AC IV: Black Flag Bakal Miliki Lima Jam Gameplay Opsional di Dunia Modern

Kisah dalam serial Assassin’s Creed (AC) selama ini memang terfokus kepada sejarah. Memang dalam lima seri utama yang dirilis, salah satu protagonis utama kita, Desmond hidup di dunia modern. Namun tetap saja, elemen sejarah dimana dikisahkan Desmond yang harus menelusuri ingatan para leluhurnya mengambil peran yang sangat penting dalam setiap game AC. Tak terkecuali dengan AC IV: Black Flag nanti, dimana kita akan diajak kembali menelusuri era kejayaan bajak laut lewat karakter Edward Kenway.

Dengan fokus kepada sejarah, bukan berarti Ubisoft terus mengurangi porsi gameplay yang ber-setting di dunia modern. Bahkan, untuk AC IV: Black Flag nanti, Ubisoft sudah menyiapkan sekitar lima jam gameplay opsional yang bisa kamu lakukan di dunia modern. SPOILER Bagi yang sudah menamatkan AC III pasti sudah mengetahui bagaimana nasib Desmond di akhir game tersebut. Hal inilah yang menyebabkan Ubisoft harus mencari protagonis baru yang muncul di dunia modern, dan akhirnya Ubisoft memutuskan bahwa KAMU adalah protagonis di masa modern. Dikisahkan, kamu adalah satu dari sekian banyak peneliti di Abstergo yang bertugas untuk menelusuri ingatan para leluhur.

Kepada UbiBlog, sang Game Director AC IV: Black Flag Ashraf Ismail mengungkapkan nantinya akan banyak hal yang bisa kamu lakukan di kantor Abstergo, setting utama di dunia modern game tersebut. “Total, jika kamu ingin melakukan semua hal di dunia modern seperti menemukan semua rahasianya, melakukan hacking di setiap komputer dan mengakses setiap ruangan yang ada, maka kamu membutuhkan tiga hingga lima jam gameplay,” ungkap Ismail. “Untuk jalan cerita utamanya, hal-hal yang harus kamu lakukan, akan memakan waktu antara 20 hingga 25 menit. Kamu akan meninggalkan animus lima kali dalam jalan cerita utamanya dan setiap kali meninggalkan animus tersebut kamu membutuhkan waktu tiga hingga empat menit,” lanjutnya.

Bagian di dunia modern ini memang didesain untuk pelengkap kisah dari jalan cerita utamanya, sama seperti yang dilakukan Ubisoft di seri-seri sebelumnya. Dalam bagian ini kamu akan menemukan banyak jawaban seputar Abstergo, Templar, Assassin dan rahasia-rahasia lainnya, namun didesain tidak terlalu penting alias tidak terlalu berdampak dari segi cerita utamanya. “Kami berusaha sangat keras untuk mencoba mengurangi esensinya karena kami tahu banyak penggemar di luar sana yang benar-benar tidak suka dengan gameplay dunia modern ini,” ungkap Ismail. “Kamu boleh tidak menyukainya, namun hal ini (dunia modern) adalah bagian dari brand AC. Untuk orang-orang yang menyukai dunia modern dan penggemar berat, kami meletakkan banyak fan service dan kegiatan menyenangkan lainnya yang opsional untuk dilakukan di sana,” lanjutnya.

Dengan menjelajahi kantor Abstergo, kamu nantinya bisa menemukan banyak komputer yang bisa di-hack untuk menemukan rahasia-rahasia Abstergo. Kabarnya, beberapa konten ini nantinya akan memberikan penjelasan kepada pemain mengenai apa yang terjadi pada diri Desmond setelah AC III. Ismail juga menjanjikan kehadiran beberapa cameo dari karakter-karakter yang sudah kita kenal sebelumnya. Salah satunya sudah dikonfirmasikan oleh Ubisoft, dimana untuk versi PlayStation akan kehadiran Aveline sebagai salah satu karakter yang bisa dimainkan di misi khusus.

Seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya, AC IV: Black Flag akan dirilis dalam beberapa gelombang, dimana gelombang pertama dirilis untuk PS3, Xbox 360 dan Wii U pada 29 Oktober 2013 yang akan datang. Setelah itu, game ini akan dirilis di PS4 pada 15 November 2013, untuk PC pada 19 November 2013 dan terakhir untuk Xbox One pada 22 November.

[Sumber: UbiBlog]


SHARE
Previous articleSquare Enix Kembangkan Dragon Quest Monsters: Super Light untuk iOS dan Android
Next articleLenovo Siapkan IdeaPad B6000-F dan B8000-F, Tablet Yoga Ber-OS Android
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.