Bersamaan Dengan Versi Konsol, Electronic Arts Merilis FIFA 14 Mobile Secara Gratis Untuk Android dan iOS

Akhirnya Electronic Arts merilis game sepak bola yang banyak ditunggu penggemarnya di platform mobile. Kemarin FIFA 14 mobile dirilis untuk Android dan iOS. Memang untuk iOS hadir lebih awal, sehingga muncul spekulasi versi Android-nya harus menunggu beberapa hari, minggu atau bahkan bulan kemudian. Namun ternyata saya salah. Versi Android-nya juga bisa diakses di beberapa wilayah, khususnya yang didistribusikan oleh EA Swiss Sarl, di hari yang sama, dan menjadi versi internasionalnya. Sedangkan menyusul kemudian, FIFA 14 mobile yang didistribusikan oleh Electronic Arts Inc juga dirilis. Kita di Indonesia ketika mengakses PlayStore pasti diarahkan ke versi EA Swiss Sarl, walaupun juga bisa meng-install yang versi Electronic Arts. Tidak ada perbedaan diantara keduanya, karena sama-sama membutuhkan jatah 1.3 GB di Android-mu (minimal dibutuhkan OS Android 2.3), namun dibandingkan versi iOS-nya, jelas ada perbedaan.

Seperti versi konsolnya, khususnya PS3, X360 dan Wii yang juga dirilis kemarin, versi mobile ini mendapatkan lisensi 34 stadion, 33 liga sepak bola, dengan hampir 600 team,16 ribu pemain, yang semuanya dilengkapi statistik asli mereka. Dan mengenai statistik, fitur Football Club Match Day akan memantau stats tersebut ter-update sepanjang season, dengan formasi baru, cedera, dan juga pelanggaran yang terjadi pada season yang nyata akan mempengaruhi permainanmu juga dalam game. Sayangnya, stats tersebut berbeda antara versi mobile dan konsol.

EA juga memberi model kontrol sentuhan baru untuk FIFA 14 mobile ini (disebut Touch Flow Controls), dengan kontrol baru seperti sentuh, tahan dan geser untuk menggerakkan pemain di tengah lapangan, sentuh untuk mengoper, hingga sapukan layar untuk menendang. Selain itu yang menurut kami ubahan paling nyata adalah upgrade grafisnya, yang memperlihatkan para pemain dengan sangat detail. Para pemain tersebut kini juga bisa dibeli dan ditukar, sehingga memberi kesan kita membentuk team impian sendiri.

Mode team creator standar yang kita dapati dalam seri sebelumnya juga masih eksis di sini. Namun karena kini FIFA 14 mobile dirilis sebagai game freemium (sepertinya semua game mobile baru EA akan dirilis secara gratis), tidak lagi memaksamu merogoh kocek hingga Rp. 80 ribuan, maka jangan heran jika ada banyak in-app purchase (IAP) yang ditawarkan bagi kamu yang lebih suka membelanjakan uang dan malas melakukan grinding. Selain IAP standar yang bisa dibeli melalui mata uang khusus FIFA point, kamu juga bisa membelanjakan uang nyata untuk upgrade premium yang bisa membuka mode Manager, Tournament, dan Kick Off. EA mematok biaya US $5.99 atau Rp. 49 ribu saja! Namun jika kamu mau memainkan Ultimate Team saja (yang juga menjadi sajian utama versi konsolnya), FIFA 14 mobile menawarkannya gratis untuk iOS dan Android.

Perbedaan Versi iOS dan Android

Oh ya, di atas saya sebutkan apa perbedaan antara versi iOS dan Android. Ya, memang ada. Untuk iOS-nya, EA menyediakan mode Online Multiplayer untuk bisa bermain bersama temanmu dimana saja, kapan saja. Memainkannya dalam mode ini juga memberi akses ranking tercatat di Leaderboards, hingga membagikan rekamam permainanmu langsung ke YouTube melalui Instant Replay! Sayangnya, fitur tersebut absen untuk versi Android-nya.

FIFA Point Sebagai Mata Uang Standar

Mengenai FIFA point yang bisa kamu gunakan untuk mengedit FIFA 14 Ultimate Team, kamu bisa membeli IAP tersebut melalui Main Menu dan menyentuh tombol ‘Store. Dari sana kamu bisa menyentuh entah itu ‘Points’ atau tombol ‘Packs,’ tergantung kamu mau membeli satuan atau langsung sekumpulan point. Menyentuh opsi tersebut akan mengarahkanmu pada menu pembelian. Harga IAP tersebut bisa kamu lihat melalui daftar berikut?

  • Premium Unlock – Rp 49ribu
  • 100 FIFA points – Rp 9.500
  • 300 FIFA points – Rp 29ribu
  • 500 FIFA points – Rp 49ribu
  • 800 FIFA points – Rp 79ribu
  • 1500 FIFA points – Rp 139ribu
  • 2000 FIFA points – Rp 189ribu

FIFA point bukan menjadi opsi tunggal untukmu agar bisa mengedit team, namun kami bisa grinding memainkan game ini, dan menggunakan coin yang kamu dapatkan selama memainkan game.

Dimana Mendapatkannya?

Unduh FIFA 14 mobile versi iOS melalui Apple App Store Indonesia atau Amerika

Dirilis: 23 September 2013
Versi: 1.0.2.
Ukuran: 1.17 GB
Mendukung Bahasa: English, Dutch, French, German, Italian, Japanese, Korean, Portuguese, Russian, Simplified Chinese, Spanish
Developer: EA Swiss Sarl
Harga: Gratis
Kompatibel Dengan: iOS 5.0 atau yang terbaru. iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPad 2 Wi-Fi, iPad 2 Wi-Fi + 3G, iPad Wi-Fi (3rd generation), iPad Wi-Fi + Cellular (3rd generation), iPad Wi-Fi (4th generation), iPad Wi-Fi + Cellular (4th generation), iPad mini Wi-Fi, iPad mini Wi-Fi + Cellular, iPod touch (4th generation) dan iPod touch (5th generation). Dioptimalkan untuk iPhone 5.

Unduh FIFA 14 mobile versi Android melalui Google PlayStore (versi EA Swiss) atau versi Electronic Arts. Bisa juga dari Amazon App Store bagi pengguna Kindle Fire.

Dirilis: 23 September 2013
Versi: 1.2.9.
Ukuran: 1.3 GB
Mendukung Bahasa: English, Dutch, French, German, Italian, Japanese, Korean, Portuguese, Russian, Simplified Chinese, Spanish
Developer: EA Swiss Sarl
Harga: Graris
Kompatibel: Membutuhkan OS Android 2.3.3 hingga yang terbaru

Alternatif unduh offline untuk Versi Android: File 1 (APK-nya), File 2File 3File 4File 5File 6

FIFA 14 Mobile Trailer – Download for Free!


SHARE
Previous articleHanya Dalam Tiga Hari Apple Berhasil Menjual iPhone 5s dan 5c Hingga 9 Juta Unit!
Next articleMicrosoft Surface 2 dan Surface Pro 2, Akan Menjadi Duta Pengenalan Windows 8.1
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.