Gamevil Membeli Com2us, Menjadi Developer Game Mobile Terbesar di Korea

Gamevil, perusahaan game asal Korea Selatan yang lebih kita kenal berkat serial game RPG mobile Zenonia, hari ini mengkonfirmasikan bahwa mereka membeli Com2us, developer game asal Korea Selatan lainnya yang juga identik dengan game RPG Inotia.

Kedua perusahaan tersebut sebenarnya memiliki banyak kemiripan game (desain bergaya anime), menjual gamenya secara freemium, dan cara pemasaran yang sama satu sama lain (seperti memanfaatkan platform game aplikasi instant messaging seperti KakaoTalk untuk memasarkan gamenya). Dan tidak mengejutkan jika keduanya bergabung untuk makin memperkuat posisinya di tengah pasar mobile game dunia. Melihat keduanya yang sangat aktif dalam merilis game (lihat saja panjangnya daftar game Gamevil dan Com2us di PlayStore), kita jadi antusias menantikan hasil fusion ini.

Tidak disebutkan berapa besar nilai Com2us bagi Gamevil, karena tidak disebutkan dalam press release mereka. Namun banyak yang memperkirakan sekitar US $65 juta. Press release Gamevil juga menyebutkan jika jejaring sosial untuk Gamevil dan Com2us (“Circle” serta “Hub”) nantinya akan dilebur untuk memperkuat kompetensi dengan para pesaingnya. Dari pernyataan yang sama kami juga mendapatkan perntaan Gamevil yang mengklaim game mereka sudah diunduh hingga 300 juta kali di semua platform.

Dengan langkah Gamevil ini, hasil peleburan mereka otomatis menjadikannya sebagai perusahaan game mobile terbesar di Korea. Apalagi keduanya juga sudah berhasil menembus pasar global. Selain membuat gamenya sendiri, Gamevil juga bekerjasama dengan lebih dari 70 studio game sebagai publisher game third-party. Penulis pribadi melihat penyatuan ini juga membuka kesempatan baru untuk menggabungkan ikon unggulan kedua developer tersebut. Selama ini serial Zenonia dari Gamevil dan Inotia dari Com2us selalu dianggap sebagai rival. Bagaimana jika saat ini keduanya digabungkan saja dalam sebuah game crossover?

Sumber: Gamevil


SHARE
Previous articleSetelah Menunggu Setengah Tahun, Akhirnya Gravity Guy 2 Dirilis Untuk Android
Next articleNintendo Rilis Trailer Pertama Pier Solar HD, Berikan Opsi Mainkan Game Dengan Grafis 16-bit
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.