TGS 2013: Demo PlayStation App, Ubah Semua Android dan iOS Menjadi Layar Kedua Untuk PS4

Menggunakan SmartGlass, Microsoft merubah perangkat mobile seperti smartphone dan tablet menjadi layar kedua bagi Xbox 360 dan Xbox One. Sony juga melakukannya dengan PS Vita, bahkan lebih advance meskipun pengganti kontroler sekaligus memainkan game konsol dimana saja melalui Remote Play. Selama TGS 2013 kemarin kita juga mengetahui bahwa Sony menyiapkan skenario lainnya untuk perangkat mobile dengan peluncuran PS4.

Kami sudah menuliskan melalui artikel keynote Sony selama TSG 2013 lalu, bahwa mereka juga akan memberikan fungsi remote play dari PS4 melalui aplikasi mobile yang disebut PlayStation App untuk iOS dan Android pada bulan November mendatang. Aplikasi yang menjadi pengembangan dari PlayStation Official App yang sudah eksis di Android dan iOS tersebut memungkinkan semua perangkat mobile bertindak sebagai layar kedua, dan bahkan jika developer game memasukkan fiturnya, juga bisa menjadi kontroler untuk game-game PS4.

Presentasi mengenai PlayStation App ditempatkan pada bagian terakhir keynote Sony, dan menjadi yang paling menarik, karena belum pernah didemokan dalam event mereka sebelumnya. Melalui kepala SCE Worldwide Studios, Shuhei Yoshida, dia menjelaskan mengenai PlayStation App, aplikasi mobile pendukung untuk platform PlayStation. Selama presentasi Yoshida menggunakan smartphone Sony Xperia Z1.

Pertama, aplikasi yang dia demokan menunjukkan interface “What’s New,” yang memperlihatkan apa saja yang dilakukan teman-temanmu yang berada di social network PlayStation (ini teman-teman yang juga memainkan PS4 ya, bukan teman-teman jejaring sosial lainnya). Yoshida kemudian melihat salah seorang temannya baru saja membeli Killzone, maka dia mengirim permintaan multiplayer melalui smartphone tersebut. Melalui Xperia tersebut dia juga melihat teman lainnya mem-broadcast video gameplay, dan Yoshida dengan mudah men-share link video tersebut ke jejaring sosial lainnya.

Fungsi lain yang ditampilkan melalui interface aplikasi mobile adalah streaming video melalui Ustream dan Niconico (yang cukup populer di Jepang), mendapatkan informasi ofisial dari PlayStation melalui menu “Topics” (lengkap dengan gambar dan video dari game yang kita cari infonya), serta dengan menghubungkannya pada PS4, smartphone tersebut bisa menjadi kontroler alternatif atau kontroler second screen (dan berfungsi semacam Smartglass-nya Microsoft ).

Yoshida juga menunjukkan sebuah demo augmeted reality menggunakan Xperia Z1, dengan cara menggambar karakter Knack melalui smartphone tersebut, dan kemudian hasil gambarnya bisa dimunculkan keluar layar masuk ke dalam tampilan augmented reality yang tertampil pada layar televisimu. Oh ya, melalui smartphone Xperia kamu juga bisa langsung mengakses PlayStation Store melalui PlayStation App tersebut, melihat data Trophy, verifikasi pembelian game, dan banyak fungsi lainnya. Lebih jelasnya seperti apa demo PlayStation App bisa kamu lihat melalui video berikut.

PlayStation App – PS4 Demo

Direktur Media ZIGMA OMEGA dan Editor in Chief Duniaku Network, Ami Raditya, meliput Tokyo Game Show live dari Makuhari Messe. 


SHARE
Previous articleAngka Penjualan GTA V Mengagumkan, Sudah Terjual 15 Juta Kopi di Seluruh Dunia!
Next articleTGS 2013: GREE Mengecil dan GungHo Membesar, Mobile dan Social Game Tetap Kuat di Jepang
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.