MediaTek MT8121 Akan Memperkuat Tablet Android Berharga Sejutaan

Tahun lalu mereka yang membeli smartphone atau tablet, khususnya Android, pasti sempat mereka kecewa karena ternyata yang harganya murah chipsetnya biasa saja kinerjanya. Hingga awal tahun ini, mulai bermunculan chipset alternatif dari produsen China seperti MediaTek, Rockchip, atau AllWinner yang produknya bisa didapatkan dengan harga sejutaan namun kinerjanya sudah bisa dikatakan lumayan.

Namun sejalan dengan perkembangan game dan aplikasi Android yang membutuhkan resource lebih besar, otomatis produsen chipset juga harus sejalan dengan kebutuhan tersebut dan memberi solusi pilihan yang lebih baik dengan harga yang tidak perlu meningkat drastis. Seperti yang dilakukan MediaTek ini, mereka menawarkan chipset khusus tablet yang kuat dengan harga yang terjangkau melalui seri MediaTek MT8121.

Seperti tipikal seri MT8xxx lainnya, MT8121 menggunakan empat inti prosesor dari arsitektur ARM Cortex-A7, dan dikombinasikan dengan GPU Power VR Series 5. Dan seperti kebanyakan chipset tablet mereka sebelumnya, MT8121 juga mendukung koneksi WiFi, Bluetooth, dan GPS, dan akan dilepas dengan harga hanya US $99.

Sejauh ini MediaTek mengklaim mereka sudah memulai proses produksi masal chipset tersebut, dan rencananya tersedia untuk tablet pada awal tahun 2014 mendatang. Menarget pasar tablet di harga sejutaan, chipset ini jelas sangat murah diimplementasikan. Apalagi ini sudah quad-core, yang menjamin pengoperasian game dan aplikasi multimedia lainnya lebih lancar. Chipset mereka lainnya yang biasa digunakan untuk tablet adalah seri MediaTek MT8125 atau 8389, dengan tabletnya sendiri dipasarkan dengan rentang harga sekitar Rp. 2 jutaan. Salah satu contohnya adalah Lenovo A3000 dan S6000.

Sumber: Mtksj


SHARE
Previous articleSerunya Perjuangan Tim PES Garuda Indonesia Melawan Vietnam!
Next articlePenjualan Pokemon X & Y Menembus Empat Juta Copy dalam Dua Hari!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.