Dragon Quest Mobile Dirilis Akhir Tahun, Berikut Video Demonya Melalui Smartphone

Dragon Quest

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, Square Enix mengalihkan banyak Dragon Quest mereka ke platform mobile. Beberapa screenshot awal juga sudah mereka rilis melalui website khusus versi mobile tersebut yang bisa kamu akses melalui tautan berikut ini dan di sini untuk Dragon Quest Monster.

Apa yang disebutkan Square Enix, hampir semua seri RPG old school tersebut akan dibawa ke platform mobile, meskipun screenshot awal yang mereka tunjukkan baru Dragon Quest VIII saja. Serial Dragon Quest sendiri mengawali debutnya pada tahun 1986, dan dikenal sebagai Dragon Warrior di US. Memang tidak sepopuler Final Fantasy, apalagi di luar Jepang, namun tetap memiliki penggemar tersendiri yang sangat loyal. Bahkan di Jepang sampai merambah seri anime dan manga.

Keputusan Square Enix meremake untuk mobile memang sudah ditebak. Seperti yang kami laporkan pertengahan tahun ini, laporan keuangan mereka yang kurang memuaskan akhirnya membuat salah satu developer game besar Jepang ini memilih sedikit merubah strategi bisnisnya. Jika sebelumnya konsol dan handheld dijadikan sumber pemasukan utama, maka mulai tahun 2013 Square Enix akan memperbanyak game mobile, khususnya untuk Android dan iOS. Sayangnya bukan game mobile baru, hanya sekadar remake saja. Meskipun game remake, bagi mereka penggemar serial klasiknya tentu akan tertarik memainkannya kembali. Seperti Final Fantasy VI dan VII, penulis yakin banyak yang menunggu memainkannya kembali sebagai nostalgia di gadget mobile.

Memang remake tersebut juga melahirkan pandangan skeptis, mengesankan Square Enix “malas” membuat franchise baru untuk mobile. Namun dengan kondisi saat ini yang tidak pasti, dimana belum tentu seri baru bisa sukses di pasaran, penulis sendiri paham kenapa mereka lebih memilih remake saja. Game yang sudah pasti memiliki fanbase besar, dan juga sudah pasti akan laku. Final Fantasy V yang baru dirilis akhir September lalu di Google Play Store dengan harga US $18.28 saja sudah di-download lebih dari 10 ribu kali. Dan itu hanya di Android, belum lagi versi iOS-nya yang sudah eksis sejak akhir Maret 2013 lalu.

Square Enix hanya sedikit memodifikasi sistemnya, seperti penyesuaian kontrol agar nyaman dimainkan di layar sentuh. Tidak ada penambahan, misalnya, skenario baru. Dan semoga saja remake Dragon Quest ini berbeda, dan ada penambahan yang baru, bukan sekadar port saja. Sedangkan untuk Dragon Quest Monsters Super Light, sepertinya game baru berbasis game sosial. Berikut kami juga berikan demo Dragon Quest VIII mobile melalui smartphone Android yang menjadi bagian dari lineup winter-nya operator NTT DoCoMo. Ya, seperti yang kami tuliskan sebelumnya, orientasinya menjadi portrait. Itu juga menjadi salah satu perbedaan dibandingkan versi aslinya.

Sementara ini disebutkan Dragon Quest mobile akan dirilis akhir tahun ini bersamaan dengan smartphone winter NTT DoCoMo. Belum ada kepastian apakah juga akan diterjemahkan. Namun melihat semua Final Fantasy mobile mereka juga eksis di Barat, kita bisa berharap versi mobile salah satu RPG terpopuler di Jepang itu juga akan diterjemahkan.


SHARE
Previous articleFinal Fantasy X | X-2 HD Remaster Siap Dirilis Akhir Tahun Ini
Next articleSpace Guardian: Superhero Lokal Dengan Cita Rasa Komik Amerika!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.