Intip Spesifikasi Xi3 Piston, Gaming PC Portabel yang Siap Dirilis Bulan November!

Masih ingat dengan Steam Box? Kilas balik awal tahun 2013 lalu saat perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2013, Valve Bekerja sama dengan Xi3 Corporation menunjukkan sebuah prototype konsol baru yang mereka sebut dengan “Computer Game System” atau yang mungkin lebih familiar dengan Steam Box. Steam Box sendiri bukan nama dari satu hardware saja, melainkan nantinya akan banyak Steam Box lain yang dikembangkan Valve bekerja sama dengan pengembang lainnya. Untuk yang bekerja sama dengan Xi3 Corporation ini sendiri, Steam Box diberi kode Piston. Valve sendiri sudah memproduksi Steam Box sendiri yang mereka sebut dengan Steam Machine termasuk Steam Controller dan sudah dikonfirmasikan minggu lalu.

Nah, kali ini Xi3 Corporation kembali memberikan detail baru untuk Piston, baik dari segi hardware, harga, fitur hingga kapan mereka siap merilis gaming PC portabel ini ke pasaran. Piston menggunakan kekuatan prosesor Quad Core AMD Trinity yang berjalan pada clock speed 3.2 GHz. Selain itu, Piston juga dipersenjatai dengan GPU Radeon 7000 Series, RAM DDR3 sebesar 8GB dan SSD (Solid State Drive) sebagai media penyimpanan sebesar 128 GB. Untuk SSD-nya sendiri, Xi3 Corporation mengungkapkan bahwa nantinya kamu bisa meng-upgrade kapasitasnya hingga 512 GB. Piston nantinya juga akan mendukung resolusi 4K (4096 x 2160 pixel) dan bisa berjalan dalam tiga layar secara simultan.

Dimensi Piston sendiri tergolong sangat kecil, dimana masing-masing sisinya memiliki panjang tidak lebih dari 4 inci atau sekitar 10 cm. Yang mengejutkan, meskipun memiliki hardware yang sangat mumpuni untuk memainkan game-game PC baik yang retail maupun yang didistribusikan via Steam, Piston ternyata memiliki konsumsi daya yang sangat rendah, sekitar 40 watt jika berpegang kepada apa yang sudah dikonfirmasikan oleh Valve dalam CES 2013 lalu . Karena konsumsi dayanya yang rendah, maka Xi3 Corporation menjanjikan bahwa konsol ini bisa tetap dingin meskipun digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dalam halaman produknya, Xi3 membeberkan tiga cara bagi gamer untuk memainkan game melalui Piston. Yang pertama adalah meletakkannya di ruang tamu, dan memainkan game melalui TV dengan kontroler layaknya konsol. Kedua, gamer bisa menggunakan Piston layaknya PC, yang digunakan bersamaan dengan keyboard, mouse dan monitor. Ketiga, Piston juga akan mendukung perangkat virtual reality, yang bisa digunakan secara portabel dimanapun kamu berada. Piston juga mendukung penggunakan segala macam kontroler, dan saat dirilis nanti Piston akan langsung berisi beberapa game pre-loaded yang bisa langsung kamu mainkan.

Tiga cara untuk memainkan Piston

Tertarik untuk mendapatkan Piston? Xi3 Corporation sudah mengkonfirmasikan bahwa gaming PC atau konsol ini akan segera masuk pasaran pada 29 November 2013 yang akan datang. Namun, bagi mereka yang sudah melakukan pre order, akan mendapatkan Piston dua minggu lebih awal. Harganya? Untuk Piston standar seperti spesifikasi yang sudah saya tuliskan di atas, Xi3 Corporation memberikan banderol harga US $999 atau sekitar Rp 11 juta per unitnya!

[Sumber: Xi3 Corporation,VG247]


SHARE
Previous articleRasakan Terror Di Luar Angkasa Dalam Gravity!
Next articleSpike Chunsoft Perlihatkan Boxart Attack on Titan
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.