Seperti LG G2, Kamera Google Nexus 5 Juga Mendapatkan Optical Image Stabilization

Perlahan kita mengetahui seperti apa Nexus 5 yang disiapkan Google dan rencananya akan diumumkan akhir Oktober mendatang. Smartphone pertama yang akan menggunakan versi baru Android 4.4 KitKat itu nantinya akan dirilis sebagai LG D821, seperti yang sudah kamu pergoki pengajuan sertifikatnya di Ditjen Postel sejak awal September lalu. Desain luarnya pun juga beberapa kali muncul secara tidak resmi, memperlihatkan konsep desain yang sama seperti Nexus 7 terbaru. Dan kali ini kami mendapatkan informasi baru yang menegaskan konfigurasi hardware-nya, dan satu kepastian yang pasti banyak ditunggu penggemar fotografi mobile. Seperti LG G2, kamera Nexus 5 ini sudah mendukung fitur optical image stabilization!

Desainnya mengingatkan pada Nexus 7 generasi kedua.
Perhatikan di atas layar ada semacam lubang, yang sepertinya menjadi speaker. Baru kali ini kami melihat desain lubang speaker berbentuk bulat.
Sedangkan loudspeaker stereo-nya diposisikan di bagian bawah. Terlihat juga microUSB di tengahnya, yang bisa menerima koneksi Slimport (semacam MHL pada tipikal Android Samsung) untuk melampilkan konten ke layar eksternal.

Detail informasi ini kami dapatkan melalui sebuah dokumen yang di-post melalui website perpustakaan digital Scribd. Dokumen tersebut tidak lain menjadi service manual yang bocor untuk LG-D821, atau yang dipercaya akan menjadi Nexus 5 nanti ketika dikenalkan 30 Oktober mendatang. Banyak data spesifikasinya yang disebutkan di sana, dan sama seperti yang sudah kami dengar sebelumnya, kecuali dengan tambahan adanya lampu LED untuk notifikasi serta modul kameranya memiliki OIS.

  • Layar 4.95-inchi resolusi 1080p dengan material TFT IPS
  • Internal storage 16 dan juga 32GB
  • 2GB RAM
  • Chipset MSM8974 atau biasa dikenal sebagai Snapdragon 800 pada kecepatan 2.3GHz
  • Kamera belakang 8-megapixel dengan OIS, kamera depan 1.3-megapixel
  • Baterai 2300mAh
  • Dimensinya tertulis 133.9 x 68.7 x 9.1 mm, atau juga hampir sama seperti data-data sebelumnya.
  • Sensor: Accelerometer, Gyroscope, Compass, Proximity/Ambient Light, Pressure
  • Seperti Nexus 4 dan Nexus 7 generasi dua, menggunakan Slimport melalui micro USB untuk menampilkan konten dalam smartphone ke layar HDTV
  • Slot Micro SIM
  • Lampu LED notifikasi
  • Mendukung wireless charging
  • Koneksi NFC
  • Dalam dokumen tersebut masih tertulis Bluetooth 3.0, namun seperti listing dalam website Bluetooth Special Interest Group, jelas tertulis di sana LG -D821 menggunakan Bluetooth 4.0.
  • Mendukung koneksi UMTS/GSM/CDMA/LTE

Meskipun awalnya diduga menjadi versi Google dari LG G2, namun ada beberapa perbedaan. Hanya saja jika benar nantinya Nexus 5 menyediakan kamera ber-OIS, dia akan menjadi pilihan menarik dari LG G2, dengan harga yang lebih murah, layar lebih kecil, plus dukungan update software yang lebih cepat dari Google. Apalagi kini ada opsi 32 GB selain 16 GB. Nexus 5 juga menjadi pilihan yang lebih terjangkau (seharusnya Nexus selalu lebih murah dari smartphone yang menjadi rujukannya, dalam hal ini LG G2) bagi mereka yang mengharapkan bisa mendapatkan konfigurasi canggih chipset Snapdragon 800. Sementara itu kamu bisa melihat data service manual tersebut melalui tautan Scribd di bawah.

LG D821


SHARE
Previous articleEye Candy: Storyboard Pertarungan Abin Sur vs. Parallax dalam Green Lantern
Next articleDemo Pertama Dengeki Bunko Fighting Climax, Empat Karakter Baru dan Akan Dirilis Untuk Konsol
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.