkan kepada survei yang sudah mereka lakukan sebelumnya. “Kami menemukan hal yang menarik, bahwa 80% orang yang menggunakan Xbox 360, percaya atau tidak, memainkan Xbox 360-nya secara horizontal,” ungkap Panello. Xbox One sendiri dijadwakan akan dirilis pada 22 November 2013 di US, beberapa negara Eropa, Australia serta Selandia Baru. Setelah itu, Xbox One akan dirilis di Jepang dan negara lainnya mulai tahun 2014 yang akan datang.

Direktur Media ZIGMA OMEGA dan Editor in Chief Duniaku Network, Ami Raditya, meliput Tokyo Game Show live dari Makuhari Messe.