Hanya Dalam Tiga Hari Apple Berhasil Menjual iPhone 5s dan 5c Hingga 9 Juta Unit!

Samsung memang boleh bangga berhasil menjual 20 juta unit Galaxy S4 hanya dalam waktu dua bulan saja. Namun sepertinya klaim tersebut akan kembali ditenggelamkan Apple, yang kemarin mengumumkan bahwa penjualan iPhone 5s dan iPhone 5c mereka berhasil menorehkan angka mencapai 9 juta unit!!

Berapa lama Apple berhasil mencapai 9 juta unit kombinasi 5s dan 5c? Tiga hari, sejak pertama kali dijual 13 September kemarin! Ya, Apple mengaku dalam satu minggu pertama penjualan kedua iOS 7 tersebut, mereka berhasil meraih angka yang sudah mencapai separuh dari penjualan Galaxy S4 selama dua bulan. Kombinasi 5s dan 5c tersebut juga mengalahkan rekor iPhone 5 yang menorehkan penjualan 5 juta unit dalam selama akhir pekan pertamanya.

Menurut Apple. iPhone 5s versi warna emas langsung sold out di hari pertamanya, dan baru akan tersedia lagi Oktober mendatang. Sedangkan yang warna perak (putih dengan trim perak) dan abu-abu juga diklaim langsung sold out dua hari kemudian. Selain itu, Apple juga mengungkapkan jika iOS 7 yang dirilis dua hari sebelum kedua iPhone baru tersebut kini sudah di-download oleh lebih dari 200 juta perangkat iOS, sekaligus menjadikannya sebagai update iOS tercepat penyebarannya.

Pasca dijualnya kedua iPhone baru tersebut, akhirnya ada pihak yang berani membuka konfigurasi hardware iPhone 5s. Banyak yang penasaran di sini, karena iPhone 5s menggunakan chipset sama seperti iPhone 5, sedangkan iPhone 5s yang di-upgrade menjadi Apple A7 tidak diungkapkan data resminya seperti, berapa kecepatan standarnya, dan jatah RAM yang diberikan di dalamnya. Menguip inspeksi yang dilakukan Chipworks terhadap board utama iPhone 5s, mereka mendapati chipset Apple A7 SoC yang dibangaun dengan teknologi prosesor 64-bit dan sebelumnya dilaporkan kecepatan maksimalnya 1.7 GHz, ternyata oleh Apple hanya dikunci pada speed 1.3GHz saja.

Core prosesor yang menggunakan basis arsitektur ARM v8 64-bit tersebut memiliki kode nama Cyclone, dan keseluruhan chipsetnya diproduksi oleh Samsung melalui teknologi pemrosesan 28nm High-K Metal Gate (HKMG). Lebih lanjut juga diketahui jika GPU-nya masih menggunakan keluarga Texas Instrument, tepatnya PowerVR (Series 6) G6430 yang memiliki empat core, mendukung OpenGL 3.0, DirectX 10 dan OpenCL 1.x. Di kelas mobile, GPU ini menjadi salah satu yang terbaik. Sedangkan untuk RAM-nya, Apple masih sama seperti iPhone 5, hanya menyediakan RAM 1GB saja, meskipun kini dengan tipe baru, LPDDR3, dibandingkan LPDDR2 pada iPhone 5 dan 5c.

Slogan “Forward thinking!” yang dicetuskan Apple untuk iPhone 5s memang bukan sekadar tulisan saja. Namun mereka benar-benar menggunakan teknologi terbaru untuk flagship-nya ini. Dan berdasar laporan kami sebelumnya, memang belum ada smartphone yang menggunakan arsitektur ARM v8. Bahkan Cortex A53 dan Cortex A57 yang sedang digodok oleh ARM juga diklaim baru eksis tahun depan. Demikian juga Samsung yang baru akan menerapkan teknologi 64-bit tahun depan melalui flagship barunya. Sedangkan PowerVR Series 6 dari perusahaan Inggris Imagination Technologies, juga baru diterapkan untuk mobile melalui iPhone 5s.

[cb type=”company”]Apple[/cb]

Sumber: Apple, Chipworks


SHARE
Previous articleLebih Banyak Unsur RPG dalam Monster Hunter Smart
Next articleBersamaan Dengan Versi Konsol, Electronic Arts Merilis FIFA 14 Mobile Secara Gratis Untuk Android dan iOS
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.