Samsung Galaxy Note II Snapdragon 600 Muncul Dalam Daftar Ditjen Postel

Ketika penulis iseng melacak pengajuan sertifikat smartphone Samsung di Ditjen Postel, muncul satu seri yang baru saja mendapat update, dan sudah masuk fase pengujian, yaitu Samsung – GT-N7108D. Pengguna Galaxy Note II pasti mengenali kode GT-N71xx tersebut. Namun dengan dua digit di bagian belakang yang berbeda, jelas ini varian baru dari spesies Note II. Namun penulis juga ingat dengan seri tersebut, karena sempat menuliskannya dulu. Samsung GT-N7108D tidak lain menjadi versi upgrade dari Galaxy Note II dengan prosesor Snapdragon 600.

Yup, cukup mengejutkan melihat Samsung Galaxy Note II Snapdragon 600 atau GT-N7108D ini ternyata masuk dalam daftar pengajuan sertifikat. Ini jelas menandakan jika Samsung akan segera merilis versi upgrade dari Galaxy Note II tersebut, sekaligus pertanda jika Samsung akan menghentikan penjualan Galaxy Note II (setelah diikuti penurunan harganya beberapa bulan belakangan). Karena penulis yakin, setelah GT-N7108D ini dijual nanti, harga Galaxy Note II yang berprosesor Exynos 4412 pasti akan makin terkerek turun. Saat ini Galaxy Note II yang memang masih dijual dengan harga baru di kisaran Rp. 5.8 jutaan tetap eksis untuk membayangi LG Optimus G Pro, yang secara ukuran layar setara Galaxy Note II, namun kinerja prosesor Snapdragon 600-nya jauh mengungguli. Ketika GT-N7108D ini dirilis nanti, posisinya akan berada di atas Galaxy S4, namun di bawah Galaxy Note III. Penulis memperkirakan harganya nanti berada di level Rp. 6.5 hingga 7 jutaan.

Perbedaan dibandingkan Galaxy Note II lawas hanya ada pada chiosetnya saja. Samsung memilih Snapdragon 600 dengan empat prosesor yang clock speed-nya 1.9 GHz dan GPU Adreno 320 (seperti pada Galaxy S4 versi i9505) dan menggunakan Android 4.2.2 Jelly Bean. Dengan chipset tersebut, dan resolusi layar yang belum full HD, hasil uji benchmark-nya mencapai 26,901 point, jauh dibandingkan hasil benchmark AnTuTu yang mampu dicapai Galaxy Note II dengan chiopset Exynos yang berada di angka 15 ribuan.

Belum ada informasi kapan Samsung Indonesia akan mulai menjual Samsung Galaxy Note II Snapdragon 600 ini (Samsung sudah menjual Galaxy Note II Snapdragon 600 ini di China). Namun dengan spesifikasi yang ditawarkan, jelas akan menjadi masalah bagi LG dengan Optimus G Pro-nya ketika dirilis nanti.

Sumber: Xinhuanet


SHARE
Previous articleSpace Guardian: Superhero Lokal Dengan Cita Rasa Komik Amerika!
Next articleDetail Bundel Spesial Puella Magi Madoka Magica: The Battle Pentagram
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.