Card Game Combo: Karya Lokal Dengan Universe Yang Luas!

Hai Citizen! Saya pernah menulis review tentang Combo yang dapat dibaca disiniCombo adalah sebuah card game asli Indonesia garapan Stormidea Games. Combo memang masih berada di tahap awal perilisan, dimana sampai saat ini jika ada yang ingin membelinya hanya dapat dilakukan dengan memesan ke secara langsung ke sales@comboarena.com. Ternyata, Combo tidak lah sesederhana desain kartu-kartunya loh! Hal ini saya ketahui setelah berbincang-bincang dengan Buntono Sidik, Game Designer dari Combo.

Saya sempat mengomentari desain dari Combo yang terkesan sangat minimalis, dimana tidak ada teks ataupun gambar karakter-karakter tertentu. Ternyata, hal ini sengaja didesain oleh tim Combo loh! Abun, panggilan akrab Buntono mengatakan bahwa Combo didesain menjadi sebuah card game yang fleksibel. “Kami tidak ingin membatasi pengalaman bermain dari player. Jika kami memasukkan teks atau gambar-gambar karakter, hal tersebut akan membatasi kreatifitas player. Dengan hanya memberikan unsur-unsur magic pada kartu, peraturan yang ada pun dapat disesuaikan dengan keinginan player. Semacam house rule lah,” terang Abun panjang lebar.

Saya pun kemudian mempermasalahkan universe dari Combo dimana tidak ada penjelasan mengenai siapa player serta apa yang sebenarnya terjadi. Abun menjelaskan bahwa universe di Combo memang belum final. “Pada dasarnya, player adalah penyihir-penyihir muda yang bersekolah di Consortium for Magic Battle Ordination atau COMBO. Nah pertarungan yang player mainkan adalah pertarungan antar penyihir-penyihir tersebut. Ke depannya, kami ingin memperluas universe Combo dan membuat produk dalam bentuk lainnya. Produk tersebut bisa saja berupa videogames, novel, komik atau apa saja. Jadi, untuk urusan cerita, kita memang tidak mau sembarangan. Universe di Combo sangat lah masif.”

Sampai saat ini, Abun mengatakan bahwa Combo sudah terjual 200 set lebih. “Stok kita saat ini sudah hampir habis, namun jangan khawatir karena kita sudah melakukan order kembali. Kali ini dengan vendor yang berbeda, tentunya agar kualitas kartunya lebih baik. Sejauh ini kebanyakan pembeli rata-rata baru berasal dari daerah Jakarta dan Bandung saja,” lanjut Abun. Kedepannya, Abun berharap Combo dapat menembus pasar internasional. “Tentu saja kami ingin go international. Kami yakin Combo dapat diterima pasar global karena temanya yang universal serta kemudahan dalam memainkannya.”

Buntono bersama Chuppuru dari Faunia Paw

Bagi kalian yang tinggal di daerah Bandung dan sekitarnya, Combo akan hadir di event Toys & Games Republic yang bertempat di Bemall dari tanggal 4-6 Oktober 2013 mendatang. Kalian yang penasaran ingin mencoba seperti apa card game yang satu ini dapat langsung mencobanya loh!


SHARE
Previous articleNampol.Net: Mobile Game Platform Asli Indonesia, Sudah Pernah Mencoba?
Next articleResmi Sudah, Rockstar Bakal Implementasikan Sistem Micro Transaction dalam GTA Online
Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.