Heroes of Dragon Age Dirilis Terbatas Untuk Android, Berikut Impresinya!

Setelah pertama kali dikonfirmasikan Agustus 2013 lalu, akhirnya minggu lalu Electronic Arts melakukan soft-launch Heroes of Dragon Age. Seperti Plants vs Zombies 2, dan juga game-game mobile EA lainnya nanti, mereka akan merilisnya secara free-to-play. Game freemium yang nantinya akan dirilis bersamaan untuk Apple iOS dan Google Android ini mengajukan konsep freemium tersebut dalam bentuk figur 3D para karakter penting dari dunia Dragon Age yang bisa kamu beli dan kumpulkan, dan menjadi bagian untuk membentuk pasukan dari figur tersebut, yang kemudian bertarung (mendukung online cross-platform antara iOS dan Android) melawan pemain lain atau musuh yang dikendalikan AI.

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, game ini sekilas seperti perpaduan antara RPG dengan Collectible Card Game, dan unsur lore atau ceritanya tidak terlalu banyak diangkat. EA tidak memilih sebuah jalan cerita baru, namun lebih suka mengajukan skenario “what if?” untuk keseluruhan permainanmu. Namun untunglah setiap quest yang disajikan cukup jelas tanpa kita perlu mengetahui keseluruhan lore Dragon Age mulai Origins, seri kedua, Legends dan Journeys. Namun developernya mengambil banyak aspek cerita bukan hanya dari gamenya saja untuk membangun game mobile ini. Ada novel dan ensiklopedia Dragon Age yang mereka gunakan sebagai basis pembangun ceritanya.

Sementara ini Heroes of Dragon Age baru dirilis oleh EA mulai 8 Oktober kemarin di Google Play Store Kanada saja. Tujuan soft-launch ini adalah untuk mengumpulkan feedback dari pemain, serta mengukur keseluruhan kemampuan game ini ketika dirilis global dan menerima akses dari banyak pemain di seluruh negara. Soft-launch ini pun hanya untuk Android saja. Karena sebatas soft-launch, maka terbatas hanya untuk pengguna smartphone dan tablet Android di Kanada saja yang bisa mengunduh dan memainkannya dari Play Store. Perilisan global di Android dan iOS dikabarkan akan berlangsung akhir bulan ini, atau bulan depan. Namun jika kamu sudah tidak sabar ingin memainkannya, bisa mengunduhnya melalui tautan yang kami berikan di bawah.

Ketika dirilis global nanti, EA mengatakan akan menyediakan lebih dari 100 karakter yang unik dengan masing-masing memiliki empat potensi evolusi dan variasi pengembangan yang berbeda. Mereka juga akan terus memberi dukungan pasca dirilis, dengan menambah karakter dari Dragon Age: Inquisition yang akan dirilis tahun depan, serta banyak karakter berbasis lore franchise Dragon Age lainnya hingga mencapai 400 karakter. Karakter akan terbagi-bagi menjadi empat faction berbeda dan memiliki kemampuan ala batu, gunting, kertas yang artinya masing-masing karakter akan memiliki kekuatan dan kelemahan saat berhadapan dengan karakter lainnya.

  • Halaman Google Play untuk Heroes of Dragon Age
  • Unduh Heroes of Dragon Age bagi pengguna dari luar Kanada, ukuran file tersebut sekitar 199 MB, dan keseluruhan game memakan space hingga 600 MB setelah kamu install

Melalui tautan tersebut penulis bisa meng-install dan memainkannya melalui Galaxy Note 10.1. Setelah memasuki game, kami langsung mendapat panduan sistem game ini melalui pertarungan antara Grey Wardens dan Archdemon of the Fifth Blight. Pertarungannya secara turn-based dengan dua pasukan di battlefield. Dengan tampilan grafis 3D yang kaya akan detail dan animasi, susah untuk membuat kami mengalihkan perhatian selama adegan pertarungan tersebut. Setelah itu kamu dibawa ke Thedas, dan diminta untuk membangun pasukan.

