Walaupun Free-to-Play, Gameplay Ace Combat Infinity Tetap Solid Seperti Prekuelnya

Sebelumnya kami pernah mengulas dalam sebuah artikel khusus mengenai masa depan mobile game yang saat ini game justru banyak ditawarkan sebagai produk freemium, atau free-to-play dengan banyak item premium untuk mendukung permainan. Banyak yang memprediksi game freemium akan menjadi masa depan konsep penjualan game mobile. Namun ternyata perkembangannya bukan hanya mobile game saja yang ditawarkan gratisan. Banyak game konsol yang mulai mengikuti jejaknya.

Seperti Bandai Namco Games, yang banyak menawarkan game free-to-play untuk PS3, seperti Tekken RevolutionRidge Racer: Driftopia, Ace Combat: Infinity serta Soulcalibur: Lost Swords. Banyak yang mempertanyakan keputusan developer Jepang tersebut menjual banyak ikon populernya secara gratisan, namun dengan suksesnya game free-to-play Tekken Revolution, sepertinya Bandai Namco tidak akan berhenti memberikan lebih banyak game freemium.

Kali ini yang penulis angkat adalah Ace Combat: InfinitySelama TGS 2013 lalu kita sudah melihat penampilan perdananya. Dan untuk sebuah game yang ditawarkan gratis, kita tidak perlu ragu dengan penampilannya. Namun tetap saja ada banyak penggemar Ace Combat yang merasa tidak terima game favorit mereka turun kelasnya menjadi game gratis. Karena itulah Namco Bandai akan menggelar fase beta agar kita bisa merasakan seperti apa Ace Combat baru ini. Versi beta tersebut akan segera mereka adakan dalam waktu dekat, dengan perilisan gamenya sendiri masih tetap akhir tahun ini. Namco Bandai akan menggunakan hasil beta tersebut untuk mendapatkan feedback mengenai sistem dan bagaimana server mereka bisa menangani trafik pemain — ya, game ini juga menawarkan mode multiplayer online.

Kemudian menyinggung keputusan free-to-play, Brand Manager Namco Bandai, Kazutoki Kono mengatakan, bahwa mereka memilihnya agar Ace Combat: Infinity bisa lebih dikenal oleh lebih banyak gamer. Misalnya, ada gamer yang mengetahui serial Ace Combat, ingin mencoba memainkannya, namun tidak mau mengeluarkan uang karena memang tidak murah. Dengan free-to-play, mereka akan mencobanya secara cuma-cuma. Demikian metode penjualan baru ini akan menarik lebih meluaskan fanbase Ace Combat, dan itulah yang menjadi target Ace Combat: Infinity.

Ketika fanbase yang lebih besar sudah terbangun, Kono mengatakan pihaknya bisa saja kembali menawarkan game penuh yang bisa dibeli dengan satu harga seperti biasanya, atau jika free-to-play terbukti sikses (mungkin dari penjualan IAP-nya), maka Namco Bandai akan terus menggunakan cara penjualan tersebut. Senada dengan developer lain, PopCap misalnya, Kono juga mengaku keputusan mereka menawarkan seri baru ini sebagai dengan model bisnis download digital free-to-play adalah pilihan yang berat, namun dia meyakinkan jika kualitasnya akan tetap sebaik seri sebelumnya.

Benarkah pernyataan Kono tersebut, game ini akan sebaik seri sebelumnya? Kamu bisa putuskan sendiri dengan melihat trailer terbarunya yang menunjukkan gameplay game ini berikut.

PS3「ACE COMBAT INFINITY」 Gameplay: Stonehenge

PS3「ACE COMBAT INFINITY」 Gameplay: Great Migration


SHARE
Previous articleTanpa Marc Forster Sekuel World War Z Terus Berlanjut
Next articleAksi Seru Chris Pine dalam Jack Ryan: Shadow Recruit
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.