Rockstar Libatkan Lebih dari 1000 Staff untuk Mengembangkan GTA V!

Mungkin kalian sempat berpikir, berapa orang ya yang terlibat untuk mengembangkan sebuah masterpiece layaknya Grand Theft Auto (GTA) V? Dengan skala game yang sangat besar dan budget yang tidak sedikit, tentu Rockstar mengerahkan banyak staff-nya untuk terlibat dalam pengembangan game ini. Kabarnya, untuk mengembangkan game ini, Rockstar mengerahkan lebih dari 1000 orang staff-nya dari setiap aspeknya, mulai dari programmer, artist, penulis naskah, hingga dari sisi marketing!

Hal ini diungkapkan oleh Leslie Benzies, presiden dari Rockstar North yang merupakan studio induk Rockstar untuk mengembangkan game ini. Benzies mengungkapkan bahwa memproduksi sebuah judul yang besar, seperti Red Dead Redemption dan GTA V membutuhkan keterlibatan lebih dari satu studio untuk bekerja secara bersama-sama. “Seperti itulah kami bekerja saat ini. Semua orang bekerja untuk GTA atau Red Dead, lantas kami melanjutkan ke hal lainnya,” ungkap Benzies dalam sebuah wawancara bersama Develop. “GTA V membutuhkan 1000 orang untuk mengembangkannya, jumlah itu adalah kebutuhannya. Namun kami tidak ingin 1000 orang tersebut berada dalam satu tempat saja,” lanjutnya.

Benzies sendiri mengungkapkan bahwa untuk Rockstar North sendiri, studio induk ini hanya berisi sekitar 365 orang saja. Kebutuhan jumlah sumber daya manusia yang besar ini adalah akibat dari besarnya proyek GTA V yang dikerjakan. Seperti yang pernah kami tuliskan sebelumnya, dunia dalam GTA V lebih besar dari dunia Red Dead Redemption, GTA: San Andreas dan GTA IV jika digabungkan menjadi satu. “Dan karena ukuran game tersebut, kami memodelkan detail untuk setiap menitnya,” ungkap Benzies. “Di satu saat, untuk model mobilnya membutuhkan empat bagian yang bergerak. Sekarang terdapat sekitar 15 mobil memiliki atap yang bisa bergerak. Detail-detal ini 10 hingga 20 kali lebih banyak dibandingkan GTA IV, sehingga membutuhkan 10 hingga 20 kali sumber daya alam yang lebih banyak juga,” pungkas Benzies.

Usaha Rockstar melibatkan ribuan orang untuk satu proyek ini pun tidak sia-sia, karena GTA V sudah mencatatkan banyak rekor baik dari review kritikus game, sambutan dari gamer hingga penjualannya sendiri. Game ini menjadi media hiburan tercepat yang mencapai angka US $1 Milyar, penjualannya sudah mencapai 15 juta unit atau lebih, hingga review dari majalah mingguan di Jepang, Famitsu yang memberi nilai sempurna untuk game ini.

[Sumber: Develop]