Galaxy Fame Lite dan Galaxy Star Pro Duos Siap Dirilis Samsung Indonesia

Galaxy Fame Lite GT-S6790
Galaxy Fame Lite (S6790)

Meskipun tidak seheboh Galaxy S4 atau Galaxy Note 3 selama peluncurannya, Android kelas menengah-bawah Samsung juga termasuk banyak diburu, terutama mereka yang mempertimbangkan harga dan juga merk. Galaxy Star dan Fame, dengan opsi dua kartu GSM untuk Star menjadi pilihan yang masuk akal bagi yang berbudget terbatas. Dan untuk pasar tersebut, Samsung mengajukan beberapa pilihan lainnya.

Akhir September lalu mereka merilis Galaxy Trend dan Trend Duos di India. Seri Trend menjadi yang termurah ditawarkan Samsung di India, dengan layar 4-inchi WVGA (480 x 800), prosesor dual-core (Cortex-A5), kamera 3-megapixel, 4GB internal storage plus microSD, 512MB RAM, dual SIM GSM, baterai, 1,500mAh, dan Android 4.1 Jelly Bean. Sedikit di atas Fame. Namun melihat daftar sertifikasi Samsung di Ditjen Postel, Trend sepertinya tidak masuk ke Indonesia, atau setidaknya secara resmi, karena Trend banyak juga diperjualbelikan di forum jual beli online.

Galaxy Fame Lite GT-S6790
Galaxy Fame Lite (S6790)

Sedangkan kemarin kami mendapat info jika Samsung merilis dua Android low-end lainnya di Eropa. Keduanya adalah Galaxy Trend Lite (GT-S7390) dan Galaxy Fame Lite (S6790), dimana keduanya sudah dijual di Belanda. Keduanya juga menawarkan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari versi non-Lite, namun tentu saja ada beberapa yang di-downgrade, seperti resolusi kameranya.

Galaxy Fame Lite

Galaxy Fame Lite mendapat perubahan yang cukup besar dari versi standarnya. Kamera diturunkan kualitasnya dari 5 menjadi 3-megapixel, prosesor kini 850MHz bukanya 1GHz, NFC juga dihilangkan (meskipun Fame yang beredar di Indonesia juga minus NFC), dan tidak ada kamera depan. Sisa spesifikasinya sama, layar LCD TFT 3.5-inchi HVGA (320 x 480), baterai 1,300mAh, internal storage 4GB dengan slot micro SD, 512MB RAM, dan Android 4.1 Jelly Bean.

Sedangkan Galaxy Trend Lite tetap menawarkan prosesor 1GHz, 512MB RAM, 4GB storage dan microSD slot, baterai 1,500mAh, dan Android 4.1 Jelly Bean, meskipun kameranya diturunkan menjadi 3-megapixel dan kamera depan dibuang.

Mana diantara keduanya yang akan masuk Indonesia? Berhubung Galaxy Trend sepertinya akan bentrok dengan Fame (atau terutama Galaxy Star Pro Duos), maka Samsung Indonesia pun tidak membawanya ke pasar lokal. Dan karena tidak ada nama yang dikenal sebelumnya, wajar jika Fame Lite yang akan dipasarkan ke Indonesia. Kami juga mendapatkan data pengajuan sertifikatnya sudah siap di Ditjen Postel. Tinggal menunggu waktu saja Fame Lite ini akan menggantikan seri-seri low-end lawas seperti Young, Star dan Pocket.

Galaxy Star Pro Duos

Tunggu dulu, di atas penulis sebutkan Galaxy Star Pro Duos? Yup, Samsung Indonesia juga tengah menyiapkan Galaxy Star Pro Duos (GT-S7262). Seperti namanya, menjadi penerus Galaxy Star Duos (GT-S5282), yang sudah dirilis pertengahan tahun ini dan termasuk seri low-end terlarisnya Samsung. Satu-satunya yang keluhan pengguna Star Duos adalah ukuran layarnya, sehingga untuk yang “Pro” ini Samsung meningkatkannya menjadi 4-inchi.

Galaxy Star Pro Duos menawarkan layar LCD TFT 4-inchi dengan resolusi 480 x 800-pixel, prosesor 1 GHz Cortex-A5, 512MB RAM, internal 4 GB, ketebalan 10.6 mm, berat 121-gram, baterai 1500-mAh dan menjalankan Android 4.1 Jelly Bean. Kamera utamanya 2-megapixel, namun tanpa kamera depan. Opsi dual SIM pun masih dibawa. Konektivitasnya juga sama, 2G, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Bluetooth dan sama seperti kakaknya, tidak ada koneksi 3G dan GPS di sini.

Sumber: Samsung, Samsung (2), Ditjen Postel


SHARE
Previous articleDICE Beberkan Detail Spectator Mode dalam Battlefield 4!
Next articleGTA V Versi PC Siap Meluncur Awal Tahun Depan!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.