Square Enix Collective, Program Baru untuk Developer Indie!

Square Enix Collective

Banyak orang yang memiliki ide game menarik, namun sulit untuk merealisasikan karena terkendala banyak hal seperti tidak didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni hingga tidak tersedianya dana. Selain itu, memiliki ide membuat game yang menarik belum tentu disukai oleh gamer. Untuk itulah kadangkala developer memerlukan dua hal selama proses pengembangan game, yaitu penyandang dana dan feedback dari komunitas. Salah satu sistem penyandang dana yang tengah menjadi tren saat ini adalah dengan menggunakan crowdfunding, dimana ada banyak website yang menawarkan fasilitas tersebut seperti Kickstarter dan IndieGogo.

Nah, bagi kamu yang sudah memiliki ide game menarik namun tidak tahu kemana langkah terbaik selanjutnya, kali ini Square Enix bekerja sama dengan salah satu website terbesar dalam hal crowdfunding, IndieGogo memperkenalkan program baru untuk developer yang disebut dengan Square Enix Collective. Inti dari Collective ini sendiri adalah developer yang memiliki ide game nantinya akan mempublikasikan ide tersebut dalam platform Collective. Di platform tersebut, sudah ada komunitas gamer yang siap memberikan feedback kepada developer tersebut mengenai ide yang di-posting, apakah sudah sesuai dengan keinginan mereka, aspek apa saja yang perlu mendapat perbaikan, dan apa yang perlu ditambahkan.

Setelah 28 hari mengumpulkan voting dan feedback dari gamer di platform Collective, maka Square Enix akan melihat apakah ide tersebut mendapatkan banyak dukungan dari gamer atau tidak. Jika ide tersebut mendapatkan banyak dukungan, maka selanjutnya Square Enix akan membantu developer tersebut untuk mencari pendanaan melalui kerja sama mereka dengan IndieGogo. Square Enix akan membantu developer untuk memastikan ide game tersebut sudah memenuhi persyaratan dari IndieGogo, dan jika ide tersebut mendapatkan banyak dukungan di IndieGogo, maka Square Enix juga akan bekerja sama dengan developer untuk merealisasikan ide tersebut dengan baik.

Indiegogo Logo

Lantas, apa yang terjadi jika ide dari developer ini tidak mendapatkan banyak dukungan? Square Enix masih akan tetap membantu developer dengan memberikan banyak masukan mengenai apa yang harus diperbaiki agar ide tersebut bisa menjadi semakin baik. Nantinya, memasukkan ide game ke Collective tidak akan dipungut biaya alias gratis, namun developer harus menyetujui syarat dan ketentuan yang diberikan oleh Square Enix. Kabar lainnya, melalui Collective ini nantinya developer juga memiliki kesempatan untuk bekerja mengembangkan IP-IP lama dari Eidos. Mengenai IP apa yang sudah disiapkan dan apa saja syarat dan ketentuan Collective akan dibeberkan Square Enix dalam GDC Next yang akan diselenggarakan tanggal 5 hingga 7 November di LA Convention Center, Los Angeles.

Sekilas melihat Collective, program ini bisa menguntungkan baik dari sisi developer maupun dari sisi komunitas gamer. Dari sisi developer, mereka bisa melihat seperti apa game yang diinginkan oleh gamer sehingga ketika developer berhasil memenuhi ekspektasi tersebut, kemungkinan game akan sukses di pasaran menjadi sangat besar. Dari sisi komunitas, gamer bisa meminta kepada developer secara langsung untuk menyajikan aspek-aspek dalam game seperti story, gameplay hingga fitur-fiturnya seperti yang mereka inginkan. Sampai saat ini Square Enix masih belum membuka pendaftaran Collective, dan jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai program ini, kamu bisa langsung mengunjungi halaman resminya di sini.

[Sumber: Square Enix]


SHARE
Previous articleKomunitas Indotekken Siap Bertarung Di Tekken Global Championship!
Next articleZigma 131: Tokyo Game Show 2013, Limitless Evolution
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.