Penulis Novel dan Pendiri Red Storm Entertainment, Tom Clancy Meninggal Dunia

Tom Clancy

Industri hiburan dunia kembali berduka. Belum lama setelah mantan presiden Nintendo, Hiroshi Yamauchi menghembuskan nafas terakhirnya pada akhir September lalu, kali ini kabar duka datang dari penulis novel militer sekaligus pendiri Storm Entertainment, Tom Clancy. Semalam, Tom Clancy menghembuskan nafas terakhirnya di salah satu rumah sakit di Baltimore, Amerika Serikat dalam usia 66 tahun. Sampai saat ini, belum diketahui apa yang menyebabkan kematian dari Tom Clancy ini. Pihak keluarga hanya menyebutkan bahwa Tom Clancy meninggal dunia karena sakit. Kabar ini sendiri pertama kali dikonfirmasikan oleh New York Times lewat salah satu posting Twitter-nya semalam.

Tom Clancy memang selama ini kita kenal sebagai seorang penulis novel yang sebagian besar bertema espionasi dan militer. Selain itu, dia juga pendiri salah satu studio game Red Storm Entertainment pada tahun 1996, yang akhirnya dibeli oleh Ubisoft beberapa tahun kemudian. Banyak karya Tom Clancy yang tentu sudah tidak asing di telinga kita, baik dalam bentuk novel maupun game. Beberapa diantaranya adalah serial Rainbow Six, Splinter Cell, dan juga Ghost Recon. Bahkan, tahun ini Splinter Cell juga baru saja menelurkan game terbarunya, Blacklist yang sudah dirilis pada Agustus 2013 lalu.

“Kami sangat sedih mendengar kepergian Tom Clancy, dan kami berbelasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkannya,” tulis Ubisoft yang selama ini memang sangat dekat dengan Tom Clancy dalam pernyataan resmi di Fanpage mereka. “Tom Clancy adalah seorang penulis luar biasa dengan keahlian membuat kisah yang mendetail, kisah fiksi yang mengasikkan dan telah memikat hati banyak penggemar di seluruh dunia,” lanjut pernyataan tersebut. “Tim Ubisoft, khususnya yang berada di Red Storm Studio sangat bersyukur pernah berkolaborasi dan belajar dari beliau, dan kami akan memanfaatkan kesempatan untuk membawa bagian dari warisannya melalui properti kami yang memikul nama besarnya,” pungkas Ubisoft.

Tom Clancy

Selain Splinter Cell: Blacklist, tahun depan nama Tom Clancy juga akan kembali berkibar di dunia game lewat game shooter online yang kini tengah dikembangkan oleh Ubisoft, The Division. Belum ada kabar lebih lanjut mengenai kepastian kapan game ini akan dirilis, namun Ubisoft mengungkapkan bahwa The Division siap dirilis pada kuartal keempat tahun 2014 yang akan datang.

Selamat jalan Tom Clancy..

[Sumber: vg247Kotaku]