Samsung Mulai Lepas Update Android 4.3 Jelly Bean Bagi Pengguna Galaxy S4

Pada event Mobile Unpacked Episode 2 awal September lalu yang diiringi dengan IFA 2013 di Berlin, Samsung menjanjikan bahwa mereka akan segera merilis update baru untuk Galaxy S4. Sebulan kemudian, tepatnya akhir pekan lalu muncul kabar bahwa Samsung siap menyebarkan update Android 4.3 Jelly Bean untuk flagship mereka tersebut. Belum juga dirilis untuk para pengguna, sudah muncul bocoran apa saja yang ditawarkan Samsung untuk para pengguna Galaxy S4.

Dan kemarin Samsung akhirnya resmi merilis firmware baru tersebut untuk Galaxy S4 (GT-I9505 / GT-I9500). Sumber kami juga menyebutkan apa saja fitur baru yang akan kamu dapatkan melalui Android 4.3 yang pertama kali dirilis Google akhir Juli lalu. Selain daftar update resmi apa saja fitur barunya dari Google, Samsung juga menawarkan beberapa racikan mereka sendiri. Menurut sumber kami, memang tidak terlihat jelas secara visual apa saja perbedaannya, karena memang update Android 4.3 dari Google hanya sekadar menambah beberapa fitur yang tidak berhubungan dengan interface. Hanya saja di balik  layar, ada pembaruan besar, seperti dukungan OpenGL ES 3.0 yang pasti terasa selama kita memainkan game dengan efek grafis 3D berat.

Keseluruhan Galaxy S4 dengan Android 4.3 menjadi lebih cepat, dengan hasil benchmark-nya pun juga meningkat. Hasil benchmark Antutu Benchmark dengan Android 4.3 memberi boost hingga 29-30 ribuan. Samsung memang belum memberi change log apa saja yang baru di sini, namun berikut daftar perubahan yang ditemui oleh Sammobile.

  • Dukungan OpenGL 3.0
  • Dukungan Galaxy Gear
  • Ada fungsi TRIM untuk membuat Gakaxy S4 lebih cepat
  • Dukungan protokol ANT+ yang berhubungan untuk perangkat wearable yang fungsinya mendeteksi keadaan tubuh pengguna
  • Penerapan fitur keamanan Samsung KNOX pada bootloader dan aplikasi, yang sempat membuat Galaxy Note 3 sangat susah di-root
  • Samsung Wallet menjadi aplikasi standar
  • Manajemen RAM yang lebih baik
  • Perbaikan pada reproduksi warna layar, dan kini terlihat lebih tajam dari sebelumnya
  • Perbaikan pada TouchWiz Launcher, sehingga proses redraw-nya lebih jarang, termasuk mengurangi lag
  • Samsung Keyboard baru yang pertama diterapkan pada Galaxy Note 3
  • Samsung Browser baru yang pertama diterapkan pada Galaxy Note 3, secara default langsung masuk kondisi full screen, dan ada antar muka tab baru
  • Mode Reading baru yang dioptimalkan untuk aktivitas membaca, dengan batasan hanya beberapa aplikasi saja yang bisa menggunakannya
  • Perbaikan pada aplikasi Camera
  • Dan beberapa perbaikan untuk aplikasi seperti Contacts dan Flashlight Widget

Seperti biasa, Samsung mendorong formware ini secara berkala dan bergantung dimana wilayah kita (sementara ini baru di Jerman saja yang sudah bisa diunduh melalui KIES atau OTA). Bisa saja pengguna di Indonesia segera mendapatkan notifikasi update, atau justru harus menunggu agak lama.

Galaxy S4 (GT-I9505) Android 4.3 Update Preview

Sumber: Sammobile


SHARE
Previous articleHarga Xbox One dan PS4 Bakal Lebih dari Sepuluh Jutaan di Brazil!
Next articleThe Hunger Games: Catching Fire Kembali Hadirkan Dua TV Spot Baru
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.