GTA V Week: GTA V Cetak Sejarah Baru, Video Game Pertama Dengan Penjualan US $1 Milyar Dalam 3 Hari!

Setelah sebelumnya dilaporkan hanya dalam sehari saja Grand Theft Auto V penjualannya hingga US $800 juta, kini Take-Two mengumumkan jika angka penjualan GTA V dalam 3 hari sudah menembus angka US $1 Milyar! Rekor baru, dan menjadi yang tercepat dalam sejarah!

Take-Two Interactive dan Rockstar Games sepertinya saat ini sedang tersenyum puas. Hanya dalam sehari saja Grand Theft Auto V mereka dilaporkan sudah berhasil meraih penjualan hingga US $800 juta. Jumlah yang sangat besar, apalagi mengingat biaya pengembangan game ini sendiri diprediksi mencapai $266 juta, atau sekitar Rp. 2.9 trilyun! Namun hanya dalam sehari saja, melalui penjualan pre-order dan pembelian retail di seluruh dunia, Grand Theft Auto V dilaporkan sudah berhasil menambah pundi-pundi Take-Two dan Rockstar hampir 3 kali lipat dari dana yang sudah mereka keluarkan. Laporan tersebut baru prediksi saja, dan kemarin kami mendapatkan klaim resmi dari Take-Two berapa angka penjualan nyata yang sudah mereka catat… penjualan Grand Theft Auto V di seluruh dunia sudah melebihi US $1 Milyar!

Wow, jumlah yang sangat fantastis apalagi menurut Take-Two jumlah tersebut dicapai hanya dalam waktu tiga hari pasca perilisan resminya 17 September kemarin. Menurut sang piblishe publisher, Grand Theft Auto V menjadi video game pertama dalam sejarah, dan bahkan salah satu bagian entertainment yang berhasil mencapai milestone total nilai penjualan mencapai 10 digit (dalam US$). Ya, Grand Theft Auto V melampaui pencapaian semua video game dan film Hollywood yang pernah ada.

Yang membuatnya juga makin mengagumkan, Grand Theft Auto V hanya dirilis untuk dua konsol saja, PlayStation 3 dan Xbox 360! Sebagai perbandingan, Call of Duty: Black Ops II membutuhkan 15 hari untuk mencapai angka penjualan US $1 Milyar bulan Desember tahun lalu (angka penjualan di hari pertamanya mencapai US $500 Juta, lebih rendah $300 Juta dari Grand Theft Auto V). Kemudian film blockbuster Hollywood dari tahun 2009, Avatar yang diklaim menjadi film terlaris sepanjang sejarah, baru mencapai angka US $1 Milyar setelah 17 hari penayangannya (dan kini tercatat pendapatannya mencapai $2,8 Milyar. Tidak heran ya, berkat perilisan Grand Theft Auto V, nilai saham Take-Two pun meningkat hingga 58% sepanjang tahun ini.

Take-Two sendiri memang tidak menyebutkan berpa kopi game ini yang sudah terjual dalam pernyataan pers mereka kemarin. Namun kami menduga jumlahnya pasti sangat tinggi.

Sumber: Take-Two

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.