Berikut Antar Muka PlayStation App, Akan Menjadi Pendamping dan Layar Kedua Bagi PS4

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya melalui artikel keynote Sony, bahwa Sony juga menyiapkan aplikasi mobile khusus, PlayStation App, untuk Android dan iOS dengan rencana rilis bulan November mendatang. Aplikasi yang menjadi pengembangan dari PlayStation Official App yang sudah eksis di Android dan iOS tersebut memungkinkan semua perangkat mobile bertindak sebagai layar kedua, dan bahkan jika developer game memasukkan fiturnya, juga bisa menjadi kontroler untuk game-game PlayStation 4.

Hari ini kami mendapatkan informasi baru mengenai aplikasi yang akan dirilis bersamaan dengan PlayStation 4 tersebut, dan kali ini update masih datang dari bosnya Sony Computer Entertainment Worldwide Studios, Shuhei Yoshida. Aplikasi tersebut memungkinkan kita untuk terus terhubungan dengan konsol utama, dalam hal ini PS4, ketika berada jauh atau sedang mobile. Kamu masih bisa berinteraksi dengan teman (yang menjadi temanmu di PlayStation Network), membandingkan trophy yang sudah kamu dapatkan, melihat aktivitas temanmu (termasuk bisa merekam atau melakukan streaming gameplay secara live dari aktivitas teman di PS4) serta mengakses semua berita terbaru dari PlayStation Blog.

Yoshida menambahkan, aplikasi ini bisa didunduh bebas dan gratis oleh siapa saja pengguna iOS dan Android. Kamu bisa menghubungkan profil PlayStation dengannya, dan saling berkirim pesan (bahkan pesan suara seperti tipikal instant messaging) pada sesama teman PSN-mu melalui smartphone ke PS4. Yoshida juga menyebutkan jika temanmu yang mengirimkan ajakan bermain multiplayer, bisa kamu periksa langsung melalui PlayStation App. Atau kamu yang mau membeli game PS4 melalui PlayStation Store, itu pun bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut. Game yang kamu beli seketika langsung diunduh oleh PS4 (dengan catatan mesin ini dalam kondisi standby dan terhubung internet) ketika kamu masih berada di luar.

Kemudian fungsi lain yang juga ditunggu pengguna smartphone dan tablet, PlayStation App bisa berperan sebagai layar kedua untuk beberapa game yang memanfaatkan fungsi ‘second screen.’ Selama TGS 2013 kemarin, Yoshida mendemokan aspek tersebut, menggunakan aplikasi mobile ini dan berinteraksi dengan The Playroom – dia menggambar Knack melalui layar sentuh smartphone, dan kemudian mengirimkan gambar tersebut ke PS4 dan terlihat di TV, memungkinkan karakter AR bot yang muncul melalui Dual Shock 4 bisa bermain-main dengan Knack yang digambar Yoshida.

Menurut Yoshida, saat ini sudah ada banyak developer game yang akan memanfaatkan fungsi aplikasi tersebut, dan mendesain penerapan lebih lanjut interaksi PlayStation App dengan gamenya. Game yang sudah dikonfirmasikan seperti Watch_Dogs dan Battlefield. Selain itu, developer juga bisa menggunakan PlayStation App untuk berhubungan dengan PS4 dan me-load sebuah aplikasi, seperti aplikasi menggambar, sehingga kamu tidak perlu mengunduh dan menginstall aplikasi khusus dalam smartphone untuk mendapatkan fungsi yang diinginkan oleh developer yang bersangkutan.

Sementara kita meninggu perilisannya bersamaan dengan PS4 pada 15 November mendatang, berikut beberapa tampilan antar muka PlayStation App yang baru saja dirilis oleh Sony melalui blog mereka.


SHARE
Previous articleDead Trigger 2 Dirilis 23 Oktober, Sediakan Amunisi Ayam Untuk Membungkam Para Zombie
Next articleTecmo Koei Merilis Debut Screenshot Samurai Warriors 4
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.