rain Dirilis Untuk PS3, Game Digital Keren Dimana Karakter Hanya Terlihat Karena Guyuran Air Hujan

Selama Gamescom 2012 lalu, Sony Computer Entertainment mengenalkan satu game baru yang konsepnya unik, yaitu rain. Game yang dikembangkan oleh developer indie PlayStation C.A.M.P. (yang terkenal berkat Tokyo Jungle dan echochrome) bersama Acquire (terkenal berkat Akiba’s Street) dan SCE Japan Studio ini merupakan sebuah game adventure, dengan kamu mengendalikan seorang anak yang tidak terlihat, dan hanya bisa diketahui wujudnya ketika dia terkena tetesan air hujan.

Jadi bisa dikatakan justru ketika terjadi hujan, dunia para manusia tak terlihat ini akan menjadi nyata. Ketika air hujan tidak menjangkaunya, anak ini hanya bisa terdeteksi dari bekas air yang menjadi jejak kakinya. Menggunakan kemampuan tak terlihat yang dimiliki karakter, dan juga bantuan makhluk lainnya, kamu akan berhadapan dengan banyak puzzle di sepanjang permainan. Misalnya, ketika kamu mengarahkan karakter agar tidak terkena hujan, maka dia akan menghilang dari pandangan musuh, dan membuat keadaan menjadi aman. Namun kamu perlu keluar dan terkena hujan untuk bisa terlihat dan mengambil item misalnya, atau menggoda musuh yang baru bisa menyadari siluetmu ketika terkena air hujan. Seperti dijelaskan melalui video berikut:

rain Gameplay Video

Cerita rain sendiri bermula ketika seorang anak laki-laki yang kamu kendalikan mengejar seorang anak perempuan yang hanya terlihat siluetnya saja. Setelah mengetahui anak perempuan itu dikejar makhluk aneh seperti hantu yang juga hanya terlihat siluetnya di bawah air hujan, bocah tersebut menemukan petualangannya sendiri dalam dunia misterius rain untuk menyelamatkan anak perempuan tadi, sekaligus mengetahui kenapa dia juga menjadi tidak terlihat. Hmm, jadi mengingatkan kami pada Ico ya… Gameplay terfokus ketika bocah tersebut bisa muncul di tengah hujan, dan menghilang ketika tidak terkena air. Dan karena bukan hanya dia saja yang memiliki kemampuan semacam itu, menjadikan apa yang kamu lihat pada layar sebenarnya bukan kenyataan.

rain sudah dirilis di PSN untuk PS3 mulai hari ini, dan dijual dengan harga US $14.99. Kamu yang mencari game digital yang menarik baik secara konsep dan penggambaran art-nya, bisa langsung mengunduhnya melalui PSN. Selain itu, mulai hari ini Sony juga menjual soundtrack rain dengan harga US $9.99, yang mengajukan musik dari komposer Yugo Kanno yang sebelumnya banyak berkiprah untuk musik anime dan serial TV Jepang, serta OST yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik berbakat asal Inggris, Connie Talbot. Bersamaan dengan perilisan game ini, Sony merilis trailer baru yang bisa kamu lihat di bawah (sekaligus trailer yang terfokus pada musik rain ini).

Menjadi game PSN paling menarik yang dirilis eksklusif Sony tahun ini, penulis penasaran dengan bagaimana rain ini bakal bisa melanjutkan sukses kreatifitas developer indie lainnya yang berhasil dicapai game PSN lain seperti Journey, The Unfinished Swan dan Tokyo Jungle.

rain™ Launch Trailer

rain Developer Diary: The Music of rain

rain Story Trailer

Sumber: PlayStation


SHARE
Previous articleKatniss Everdeen dalam Poster Terbaru The Hunger Games: Catching Fire
Next articleNew Line Cinema Rilis Tiga Banner Keren dari The Hobbit: The Desolation of Smaug
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.