Valve Ungkap Detail Spesifikasi dari Steam Machine Versi Beta!

Valve saat ini memang tengah berusaha untuk memasuki ruang keluarga dengan proyek Steam Box yang mereka siapkan. Banyak prototype Steam Box yang sudah dikonfirmasikan kepada publik, salah satunya adalah Piston yang dikembangkan bekerja sama dengan Xi3 Corporation. Setelah beberapa hari lalu Xi3 mengungkapkan detail dari Piston, kali ini detail dari prototype Steam Box lainnya dikonfirmasikan oleh Valve. Ya, beberapa hari lalu Valve mengungkapkan detail spesifikasi dari Steam Machine, Steam Box yang mereka kembangkan secara internal dan akan segera memasuki fase beta testing-nya.

Spesifikasi yang dibeberkan oleh Valve kali ini adalah spesifikasi dari prototype Steam Machine versi beta yang siap disebar kepada para beta tester. Bagi yang belum tahu, dalam waktu dekat Valve siap menggelar fase beta dari Steam Machine ini, dimana mereka membagi-bagikan sekitar 300 Steam Machine secara gratis bagi para pengguna Steam yang memenuhi syarat. Bagi kamu yang tertarik untuk ikut ambil bagian dalam fase beta ini, kamu bisa menjawab kuesioner yang disediakan oleh Valve dan mengikuti persyaratan yang diberikan lewat link berikut ini.

Steam Controller

Kembali ke Steam Machine. Steam Machine menurut rencana akan mulai dijual secara bebas tahun depan. Nantinya, Steam Machine ini akan hadir di pasaran dalam beberapa tipe, mulai dari yang berharga murah, hingga yang memiliki performa hardware tinggi. Sedangkan Steam Machine yang dibagi-bagikan dalam fase beta ini disebut Valve setara dengan PC high end, yang sepertinya menjadi perwujudan awal dari Steam Machine paling mahal. Berikut ini adalah spesifikasi Steam Machine versi beta yang dirilis oleh Valve.

  • GPU: beberapa unit menggunakan NVidia Titan, beberapa lainnya menggunakan GTX780, GTX760, dan juga GTX660
  • CPU: beberapa unit menggunakan Intel i7-4770, beberapa lainnya menggunakan i5-4570, atau i3
  • RAM: 16GB DDR3-1600 (CPU), 3GB DDR5 (GPU)
  • Storage: 1TB/8GB Hybrid SSHD
  • Power Supply: Internal 450w 80Plus Gold
  • Dimensions: Approx. 12 inch (30cm) x 12.4 inch (31cm) x 2.9 inch (7.3cm)

Steam Machine ini bersifat upgradeable, sehingga user bisa bebas mengganti-ganti hardware yang disematkan di dalamnya. Bahkan Valve menjanjikan kemudahan dalam meng-upgrade Steam Machine, sehingga siapapun bisa dengan mudah melepas dan memasang komponen di dalamnya. Bagi pengguna Steam yang sudah memiliki PC dengan spesifikasi sangat tinggi, nantinya Valve juga menyediakan Steam Machine low end, yang hanya digunakan sebagai perantara streaming konten dari PC ke perangkat televisi. “Terdapat banyak pengguna Steam yang sudah memiliki hardware hebat di rumah dalam bentuk PC yang powerful. Prototype yang kita bicarakan disini bukan berarti untuk menggantikannya. Beberapa user akan senang memiliki satu cara untuk menjembatani jarak di ruang tamu tanpa harus meninggalkan hardware yang sudah ada dan tanpa menghabiskan banyak uang,” ungkap Valve dalam pernyataan resminya.

Xi3 Piston

Dari sekian banyak prototype Steam Box yang dipublikasikan, hanya Piston yang sudah siap dipasarkan bulan depan. Dengan harga US $999 atau sekitar Rp 11 juta, Piston bisa menjadi alternatif pengganti PC high end, plus dengan berbagai kelebihan yang ditawarkannya seperti konsumsi daya yang rendah dan bersifat portabel. Steam Machine ini sendiri merupakan satu dari tiga pengumuman besar Valve beberapa minggu lalu selain Steam OS dan Steam Controller.

[Sumber: CVG]


SHARE
Previous articleTrailer Yakuza: Ishin Perlihatkan Kehidupan Para Ahli Pedang di Era Meiji
Next articleGolden Time: Vivid Memories Diumumkan untuk PS Vita
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.