Gathering dan Ulang Tahun Pertama SuGaCom yang Meriah!

ulang tahun pertama SuGaCom

Hari Sabtu (12 Oktober 2013) kemarin menjadi hari bersejarah bagi arek-arek gamer Suroboyo, karena menjadi hari gathering dan ulang tahun pertama SuGaCom (Surabaya Gamers Community) yang meriah!

Hari itu juga bertepatan dengan rilisnya Pokemon X & Y di seluruh belahan dunia secara simultan. Dalam setahun ini walaupun pelan tapi pasti grup ini sudah resmi beranggota 189 orang dari lintas platform konsol dan handheld, serta beberapa anggotanya bahkan berasal dari luar kota Surabaya.

SuGaCom biasanya secara rutin (biasanya bulanan) mengadakan gathering resmi, tujuannya tiada lain adalah untuk menjaga kerukunan warganya. Dan tentu saja, untuk bermain bersama dan diskusi berbagai hal tentang seputar game. Acara ini secara rutin diadakan di Tunjungan Plaza I Food Court lantai 4 dekat Studio XXI dan Grand City Food Court lantai 4, walau akhir-akhir ini lebih sering diadakan di Grand City. Biasanya gathering diadakan pada hari Sabtu sebulan sekali mulai jam 13.00 hingga selesai.

ulang tahun pertama SuGaCom

Acara ulang tahun pertama SuGaCom hari Sabtu kemarin di food court Grand City lantai 4 Surabaya dihadiri oleh sekitar 30 anggota, yang dimulai pukul 13.00 WIB dengan berkumpul dan bersantai bersama (bermain game-game handheld secara multiplayer) sambil menunggu anggota lain yang akan datang. Acara kemudian dimulai pukul 14.45 WIB dengan doa bersama, di mana semua anggota mengharapkan agar SuGaCom sukses terus di masa mendatang.

Selanjutnya diadakan peresmian dobel Official Banner, acara tiup lilin dan tentu saja potong kue tart dilakukan juga. Menu tart yang menjadi kue ultah SuGaCom hari Sabtu kemarin adalah Tiramisu. Setelah menikmati acara ulang tahun, para peserta kembali ke rutinitas gathering yaitu tentu saja bermain main game bersama, antara lain Monster Hunter 3 Ultimate, Animal Crossing New Leaf, Soul Sacrifice, Dragon’s Crown, dan Mario Kart 7.

ulang tahun pertama SuGaCom "kue" "ulang tahun"
Kue ulang tahun SuGaCom yang pertama
ulang tahun pertama SuGaCom "pakdhe Arsanto"
Pakdhe Arsanto meniup lilin kue ultah SuGaCom
ulang tahun pertama SuGaCom "official banner" "pakdhe arsanto" "ami raditya"
Pakdhe Arsanto bersama mas Ami Raditya (GrandC) di antara official banner SuGaCom

Seperti yang diketahui sebelumnya, SuGaCom ini awalnya terbentuk dari grup Komunitas 3DS-NDS Indonesia yang dibentuk pada Agustus 2009 sebagai wadah utama pecinta NDS dan 3DS di masa depannya (yang saat itu belum dirilis). Komunitas ini dibentuk oleh dr. Arsanto Sidohutomo beserta dr. Muhammad Barlian Nugroho dan dr. Valeri Al Hakiim. Kemudian dari grup tersebut dibentuklah grup baru yang ingin memperluas jaringan handheld dan konsolnya, sehingga tidak hanya terbatas pada NDS dan 3DS. Bernama SuGaCom, grup ini dibentuk pada bulan Oktober 2012 lalu, tepat dua minggu sebelum acara Choco Days ke-2 tahun lalu diadakan. Tujuan pembentukan SuGaCom ini adalah untuk mempersatukan para gamer baik handheld maupun konsol untuk kota Surabaya pada khususnya, dan gamer di sekitar Surabaya pada umumnya.

SuGaCom ini dibentuk oleh dr. Arsanto Sidohutomo, Davy Budiono, dan Liyanto Untoro. Sebenarnya ada satu anggota lagi yakni dr. M. Barlian Nugroho yang meski orang Malang, namun memiliki banyak peranan dalam SuGaCom, bahkan beliau telah dianggap seperti saudara sendiri oleh dr. Arsanto. Dan uniknya lagi, untuk memperakrab mereka-mereka dengan para anggota yang lain, ada nama panggilan sendiri untuk para dokter ini, yakni “pakdhe” atau jika diartikan menjadi “pak dokter” hehe. Awalnya, panggilan pakdhe ini dicetuskan oleh Ferry Dirgantara yang saat ini berada di Malaysia.

ulang tahun pertama SuGaCom

Berikut adalah pesan dan kesan dari pakdhe Arsanto, salah satu petinggi dan founder SuGaCom.

“Saya senang dan bangga,” ujar Arsanto. “Surabaya sebenarnya punya potensi banyak gamer yang belum tergali, dan memang banyak juga yang kesannya senang sendiri atau acuh pada acara kumpul-kumpul seperti ini. Namun bila kita menemukan orang-orang yang tepat, maka acara gathering pun bisa ramai sekali.”

“Sejak belum berdirinya SuGaCom, kami sendiri sudah rutin mengadakan acara gathering khusus dengan teman Komunitas 3DS dan NDS Indonesia, namun kini saatnya kita berubah. Saatnya Surabaya punya komunitas berbagai bidang konsol dan handheld yang bersatu. Dan setahun ini kami telah berkembang, walau jujur saja yang kita rambah masih tetap para pemain lama yaitu para pemilik handheld 3DS dan Vita. Masih bingung bagaimana mengajak teman-teman gamer yang bermain di konsol untuk ikut bergabung, karena memang faktor lokasi dan alat konsolnya yang tidak mungkin dibawa saat gathering berlangsung. Tapi suatu saat bila sudah mumpuni semoga para anggota pemain konsol bisa menemukan cara untuk dapat mengikuti acara gathering ini. Saya berharap dan terus berdoa. Karena SuGaCom bukan grup gamers biasa. Saya yakin itu.”

Saya dan juga teman-teman dari Duniaku.net mengucapkan selamat ulang tahun yang pertama untuk SuGaCom. Semoga ke depannya bisa semakin berkembang dan merangkul seluruh gamer arek-arek Suroboyo untuk tergabung di dalamnya, amin. Ayo rek sing ngaku gamer Suroboyo, langsung ae yo gabung nang SuGaCom hehe.

ulang tahun pertama SuGaCom

ulang tahun pertama SuGaCom

ulang tahun pertama SuGaCom

[nggallery id=858]


SHARE
Previous articleDiskusi Industri Game Indonesia dalam Jogja Game Session Meetup!
Next articleMengenal Empat Class dalam Clash of Gods Indonesia!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.