Teknologi Flexsible Display Mulai Berkembang, LG Siap Produksi Layar OLED yang Bisa Ditekuk

Sepertinya Samsung dan LG sedang bersaing untuk menjadi yang pertama menghadirkan teknologi layar fleksibel. Sebelumnya kami melaporkan Samsung dikabarkan akan mengkonfirmasikan smartphone pertama mereka dengan layar yang mudah ditekuk, dan bakal disebut Galaxy Round. Sedangkan LG juga sama, namun mereka lebih “terbuka” melalui press release resmiyang dirilis kemarin, yang menyebutkan bahwa mereka sudah memulai produksi masal panel OLED fleksibel pertama untuk smartphone.

Menunjuk pada press release yang mereka rilis melalui news room-nya kemarin, LG sudah memulai proses produksi panel layar fleksibel yang khusus didesain untuk smartphone. Karena masih masuk masa produksi, sepertinya kita tidak akan segera mendapatkannya diterapkan ke dalam smartphone dalam waktu dekat ini. LG sendiri menyebutkan baru tahun depan produk dengan layar OLED fleksibel mereka ini akan dilepas ke pasaran. Dr. Sang Deog Yeo, Executive Vice President and Chief Technology Officer dari LG Display juga mengatakan bahwa jenis layar fleksibel mulai tahun depan akan semakin bertumbuh, dan masuk ke banyak aplikasi seperti pada layar mobil, tablet dan juga wearable device (sebutan keren dari smartwatch).

Press release tersebut juga sedikit menyebutkan bagaimana panel flaksibel tersebut dibangun, yang menggunakan substrat plastik, bukanya kaca seperti tipikal layar yang kita kenal. Penerapan material tersebut membuatnya tidak akan rusak, meskipun bisa ditekuk. Panel tersebut bisa ditekuk karena ada teknologi enkapsulasi film ditambahkan di bagian belakang panel fleksibel tersebut. LG juga berhasil membuat panel mereka itu menjadi cekung bentuknya dari atas ke bawah dengan radius 700mm. Tebal panel fleksibel tersebut 0.44mm, dan juga disebut sebagai yang paling tipis diantara panel layar untuk smartphone yang pernah ada. Senada dengan ketebalannya, LG juga mengklaimnya menjadi yang paling ringan dengan hanya 7.2 gram saja.

Yang paling menarik dari pernyataan LG tersebut adalah berat dan ketipisan panel mereka tersebut mengacu pada ukuran layar 6-inchi. Sepertinya itu juga menjadi salah satu petunjuk, jika kita akan mendapatkan gadget dengan layar 6-inchi yang juga bisa ditekuk dari LG nantinya.

[cb type=”company”]LG[/cb]

Sumber: LG


SHARE
Previous articleLenovo Siapkan IdeaPad B6000-F dan B8000-F, Tablet Yoga Ber-OS Android
Next articleKamu Bisa Memerankan Darth Vader atau Emperor Palpatine dalam Star Wars: Tiny Death Star!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.