Google Membuat Desain Nexus 5 Mirip Nexus 7, Namun Spesifikasi Tidak Sekuat LG G2

Penampakan terbaru dan paling jelas dari Nexus 5, memperlihatkan desain belakangnya yang mirip Nexus 7

Meskipun baru diungkapkan resmi oleh Google akhir Oktober mendatang, namun sudah banyak informasi mengenai Nexus terbaru Google yang diproduksi oleh LG, yaitu Nexus 5 yang beredar luas. Smartphone baru Google yang diduga akan menjadi yang pertama menerapkan Android 4.4 KitKat ini beberapa kali kami ulas. Seperti keberadaannya melalui listing pengajuan sertifikat di website Ditjen Postel Indonesia (indikasi akan muncul di pasar lokal), serta kemungkinan tanggal awal peluncurannya. Sedangkan informasi lain menjelang diungkapkannya Nexus baru ini adalah mengenai detail spesifikasi, dan foto tidak resminya yang beredar, menunjukkan desain (terutama dilihat dari belakang) yang dibut mirip dengan tablet 7-inchi terbaru Google, Nexus 7.

Detail spesifikasinya didapatkan dari sebuah bocoran data log Android 4.4 yang dijalankan melalui Nexus 5. Dari sana didapatkan informasi yang sudah kita ketahui sebelumnya, seperti layar 5-inchi (atau tepatnya 4.97-inchi) dengan resolusi full HD 1080p, kerapatan pixel 442ppi, chipset Snapdragon 800 dengan RAM 2GB, internal storage 16GB, menjalankan Key Lime Pie atau Android 4.4 KitKat build version KRS74H. Kemudian ada kamera 8-megapixel di sana, namun belum jelas apakah fitur optical image stabilization yang menjadi keunggulan LG G2 (Android LG yang menjadi basis Nexus 5) juga diterapkan di sini. Kamera depannya sendiri hanya 1.2-megapixel.

Selain itu, Nexus 5 juga akan dilengkapi Wi-Fi a/b/g/n/ac dual-band, Bluetooth 4.0, NFC dan GPS. Informasi tersebut melengkapi data dari artikel kami sebelumnya, yang menyebutkan jika Google membenambak baterai tanam dengan kapasitas 2,300mAh selain kemampuan wireless charging, sensor accelerometer, magnetometer, gyroscope, proximity, light sensor serta barometer. Dokumen FCC juga menyebutkan jika smartphone ini tingginya 131.9mm dan lebarnya 68.2 mm.

Selain itu, kemarin Nexus 5 juga muncul secara life melalui satu foto tidak resmi dari salah seorang testernya. Di sana dituliskan jika Nexus 5 ukurannya lebih kecil dari LG G2 (karena memang layarnya juga mengecil), serta penampakan fisiknya mirip dengan Nexus 7 —  seperti terlihat pada material pada casing belakang, dan juga sensor kameranya yang mirip bentuknya. Nexus 5 juga memiliki ukuran bezel di sekitar layar yang sangat kecil, seperti pada beberapa Android terbaru.

Kita tunggu saja konfirmasi resmi Google yang rencananya akan berlangsung akhir Oktober ini untuk mengkonfirmasikan Nexus 5. Sementara itu berikut detail spesifikasi sementara Google Nexus 5 yang diproduksi oleh LG.

  • Layar:  5-inchi Full HD, 442 ppi (sebenarnya 4.97-inchi)
  • Prosesor:  2.3GHz quad-core dari Qualcomm Snadragon 800
  • RAM:  2GB
  • Internal Storage:  16GB (bisa jadi ada versi internal storage lain, dan semoga 32 atau 64 GB)
  • Kamera utama:  8MP (belum diketahui apakah memiliki OIS seperti LG G2)
  • Kamera depan:  1.2MP
  • Sensor:  accelerometer, magnetometer, gyroscope, proximity, light, barometer, orientation
  • Baterai:  2300mAh dan wireless charging
  • Konektivitas lainnya:  LTE, NFC
  • Nomer seri: LG-D820

Sumber: Myce, Forum MacRumor  


SHARE
Previous articleComcept Perlihatkan Trailer “Uji Coba Kasar“ Engine Mighty No. 9
Next articleDua Monster Brutal Baru Siap Diburu di Monster Hunter Frontier G3!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.