Selama bermain, kamu akan mendapatkan karakter secara random, dengan kemungkinan mendapatkan karakter rare makin besar bergantung pada berapa banyak uang yang kamu belanjakan ketika membukanya. Seperti tipikal game freemium, akan ada dua mata uang yang berlaku selama memainkannya. Satu, koin yang yang dengan mudah kamu dapatkan, dan gem yang memaksa kita membelanjakan uang nyata untuk menambahnya dengan cepat.

Satu yang menurut kami menarik dari kegiatan pengumpulan karakter tersebut adakah fitur untuk memadukan ability hingga lima karakter ke dalam karakter lainnya. Jadi jika kamu memiliki karakter yang mungkin tidak terlalu penting, gabungkan saja dengan karakter yang saat ini menurutmu paling kuat. Kamu juga bisa menggabungkan dua karakter sama menjadi satu karakter yang lebih kuat.

Untuk satu pasukanmu, EA menyediakan empat slot karakter, dan satu lagi slot untuk binatang seperti beruang dan naga. Dan karena game ini bukan role-playing game seperti serial utamanya, keseluruhan permainan terfokus pada pertarungan dengan pasukan lain. Kamu bisa membawa pasukan tersebut online dan bertarung melawan pemain lain, atau lebih suka melakukan quest melalui single-player campaign. Campaign disajikan melalui beberapa map, dan setiap map mencakup event dari masa lalu Thedas. Untuk memenangkan pertarungan, kamu perlu memperhatikan setiap unitmu. Mereka memiliki Health, Power, Ability, dan Speed yang berbeda.

Dengan pertarungan disajikan secara turn-based, maka kamu bisa mengatur formasi mereka sebelum bertarung. Setiap pertarungan di map membutuhkan strategi yang berbeda, sehingga kamu juga perlu sering kembali ke layar squad management untuk mengatur strategi yang lebih baik sebelum masuk ke pertarungan baru. Aturan pertarungannya juga bergantung pada formasi, makhluk yang kamu bawa, atau kondisi yang mengiringinya. Dengan Inquisition gameplay pertarungannya juga lebih terfokus pada strategi, sepertinya game ini juga menjadi pemanasan yang tepat bagi para pemain Dragon Age yang ingin mencoba memainkan seri barunya melalui perangkat mobile.

Walaupun esensinya bukan RPG yang selama ini kita familiar, namun dalam game ini ada banyak elemen RPG-nya, seperti bagaimana kamu mengembangkan karakter, hingga mem-boost kekuatan mereka melalui Rune. Rune menjadi satu fitur penting dalam game, karena mampu meningkatkan status pasukanmu untuk waktu yang singkat, dan itu bisa saja diperlukan selama kamu melawan musuh yang lebih kuat. Sayangnya, Rune akan sangat susah kamu dapatkan, dan mungkin akan memaksamu membelanjakan uang asli untuk mendapatkannya.

Sebagai game freemium, Heroes of Dragon Age mendapatkan pemasukan melalui penjualan Hero Pack dan Gems. Kamu yang ingin memainkannya untuk kebanggaan menang dengan mudah bisa membelanjakan uang asli untuk kemungkinan mendapatkan rare hero. Dan Gems mutlak dibutuhkan seiring kamu lebih jauh memainkannya, untuk mendapatkan unit baru yang lebih kuat.

Overall Heroes of Dragon Age bisa menjadi hiburan yang menyenangkan bagi penggemar Dragon Age, khususnya yang menyukai gameplay taktik, yang juga akan diterapkan pada seri baru game konsolnya nanti. Selain itu, secara visual game ini juga tidak mengecewakan. Grafis 3D-nya bisa kamu setarakan dengan game-game mobile freemium EA lainnya yang dirilis sepanjang tahun ini, seperti Real Racing 3 dan Need for Speed Most Wanted.

Heroes of Dragon Age – Teaser Trailer


SHARE
Previous articleBatman: Arkham Origins Mobile Siap Dirilis oleh NetherRealm Studios!
Next articleHercules: The Legend Begins, Layaknya Film Gladiator dan 300 yang Dilebur Menjadi Satu
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.