Valve Rilis Video Demo Steam Controller untuk Berbagai Game!

Steam Controller

Sekitar akhir September lalu, Valve sempat memberikan kejutan dengan mengkonfirmasikan tiga hal penting hanya dalam waktu satu minggu. Pertama, mereka mengkonfirmasikan keberadaan Steam OS yang akan diimplementasikan dalam Steam Machine buatan mereka. Lantas dilanjutkan dengan konfirmasi Steam Machine itu sendiri plus mengajak pengguna Steam untuk mendaftar sebagai beta tester-nya. Terakhir, mereka melengkapi Steam Machine dengan kontrolernya yang memiliki bentuk agak unik yang disebut dengan Steam Controller.

Dilihat dari luar, kontroler ini memiliki layout yang sedikit berbeda dengan kontroler kebanyakan, terutama dengan keberadaan dua trackpad dan touchscreen yang tertanam di tubuhnya. Valve mengatakan, bahwa kontroler yang juga dilengkapi dengan haptic feedback ini bisa digunakan untuk SEMUA game yang didistribusikan via Steam, baik game-game lama maupun game-game yang akan dirilis nantinya. Nah, semalam Valve merilis video demo yang sedikit memberikan pandangan kepada kita bagaimana cara kerja dari Steam Controller ini nantinya. Berikut ini adalah video demo Steam Controller yang dirilis oleh Valve.

Untuk mendemokan Steam Controller, Valve menggunakan beberapa game seperti Portal 2 yang bergenre puzzle FPS dan Civilization V yang ber-genre RTS. Nampaknya Valve ingin membuktikan, bahwa Steam Controller ini benar-benar nyaman digunakan untuk semua genre game. Dalam Portal 2 misalnya, kamu bisa memutar kamera dengan menggunakan trackpad kiri, lantas menggerakkan senjata dengan menggunakan trackpad kanan. Untuk mengeluarkan blue portal, kamu bisa menggunakan trigger kanan, yang sepertinya akan banyak menggantikan fungsi klik kiri dalam mouse dalam berbagai game.

Dalam Civilization V pun demikian, dimana trackpad kiri bisa kamu gunakan untuk menggeser layar peta, sedangkan kursor bisa kamu gerakkan dengan menggunakan trackpad kanan. Trigger kanan kembali memegang peranan penting, dimana tombol ini kembali menggantikan kedudukan klik kiri dari mouse untuk menyeleksi pasukan, memilih setting dan lain sebagainya. Untuk gerakan dragging mouse, tampak  kamu hanya perlu menahan trigger kiri, lantas menyapukan jari di trackpad kanan.

Steam Controller - Portal 2 Binding
Contoh binding tombol pada Portal 2

Steam Controller versi awal akan hadir bersamaan dengan 300 Steam Machine versi beta yang mulai dibagi-bagikan kepada beta tester yang berminat. Versi awal ini tidak dilengkapi dengan touch screen, serta membutuhkan sebuah kabel USB untuk menyambungkannya (tidak wireless). Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftarkan diri menjadi salah satu beta tester dari Steam Machine, kamu bisa mengisi kuesioner yang disediakan Valve melalui alamat ini.

[Sumber: VG247]


SHARE
Previous articleFoto Perdana The Inquisitor dalam Star Wars Rebels
Next articleKitchen Scramble, Time Management Tema Makanan Sehat
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.