TGS 2013: Yasumi Matsuno Diketahui Terlibat Dalam Proyek Game Mobile Berjudul Unsung Story

Selain Hironobu Sakaguchi, salah satu sutradara veteran Jepang yang paling kami kagumi adalah Yasumi Matsuno (bekas sutrdara di Square Enix dan Level-5), yang terkenal berkat game seperti Vagrant StoryFinal Fantasy XII dan juga beberapa serial game strategi isometris Tactics Ogre atau Final Fantasy Tactics. Selama TGS 2013 kemarin, dia diketahui muncul dalam salah satu booth developer game mobile Playdek, karena memang bekerjasaman dengan developer game tabletop versi digital tersebut dalam mengembangangkan dua judul dalam satu induk cerita Unsung Story.

Salah satu gamenya berupa permainana kartu digital yang akan dibuat oleh desainer board game Prancis, Christophe Boelinger. Sedangkan Matsuno kebagian game lainnya, yang akan menjadi pusat dari keseluruhan cerita dunia Unsung Story, yaitu Unsung Story: Tale of the Guardians. Tidak heran Matsuno ditunjuk menangani seri yang menjadi pusat ceritanya, karena gameplay-nya nanti adalah taktik seperti tipikal game yang biasa dikerjakan Matsumo sebelumnya.

Playdek sendiri bukan nama baru, karena mereka bersama Wizards of the Coast juga bekerjasama membawa game Dungeons & Dragons ke platform mobile akhir tahun ini. Sedangkan proyek bersama Matsuno ini akan mengajukan dunia fantasi bernama Rasfalia, dimana knights, wizard, archer dan makhluk sihir eksis, serta menjadi pemegang rahasia dibalik terpicunya perang berkepanjangan di dunia tersebut. Di dalam Rasfalia akan ada sembilan negara yang terlibat perang, dan setiap negara memiliki ras mereka sendiri, kepercayaan, dan juga budaya.

Nantinya Unsung Story akan dirilis untuk platform mobile, meskipun belum diungkapkan untuk platform apa. Sepertinya sama nih dengan Sakaguchi, Matsuno akan makin dikenal dengan game-gamenya di smartphone / tablet. Sakaguchi saat ini juga tengah disibukkan mengembangkan game untuk mobile, dengan game terbarunya, Party Wave dirilis untuk iOS tahun lalu.

Direktur Media ZIGMA OMEGA dan Editor in Chief Duniaku Network, Ami Raditya, meliput Tokyo Game Show live dari Makuhari Messe. 


SHARE
Previous articlePameran Fotografi Mainan Star Wars Memikat Banyak Pengunjung!
Next articleUltralist: Sepuluh Pesan Rahasia yang Menarik dalam GTA V!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.