Final Fantasy VII Mobile Bisa Terwujud Tidak Dalam Waktu Dekat

Dikonfirmasikannya kepastian remake Final Fantasy VI untuk mobile oleh Square Enix memberi harapan baru bagi para penggemar Final Fantasy VII yang masih saja meminta remake ulang game tersebut dengan tampilan modern. Namun seperti kebiasaan Square Enix dengan remake mereka, tidak akan ada major update secara grafis, kecuali sebelumnya mereka sudah pernah memberi remake dengan ubahan grafis signifikan. Karena itulah opsi yang ada hanya port seperti versi digital PC-nya yang dirilis sekitar Agustus 2012 lalu. Namun seandainya hanya sekadar port pun, ternyata masih ada kendala.

Menurut produser program remake Final Fantasy klasik untuk mobile, Takashi Tokita, port untuk mobile tersebut hanya akan bisa diwujudkan bertahun-tahun mendatang, dan butuh banyak usaha, karena game tersebut terlalu besar. Besar dalam hal ini mungking mengacu pada kapasitas yang dibutuhkan untuk menginstallnya ke dalam platform mobile, entah itu Android atau iOS. Bisa mencapai 3GB, karena port untuk PC-nya tempo hari juga membutuhkan kapasitas sebesar itu. Dan jika lebih dari 2 GB artinya melebihi ambang batas kapasitas data game iOS sebesar  2GB. Google sendiri lebih besar, mereka masih mengijinkan data gama Android di Play Store dengan batasan 4GB. Namun kami yakin Square Enix tidak akan mau membuat game ini hanya untuk Android saja.

Lebih lanjut menurut  Tokita, perangkat mobile masa kini memang sanggup menjalankan kualitas grafis Final Fantasy VII. Namun pihaknya akan membutuhkan waktu yang lama sebelum nyaman mem-port game tersebut. Yah, mungkin butuh waktu lama ini adalah karena kendala ukuran data yang dibatasi iOS. Bisa jadi developer ini memang agak malas sedikit memodifikasi game tersebut sehingga ukurannya bisa lebih ringkas, atau mereka sengaja menunggu saja sampai batasan 2 GB yang dipatok Apple diperbesar lagi nanti, namun entah kapan!

Well, pernyataan ini memang sedikit bertentangan dengan apa yang sebelumnya diungkapkan Square Enix, bahwa mereka akan meremake Final Fantasy VI hingga X. Namun jika kendalanya sekadar batasan file, maka kita hanya bisa menunggu sampai Apple khususnya, memperbesar data yang bisa diunduh melalui server iTunes mereka. Sementara ini kita tetap bisa memainkan Final Fantasy VII melalui emulator, atau sambil menunggu bisa dengan memainkan Final Fantasy IV: The After Years atau Final Fantasy Agito yang juga akan segera dirilis untuk iOS dan Android.


SHARE
Previous articleBertemu Katie Raikkonen di Akiba’s Trip 2
Next articleABC Rilis Trailer Untuk Marvel’s Agents of S.H.I.E.L.D. Episode 5, Girl in the Flower Dress
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.