LG G Pro Lite, Android Dual SIM Terbaru LG yang Layak Menjadi Phablet

LG G Pro Lite
LG G Pro Lite bersanding dengan kakaknya, Optimus G Pro

Harga LG Optimus G Pro berangsur turun pasca LG Indonesia mulai menjual LG G2, dan smartphone raksasa berlayar 5.5-inchi tersebut kian menjadi pilihan yang worth it secara price-to-performance dengan chipset Snapdragon 600-nya di harga Rp. 5 jutaan saja. Namun sepertinya LG punya rencana lain dengan mantan flagship-nya itu dengan varian lain yang lebih terjangkau. Mereka bersiap merilis LG G Pro Lite, atau juga dikenal di dengan kode seri LG-D686, di Indonesia. Sesuai namanya yang membawa embel-embel “lite”, G Pro baru ini nantinya bukan menjadi pembaruan hardware dari Optimus G Pro, melainkan sekadar postur yang nyaris sama, dengan beberapa fitur hardware yang dipangkas.

LG G Pro Lite

Karena menyasar kelas pasar menengah, LG paham dengan tipikal konsumen di kelas tersebut yang masih berharap fitur dual-SIM di dalam smartphone mereka. Karena itulah fitur utama G Pro Lite adalah opsi dual SIM GSM. Kemudian untuk layar, kamu mendapatkan bidang 5.5-inchi. Namun resolusi dan material layarnya bukan bandingan kakaknya. Di sini Lite hanya mengajukan resolusi qHD alias 540 x 960-pixel dengan material LCD TFT biasa. Kemudian Snapdragon 600 juga dibuang untuk chipset yang overall kinerjanya hanya 1/4-nya saja, yaitu melalui MediaTek MT6577, dengan dua core prosesor Cortex-A7 yang kecepatannya 1.0 GHz. Yup, chipset yang banyak kita temui digunakan pada banyak Android lokal sejak akhir tahun 2012 lalu justru yang dipasangkan LG di sini. Selain itu, kamu bisa berharap pada koneksi data GSM yang kecepatannya mencapai 7.2 Mbps, memory 1 GB RAM, internal storage 8 GB yang memadai, dan masih bisa diperbesar melalui slot micro SD.

LG G Pro Lite

Opsi dual SIM jelas menjadikan versi Lite ini lebih menarik di mata beberapa penguna. Dan tidak hanya itu saja, LG pun menyediakan fitur lain yang menunjang produktifitas layarnya yang lebar. Mereka menyematkan langsung pena stylush di dalam slot khusus, dan menjadikan smrtphone ini layak disebut sebagai phablet dengan harga terjangkau. Kakaknya Optimus G Pro saja bahkan tidak memiliki stylush terintegrasi. Selain itu, speakernya juga sudah stereo, yang pasti membuat iri pengguna Optimus G Pro. Namun Lite hanya mengajukan kamera utama 8-megapixel dengan sensor BSI, dan kamera sekunder 1.3-megapixel saja. Jauh dari kemampuan kombinasi 13-megapixel dan 2-megapixel untuk kamera depan pada Optimus G Pro.

LG G Pro Lite

Meskipun mayoritas Android baru sudah mengadopsi OS versi 4.2.2, namun LG masih saja puas dengan Jelly Bean 4.1.2 untuk Lite ini. Namun penulis yakin itu bukan masalah krusial bagi mereka yang lebih mencari funsi dual-SIM-nya. Kami juga menyukai solusi LG untuk manajemen dual-SIM-nya. Selain tiga tombol capacitive di bawah layar (yang lebih kami sukai, karena tombol Home pada Optimus G Pro terlalu kecil, dan susah menekannya), LG juga menyediakan satu tombol capacitive khusus (tombol paling kanan di bawah layar) bagi kita yang mau mengganti kartu SIM utama.

Selain itu, beberapa fitur premium Optimus G Pro dan LG G2 juga hadir untuk LG G Pro Lite ini. Seperti KnockON, untuk menghidupkan layarnya dengan hanya menyentuh dua kali pada permukaan layar (Oppo Find Mirror juga memiliki fitur semacam ini), Pause dan Resume Recording memungkinkan kita merekam beberapa video berbeda yang kemudian disatukan, QSlide untuk menampilkan tiga aplikasi berbeda dalam satu window, hingga QTranslator untuk menerjemahkan cepat kata dan kalimat dari hasil foto yang diambil kameranya.

LG G Pro Lite

Sisa spesifikasi lain dari LG G Pro Lite ini bisa kamu lihat melalui daftar di bawah. Keseluruhan phablet dengan berat 161 gram dan dimensi 150.2×76.9×9.4 mm ini masih mengajukan profil tubuh yang sama seperti kakaknya. Akan ditawarkan dengan pilihan warna Hitam dan Putih, LG akan mulai menjual G Pro Lite di Amerika Latin dan diikuti kemudian untuk negara-negara di Asia, Rusia, China, India dan Timur Tengah. Harganya sendiri belum diungkapkan, namun yang pasti LG Indonesia sudah ancang-ancang membawanya ke pasar lokal, karena mereka sudah mengajukan sertifikatnya di Ditjen Postel sejak akhir Agustus lalu.

LG G Pro Lite Specification

  • Processor: MT6577 1.0 GHz Dual Core
  • Display: 5.5-inch (960 x 540 pixel)
  • Network: 3G (HSDPA: 7.2Mbps / HSUPA: 5.76Mbps)
  • Memory: 1GB RAM, 8GB ROM, MicroSD
  • Camera: Rear 8.0MP BSI / Front 1.3MP
  • Battery: 3,140 mAh (removable)
  • Operating System: Android Jelly Bean 4.1.2
  • Size: 150.2 x 76.9 x 9.4mm
  • Weight: 161g
  • Connectivity: Bluetooth 3.0, USB2.0, A-GPS, Wi-Fi Direct
  • Colors: Black, White

[cb type=”company”]LG[/cb]

Sumber: LG


SHARE
Previous articleDua TV Spot Baru Ender’s Game Sajikan Dahsyatnya Pertarungan Melawan Alien Formics
Next articlePokemon X & Y Week: Eye Candy – Deretan Fan Art Pokemon X & Y
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.