Resmi Sudah, Rockstar Bakal Implementasikan Sistem Micro Transaction dalam GTA Online

Beberapa hari lalu, kita sudah mendapatkan rumor bahwa Rockstar siap mengimplementasikan sistem pembayaran dengan menggunakan uang nyata untuk membeli mata uang di dalam game, atau yang lebih kita kenal dengan micro transaction dalam Grand Theft Auto (GTA) Online. Semalam, Rockstar sudah mengkonfirmasikan hal tersebut, dimana mereka memang berencana untuk mengimplementasikan sistem tersebut saat meluncurkan GTA Online tanggal 1 Oktober nanti.

Hal ini berhasil dibongkar oleh Eurogamer, yang mewawancarai seseorang yang mendapatkan akses lebih awal dari GTA Online. Menurut narasumber tersebut, nantinya akan terdapat empat Cash Card dengan nominal berbeda yang bisa kamu beli di dalam game ini, masing-masing tentunya juga memiliki banderol harga berbeda tergantung nominalnya. Berikut ini adalah daftar keempat cash pack tersebut beserta harganya.

– $100,000 Red Shark Cash Card – £1.99 atau sekitar Rp 36.000
– $200,000 Tiger Shark Cash Card – £3.49 atau sekitar Rp 64.000
– $500,000 Bull Shark Cash Card – £6.99 atau sekitar Rp 130.000
– $1,250,000 Great White Shark Cash Card – £13.49 Rp 250.000

Dengan peluncuran GTA Online yang kurang dari seminggu lagi, kecil kemungkinan Rockstar akan mengubah konfigurasi pembayaran di atas. Masih menurut sumber tersebut, harga item di dalam GTA Online nantinya akan lebih murah dibandingkan dengan harganya di GTA V. Jadi, harga properti jutaan dolar yang ada di GTA V, bisa jadi harganya hanya beberapa ratus ribu dolar saja, bahkan kabarnya properti paling mahal hanya akan dibanderol dengan harga US $400.000. Jadi bayangkan saja, jika kamu menginginkan satu properti yang mahal dengan cepat, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 130.000 untuk membeli Bull Shark Cash Card berisi $500.000.

Jika tidak berencana untuk membeli Cash, kamu tidak perlu takut tidak bisa bersaing di GTA Online, karena Rockstar mengungkapkan bahwa membeli Cash dengan uang nyata ini bukanlah “paksaan” dan hanya bersifat opsional untuk mempercepat pemain berlevel rendah untuk mendapatkan akses ke item atau properti yang mahal. “Sistem ekonomi dalam game ini sudah didesain seimbang bagi mayoritas pemain yang tidak membeli cash ekstra,” ungkap Rockstar. “Tidak ada tembok pemisah di dalam game, dan tidak ada yang bisa mengganggu keseimbangan tersebut, termasuk in-game payment tersebut,” ungkap mereka lebih lanjut.

“Kamu tidak perlu menghabiskan uang nyata untuk mendapatkan mobil, senjata, baju, dan aksesoris lainnya, tetapi jika kamu menginginkan barang tersebut lebih cepat, kamu bisa melakukannya (membayar dengan uang nyata). Ekonomi sudah diseimbangkan berbeda dengan sistem ekonomi dalam single player, dan cash yang kamu beli tidak bisa diambil oleh pemain lainnya,” pungkas Rockstar.

Jadi jelas sudah, kamu tidak harus membeli cash dengan uang nyata untuk bersaing di GTA Online. Membeli cash hanya perlu kamu lakukan apabila kamu ingin mendapatkan sesuatu dengan lebih cepat. Bagaimana menurut pendapatmu? Setujukah dengan sistem yang dibuat Rockstar untuk GTA Online ini?

[Sumber: Eurogamer]


SHARE
Previous articleCard Game Combo: Karya Lokal Dengan Universe Yang Luas!
Next articleSpike Chunsoft Merilis Teaser Trailer Pertama Attack On Titan: The Last Wings of Mankind
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.