Square Enix Akan Meremake Final Fantasy VI Hingga X Untuk Android dan iOS

RPG klasik memang tidak ada matinya ya. Apalagi nama Final Fantasy. Bagi sebagian besar gamer “tua” seperti penulis, justri fantasu klasik yang mampu memikat hati para pemainnya. Wajar jika remake atau port game klasiknya selalu ditunggu. Square Enix menjadi salah satu “dewa” di genre RPG (pada masanya sih!). Dan meskipun menurut penulis saat ini mereka sedikit kehilangan “midas touch”-nya menghasilkan Final Fantasy yang bisa membuat pemainnya memiliki keterikatan batin dengan ceritanya, Square Enix tidak kehilangan akal. Remake menjadi jurus terampuh mereka menyenangkan para pemain RPG klasik dengan banyak judul RPG lawas seperti Dragon Quest, serta Final Fantasy I – V dan Final Fantasy Tactics. Sedangkan yang paling baru, mereka kabarnya juga akan memberikan remake Final Fantasy VI (kemungkinan besar versi Game Boy Advance) untuk Android dan iOS akhir tahun ini.

Kabar ini terlontar dari sutradara dan produser dari Square, Takashi Tokita, bahwa versi mobile dari Final Fantasy VI sekadar remake game aslinya, dengan sedikit penyesuaikan untuk memainkannya di platform mobile. Misalnya, pemain tidak perlu lagi melakukan grinding terlalu berlebihan untuk menaikkan level dan memenuhi kebutuhan untuk melawan musuh-musuh terkuat, sehingga kita bisa lebih puas menikmati cerita dan karakternya yang memorable. Square Enix juga mempertahankan artwork 2D game tersebut, dengan grafis yang masih sama, hanya sedikit disesuaikan agar tetap terlihat menarik untuk kayar smartphone dan tablet modern.

Tokita juga memberi petunjuk jika pihaknya akan mem-port Final Fantasy VII ke Android dan iOS. Salah satu Final Fantasy paling populer itu selama ini memang banyak diminta versi port, remake, atau bahkan update untuk mesin modern. Melihat kebiasaan developer tersebut meremake game klasiknya akhir-akhir ini, yang tidak menawarkan update besar, bisa disimpulkan jika Final Fantaxy VII tersebut akan sama seperti game aslinya, dan hanya sedikit penyesuaian agar bisa nyaman memainkannya di gadget mobile. Selain itu Square Enix juga berencana membawa Final Fantasy VIII, IX, dan bahkan Final Fantasy X untuk mobile, meskipun kapan waktunya tidak dijelaskan oleh Tokita.

Sepertinya para penggemar Final Fantasy akan dimanjakan dengan banyak remake. Selain Final Fantasy V yang sudah hadir September lalu, kita juga akan segera mendapatkan Final Fantasy IV: The After Years dan juga Final Fantasy Agito.

Sumber: Kotaku