Galaxy S5 Akan Dibuat Anti Debu Air dan Memiliki Sensor Keamanan Canggih

Samsung berencana mengumumkan Galaxy S5 lebih cepat, setidaknya selama event Mobile World Congress pada Februari 2014 mendatang. Rumor awal tersebut diiringi dengan kemungkinan flagship baru mereka itu akan menjadi keluarga Galaxy pertama yang menerapkan prosesor 64-bit melalui Exynos 6. Menyusul dua kabar tersebut, makin banyak saja desas-desus mengenai Galaxy S5 yang muncul beberapa hari belakangan, mulai kemungkinannya mendapat kemampuan anti debu dan air, namun tanpa mengusung brand Active, serta juga menerapkan sensor pengenalan retina mata.

Kabar sertifikasi anti debu dan air tersebut muncul setelah banyak yang menyebutkan juga mengenai rencana Samsung menjual varian lain Galaxy Note 3 dengan label Active, yang selama ini dikenal menjadi seri Galaxy Samsung yang tangguh. Dan tidak mengherankan jika Galaxy S5 nantinya juga akan mengusung fitur tersebut. Namun yang berkembang, justru tanpa label Active. Samsung akan menjual Galaxy S5 mereka langsung dengan paket standar ketangguhan Active.

Rumor lain yang juga berkembang di negeri Gingseng Korea adalah Samsung juga berencana memasukkan fungsi keamanan tambahan seperti solusi Apple melalui Touch ID-nya iPhone 5s dan HTC dengan Fingerprint Scan. Bedanya, bukan data sidik jari pengguna yang akan digunakan di sini, melainkan mata pengguna. Fungsi keamanan Eye-Scanning ini akan memungkinkan pengguna Galaxy S5 (jika benar diterapkan nanti) membuka Galaxy S5 dengan cara memindai bola mata.

Rumornya, saat ini Samung sudah mulai mengerjakan teknologi yang akan mendukung pemindai mata tersebut. Langkah ini selain agar tidak dituduh ikut-ikutan tren fitur pemindai sidik jari, juga memberi standar keamanan lebih untuk pengguna Galaxy S5. Apalagi dari pantauan penulis, ternyata sensor tersebut justru tidak digunakan dengan maksimal oleh para pengguna iPhone 5s.

Dengan rivalnya seperti Xperia Z1 yang hadir lebih awal Oktober ini, dan juga sudah menerapkan standar keamanan yang sama, Samsung ingin menawarkan paket yang lengkap untuk flagship mereka. Dan dengan banyak flagship dari pesaing lain seperti LG G2 dan Xperia Z1 juga sudah ditawarkan sejak dini, wajar jika Samsung juga memajukan jadwal peluncuran Galaxy S5. Sejauh ini juga belum diketahui tingkat rating Ingress Protection atau IP yang akan dimiliki Galaxy S5, atau apakah sensor mata tadi benar akan diterapkan. Jadi tidak perlu dianggap serius, sampai kita benar-benar melihat bukti nyatanya.


SHARE
Previous articleDetail Sistem Pertarungan Madoka Magica: The Battle Pentagram
Next articleGuillermo Del Toro Tengah Kerjakan Naskah Pacific Rim 2
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.