Android 4.4 KitKat Dirilis 28 Oktober, Bersama Nexus 5 yang Ditawarkan Mulai 3 Jutaan!

 

Kita sudah mengetahui bahwa Google berencana merilis penerus smartphone Nexus mereka, Nexus 5 akhir Oktober ini, bersamaan dengan konfirmasi resmi Android 4.4 KitKat. Memang sebelumnya kita belum mendapatkan tanggal pastinya. Namun beberapa hari belakangan, akun Twitter KitKat sepertinya memberikan petunjuk.

Awalnya kami menduga Nexus 5 dan Android 4.4 akan muncul bersamaan pada 31 Oktoberatau setidaknya sama seperti ketika mereka mengkonfirmasikan Android 4.2 bersama Nexus 4 tahun lalu, tepatnya pada 29 Oktober 2012. Sedangkan kali ini, sepertinya Google sedikit memajukan tanggalnya. Beberapa petunjuk yang di-post melalui akun Twitter KitKat merujuk pada tanggal 28 Oktober. Mulai dengan Tweet pertama yang dipost 15 Oktober kemarin, dengan status “Everybody dance now!”, yang merujuk pada single pertama C+C Music Factory, kelompok musik dari New York yang dibentuk pada tahun 1989. Sebelum terbentuk sebagai C+C Music Factory, mereka dikenal sebagai The 28th Street Crew pada akhir tahun 80-an.

Tweet tersebut memang rancu, apalagi jika membayangkan apa hubungannya dengan makanan seperti KitKat. Bahkan tidak ada yang menyangka angka 28 yang yang menjadi salah satu nama awal sebelum terbentuknya kelompok musik tersebut memberi arti lebih. Sehari kemudian, KitKat mem-post Tweet baru, “This is it”. Status tersebut mengacu pada filmnya Michael Jackson, yang  mulai premier pada 28 Oktober 2009.

Menghubungkan dengan Tweet sebelumnya, dan keterkaitan makanan ringan produksi Nestlé tersebut dengan Google, bisa disimpulkan jika Android 4.4 KitKat akan resmi dikonfirmasikan pada 20 Oktober mendatang. Seperti kebiasaan Google sebelumnya, konfirmasi baru Android tersebut juga bersamaan dengan pengenalan Nexus 5.

Seperti inilah penampilan Google Nexus 5 yang diproduksi LG. Dengan layar 4.95-inchi resolusi 1080p, material TFT IPS, Internal storage 16 atau 32GB, 2GB RAM, Chipset MSM8974 Snapdragon 800 pada kecepatan 2.3GHz, kamera belakang 8-megapixel dengan OIS, kamera depan 1.3-megapixel, baterai 2300mAh, Bluetooth 4.0, dan mendukung koneksi UMTS/GSM/CDMA/LTE menjadi sebagian spesifikasinya. Dengan konfigurasi tersebut, Google hanya menawarkannya seharga $350 saja! Semoga masuk Indonesia harganya tidak melambung!

Beberapa informasi baru mengenai Android 4.4 KitKat juga kami dapatkan sepekan belakangan. Jika Android 4.3 sekadar menawarkan update yang tidak terlihat, seperti dengan penerapan Open GL terbaru, maka untuk KitKat Google memberi banyak pembaruan, mulai dari interface sampai pada banyak fungsi software-nya, yang disebut-sebut akan mempermudah pengoperasian perangkat wearable semacam smartwatch.

Pertama, banyak sumber mengklaim jika Android 4.4 KitKat akan menerapkan fitur semacam “listening mode” untuk Google Now. Motorola menggunakan mode tersebut untuk Moto X berkat dukungan prosesor natural language, dan dengan tiga mic, Moto X siap menerima voice command tanpa perlu menguras lebih banyak daya baterai. Cukup kamu serukan “OK Google Now,” maka kamu bisa mengaktifkan smartphone ini dari kondisi standby, dan kemudian melanjutkannya dengan perintah lainnya, seperti menanyakan bagaimana cuaca hari ini, membuat panggilan, mengirim SMS, menemukan arah yang tepat selama navigasi, memutar musik, tanpa perlu mengaktifkan/menyalakan layarnya.

Meskipun tidak sedalam penerapan mode always on yang siap menerima perintah kapan saja seperti pada Moto X, namun kabarnya listening mode-nya KitKat ini juga sama, akan siap mendengarkan perintah, yang dimasukkan melalui home screen. Ya, artinya smartphone atau tablet ber-KitKat harus dibuka dulu untuk bisa memasukkan command-nya.

Kemudian dari beberapa bocoran screenshot Android 4.4 KitKat, kami yakin nanti Google akan memasukkan aplikasi office sebagai salah satu palet standar. Dan yang dipilih terintegrasi dengan KitKat tidak lain adalah QuickOffice, aplikasi pengedit dokumen yang pertangahan September lalu mulai digratiskan di Play Store. Perubahan lain bisa terlihat dari aplikasi Clock, yang kini font-nya ditampilkan lebih lembut, serta beberapa tampilan antar muka setting atau aplikasi download. Kumpulan screenshot baru itu juga menunjukkan seperti apa pesan rahasia / easter egg Android 4.4 KitKat (sentuh beberapa kali kolom Android Version di Setting – About). Berikut screenshot terbaru Android 4.4, yang beberapa diantaranya juga membandingkan tampilannya dengan Android 4.3 di sisi kiri.

Perbandingan Android 4.3 (kiri) dan Android 4.4 (kanan) pada aplikasi jam, serta tampilan aplikasi Download.

Sedangkan untuk Nexus 5, kabar terakhir smartphone unggulan dari Google tersebut rupanya sudah masuk ke dalam Play Store. Para pengguna Play Store di US bisa membuka tautan berikut, yang mengarahkan pada halaman dengan pilihan untuk membeli Nexus 5. Melalui gambar resmi yang diunggah Google ke Play Store tersebut bisa dipastikan bahwa Nexus 5 masih diproduksi oleh LG, karena terlihat jelas label produsen Korea ini di bagian belakangnya.

Listing di Play Store tersebut juga menyebutkan berapa harganya. Nexus 5 nantinya dijual mulai US $349, yang kemungkinan besar untuk varian dengn internal storage 16 GB. Harga yang cukup menggiurkan untuk sebuah smartphone dengan chipset Snapdragon 800. Untuk varian yang 32 GB, sepertinya harga akan meningkat hingga lebih dari US $400. Namun yang terpenting, semoga saja harganya tidak melambung terlalu jauh, karena Nexus 4 sendiri pertama kali ditawarkan di Indonesia oleh LG dengan harga Rp. 5.499.000 untuk versi 16 GB, dengan saat ini harganya sudah turun mejadi Rp. 4 jutaan saja!

Sumber: Twitter, Android Police, ZDNet


SHARE
Previous articleDetail Hollow Area di Sword Art Online: Hollow Fragment
Next articleFinal Fantasy Committee Siap Menjamin Kualitas Final Fantasy
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.