Ar Tonelico dan Ciel no Surge Bergabung Menjadi Ar no Surge

Ar no Surge

Penggemar setia seri Ar Tonelico dan Ciel no Surge patut bergembira, karena Gust saat ini tengah mengembangkan RPG baru di PlayStation 3 yang menggabungkan keduanya, Ar no Surge!

Hal ini dikonfirmasikan melalui Dengeki PlayStation pekan ini. Ar no Surge akan disutradarai oleh Akira Tsuchiya (yang juga mensutradarai seri Ar Tonelico), dan desain karakternya ditangani oleh sang ilustrator NTNY (desainer karakter seri Ar Tonelico dan Phantasy Star Universe), serta model karakter berkualitas tinggi oleh Flight Unit.

Meski judulnya merupakan kombinasi dari Ar Tonelico dan Ciel no Surge, masih belum dijelaskan bagaimana hubungan kedua franchise tersebut dalam Ar no Surge, meski kita tahu setting tempat keduanya adalah tempat yang sama, dan bahasa yang digunakan sama seperti di dunia Ciel no Surge. Hanya saja periode waktunya menggunakan periode waktu yang berbeda.

Protagonis utamanya bernama Delta Lantanoir, seorang pemuda yang keluar dari dalam Felion di mana tembok pemisahnya kala itu terbuka. Dia melindungi kota dari Sharl, sebagai jajaran anggota pasukan elit bernama ”PLASM”. Setelah suatu kejadian, dia dipecat dari pasukan tersebut dan membuka sebuah restoran. Dia memiliki seorang partner bernama Arshes (atau Acies?), senjata robot humanoid. Dalam pertarungan, Delta menggunakan tonfa, pistol, dan ilmu bela diri miliknya.

Setting tempatnya adalah planet La Ciela, di mana para Genome hidup berdampingan dengan manusia. Para Sharl menggunakan Song Magic untuk menculik orang-orang. Setelah tembok di Felion tadi terbuka, sekelompok orang yang memiliki kemampuan menggunakan Song Magic yang hilang tiba-tiba muncul. Orang-orang ”kuno” ini terbangkit dari tidur panjangnya, hidup bersama dengan orang-orang modern di kota tersebut.

Ar no Surge

Ar no Surge kembali memiliki genre RPG, dengan sistem pertarungan hibrida yang menggabungkan elemen pertarungan berbasis giliran dan elemen aksi bernama ”Protect”. Karakter heroine akan berada di barisan belakang untuk mengeluarkan Song Magic, sedangkan para protagonis alias pahlawan akan melindunginya di barisan depan. Konsepnya sama dengan seri Ar Tonelico ya? Kamu akan memainkan Delta dan Arshes secara bergantian seiring berjalannya skenario permainan.

Ada juga fitur ”Genometric System”, yang melibatkan kamu untuk memasuki hati orang-orang, serta sistem sintesis (ciri khas game-game Gust). Hmm jadi teringat sistem Dive nih.

Gust akan merilis Ar no Surge untuk PlayStation 3 di Jepang pada tanggal 30 Januari 2014 dengan harga 7,140 yen (sekitar Rp. 838,300).

[ Sumber : Siliconera, Gematsu ]


SHARE
Previous articleNeed for Speed Movie Dapatkan Trailer Pertamanya, Tidak Seperti Serial Racing yang Kita Kenal
Next articleLive from TGS 2013: Lebih Dekat dengan Indonesian Game Studios
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.