GTA V Week: GTA V Cetak Sejarah Baru, Video Game Pertama Dengan Penjualan US $1 Milyar Dalam 3 Hari!

Take-Two Interactive dan Rockstar Games sepertinya saat ini sedang tersenyum puas. Hanya dalam sehari saja Grand Theft Auto V mereka dilaporkan sudah berhasil meraih penjualan hingga US $800 juta. Jumlah yang sangat besar, apalagi mengingat biaya pengembangan game ini sendiri diprediksi mencapai $266 juta, atau sekitar Rp. 2.9 trilyun! Namun hanya dalam sehari saja, melalui penjualan pre-order dan pembelian retail di seluruh dunia, Grand Theft Auto V dilaporkan sudah berhasil menambah pundi-pundi Take-Two dan Rockstar hampir 3 kali lipat dari dana yang sudah mereka keluarkan. Laporan tersebut baru prediksi saja, dan kemarin kami mendapatkan klaim resmi dari Take-Two berapa angka penjualan nyata yang sudah mereka catat… penjualan Grand Theft Auto V di seluruh dunia sudah melebihi US $1 Milyar!

Wow, jumlah yang sangat fantastis apalagi menurut Take-Two jumlah tersebut dicapai hanya dalam waktu tiga hari pasca perilisan resminya 17 September kemarin. Menurut sang piblishe publisher, Grand Theft Auto V menjadi video game pertama dalam sejarah, dan bahkan salah satu bagian entertainment yang berhasil mencapai milestone total nilai penjualan mencapai 10 digit (dalam US$). Ya, Grand Theft Auto V melampaui pencapaian semua video game dan film Hollywood yang pernah ada.

Yang membuatnya juga makin mengagumkan, Grand Theft Auto V hanya dirilis untuk dua konsol saja, PlayStation 3 dan Xbox 360! Sebagai perbandingan, Call of Duty: Black Ops II membutuhkan 15 hari untuk mencapai angka penjualan US $1 Milyar bulan Desember tahun lalu (angka penjualan di hari pertamanya mencapai US $500 Juta, lebih rendah $300 Juta dari Grand Theft Auto V). Kemudian film blockbuster Hollywood dari tahun 2009, Avatar yang diklaim menjadi film terlaris sepanjang sejarah, baru mencapai angka US $1 Milyar setelah 17 hari penayangannya (dan kini tercatat pendapatannya mencapai $2,8 Milyar. Tidak heran ya, berkat perilisan Grand Theft Auto V, nilai saham Take-Two pun meningkat hingga 58% sepanjang tahun ini.

Take-Two sendiri memang tidak menyebutkan berpa kopi game ini yang sudah terjual dalam pernyataan pers mereka kemarin. Namun kami menduga jumlahnya pasti sangat tinggi.

Sumber: Take-Two


SHARE
Previous articleTGS 2013: Namco Bandai Akan Merilis JoJo’s Bizarre Adventure: All Star Battle di Barat
Next articleBRAVIA Smart Stick Membuka Akses Aplikasi Android ke Televisi BRAVIA Sony
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.