TGS 2013 Booth Tour: Booth Capcom Minim Game, Justru Cocok Menjadi Background Untuk Berfoto

Tokyo Game Show 2013 berlansung di Tokyo, Jepang mulai 19 September hingga 22 September besok (dengan dua hari terakhir dibuka untuk umum). Seperti tahun lalu, Duniaku Network kembali melaporkan langsung dari Makuhari Messe, tempat dimana salah satu event game terbesar di dunia ini diadakan, sekaligus menunjukkan pada Citizen Duniaku seperti apa suasana dalam setiap booth peserta event tahun ini.

Mobile game dimana-mana, bahkan dalam booth Capcom ini. Apalagi booth mereka yang berlokasi di Hall 6 begitu dekat dengan area Smartphone Game, yang justru memiliki space lebih besar dari booth publisher konsol lainnya yang ikut buka stand di event ini. Bahkan meskipun dengan area mobile, daftar game yang dipajang Capcom pun sama sekali tidak menarik di mata saya. Tidak ada Street Fighter di sana, saya juga bukan penggemar Sengoku Basara, apalagi asing dengan Gaist Crusher. Bahkan separuh isi booth mereka pun dihiasi game-game ponsel, yang kecil kemungkinannya ditranslasikan keluar Jepang! Oh ya, Strider Hiryu memang masih menarik sih, meskipun tidak masuk daftar memorable dalam ingatan saya.

Memang Deep Down menjadi salah satu bintang TGS 2013 ini, hanya saja Sony sudah mem-bookingnya (termasuk produsernya, Yoshinori Ono) untuk meramaikan booth Sony yang memang penuh sesak. Dan yang paling aneh menurut saya, Capcom sama sekali tidak tertulis sebagai publisher Grand Theft Auto V, namun entah kenapa game ini mengambil space yang sangat besar di booth Capcom.

Overall booth Capcom selama TGS 2013 ramai karena Sengoku Basara 4, apalagi mereka mendesain miniatur istana bertema game tersebut, dimana kita bisa masuk dan mencoba memainkannya melalui konsol demo yang disediakan. Hanya 15 menit waktu yang disediakan untuk memainkannya. Mereka yang mencoba demonya berkesempatan mendapatkan novelty item berbentuk kantong Sengoku Basara. Saya sendiri lebih suka mengambil beberapa jepretan foto patung Date Masamune yang menunggang kuda (sepertinya banyak pengunjung lain juga suka berfoto di depannya), atau kepala monster yang mewakili game Monster Hunter Smart untuk iOS.

Capcom TGS 2013 Line-up

  • Sengoku BASARA 4 – PS3 – Stylish Action
  • Gaist Crasher – 3DS – Custom Armor Action
  • Strider Hiryu – PS3, PS4, 360, XBone, PC – High Speed Searching Action
  • Monster Hunter Smart – iOS – Raising / Hunting RPG
  • Otoranger – (Sound Ranger) – iOS – Rhythm Heroes RPG
  • Cross Beats – iOS – Music Simulation

Direktur Media ZIGMA OMEGA dan Editor in Chief Duniaku Network, Ami Raditya, meliput Tokyo Game Show live dari Makuhari Messe.


SHARE
Previous articleValve Konfirmasikan Steam OS, Sistem Operasi Pendukung Streaming Game Steam ke Ruang Keluarga
Next articleMarvel Kembali Rilis TV Spot Terbaru Thor: The Dark World
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.