Masih Banyak Game Star Wars Lain yang Dihentikan Pengembangannya Pasca Penutupan LucasArts

Star Wars 1313
Star Wars 1313

Penutupan LucasArts oleh Disney pertengahan tahun lalu rupanya bukan hanya berdampak pada game-game utama Star Wars yang disiapkan untuk konsol dan PC saja. Ternyata, penutupan ini berdampak kepada beberapa judul game lain yang sebenarnya ditargetkan untuk pasar yang lebih kasual, yang hadir untuk Facebook, smartphone dan tablet. Setelah beberapa hari lalu detail Star Wars 1313 bocor, kali ini salah satu sumber LucasArts membeberkan beberapa proyek game kasual Star Wars lain yang sebenarnya disiapkan, namun akhirnya harus menerima nasib dihentikan pengembangannya.

Pertama, terdapat sebuah game berjudul Smuggler, yang disiapkan untuk menjadi game multiplayer untuk berbagai macam platform, mulai dari Facebook, tablet dan konsol. Dalam game ini, kamu bisa memainkan salah satu karakter dari Star Wars, plus mengkustomisasinya. Bukan hanya itu, kabarnya kamu juga bisa saling bertukar karakter dengan temanmu, baik yang memainkannya melalui Facebook, tablet maupun konsol.

Star Wars: First Assault
Star Wars: First Assault

Yang kedua adalah sebuah game simulasi yang disebut dengan Outpost. Bisa dibilang, Outpost adalah versi Star Wars dari FarmVille, dimana dalam game ini kamu bisa membangun kerajaan di galaksi dan tentu saja mengkustomisasinya. Selanjutnya, ada pula satu game untuk iOS yang diberi kode Death Star dimana kamu bisa mengendalikan salah satu pesawat luar angkasa sekaligus markas paling ikonik dalam Star Wars ini. Sayangnya, sumber dari LucasArts tersebut tidak membeberkan lebih banyak mengenai tiga judul game yang dihentikan pengembangannya bersamaan dengan penutupan LucasArts ini.

Selain tiga game casual ini, kabarnya LucasArts juga tengah menyiapkan sebuah servis download mirip Origin yang dimiliki oleh EA. Layanan ini sebenarnya dipersiapkan untuk membantu mereka untuk mendistribusikan game-game yang mereka kembangkan, plus menangani masalah transaksi mikro di dalam game. Sumber lain mengatakan, bahwa layanan ini sebenarnya menurut rencana akan dirilis bersamaan dengan Star Wars: First Assault yang memang bakal memiliki fitur transaksi mikro.

Day of the Tentacle
Day of the Tentacle

Yang semakin sangat disayangkan, kabarnya banyak dari game ini yang sudah selesai dan tinggal menunggu waktu saja untuk dirilis, seperti Death Star dan Outpost yang sebenarnya sudah masuk dalam tahap testing QA. Selain beberapa game Star Wars ini, kabarnya LucasArts sebelum ditutup juga tengah mengembangkan remake dari Day of the Tentacle, sekuel dari Maniac Mansion yang versi originalnya sudah dirilis pada tahun 1993 lalu. Untuk remake Day of the Tentacle ini, kabarnya LucasArts sudah menyelesaikan hingga tahap 80% dari keseluruhan game-nya.

Sangat disayangkan, ternyata banyak sekali proyek menarik dari LucasArts yang harus dihentikan karena penutupan tersebut. EA yang akhirnya mendapatkan hak pengembangan dan publishing game-game Star Wars pun baru mengkonfirmasikan pengembangan Battlefront, dan belum memiliki rencana untuk melanjutkan pengembangan game-game lainnya.

[Sumber: Gamespot/Kotaku]


SHARE
Previous articlePenulis X-Men: Days of Future Past Kerjakan Fantastic Four Reboot
Next articleAcquire Perkenalkan Dua Karakter Baru di Akiba’s Trip 2, Rin dan Zenya Amou
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.