Harga Xbox One dan PS4 Bakal Lebih dari Sepuluh Jutaan di Brazil!

Harga Xbox One dan PS4

Baik Sony maupun Microsoft memang sudah mengkonfirmasikan harga resmi dari PS4 dan Xbox One saat pertama kali dirilis di US dan Eropa. Di kedua region tersebut, harga PS4 dibanderol lebih murah dibandingkan Xbox One, dimana untuk PS4, Sony mematok harga US $399 atau sekitar Rp 4.2 juta. Di sisi lain, Microsoft membanderol Xbox One dengan harga satu juta lebih mahal, yaitu di angka US $500 atau sekitar Rp 5 juta. Harga yang terpaut satu juta ini ditengarai memang merupakan akibat dari bundel hardware yang hadir bersamaan dengan konsol tersebut. Seperti yang kita tahu, Xbox One nantinya akan hadir langsung dengan Kinect, yang membuatnya lebih mahal dibandingkan PS4.

Harga Xbox One dan PS4 - Xbox Controller

Namun Xbox One yang lebih mahal dibandingkan PS4 ini tidak berlaku di Brazil, karena di Brazil justru PS4-lah yang dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Harga Xbox One dan PS4 di negeri tersebut bahkan lebih dari sepuluh jutaan! Ya, jika kamu membeli PS4 di Brazil, maka kamu harus merogoh kocek hingga 2999 Reais atau setara dengan US $1800. Jika dirupiahkan, harga dari PS4 tersebut di Brazil menyentuh angka sekitar Rp 19 juta! Karena berselisih harga sekitar delapan jutaan dengan Xbox One, maka harga Xbox One di negeri Samba tersebut adalah 2199 Reais atau US $1,015 yang jika dirupiahkan maka kita akan mendapatkan angka sekitar Rp 11 juta!

Harga Xbox One dan PS4 - DualShock 4

Mengapa harga konsol di Brazil begitu mahal? Sony mengungkapkan bahwa pajak yang cukup besar untuk kegiatan impor adalah penyebabnya. “Karena PS4 diekspor ke Brazil, maka harga yang disematkan ditentukan dari pajak impor yang ditetapkan oleh pemerintah lokal,” ungkap salah satu representatif Sony. Besar pajak yang dibebankan pemerintah Brazil untuk aktivitas impor ini tidak main-main. Untuk konsol saja, pajak yang dibebankan adalah sebesar 70%. Pajak ini tentu hanya untuk aktivitas impor saja, belum termasuk biaya yang lainnya seperti biaya kargo pengiriman dan pajak barang premium.Untuk pajak barang premium jika dikalkulasikan bisa mencapai lebih dari US $800 (sekitar Rp 8 juta) dan semua itu dibebankan kepada pembeli.

Hmm, berapa ya kira-kira harga dua konsol next gen tersebut jika sudah masuk ke Indonesia? PS4 menurut rencana akan dirilis pada tanggal 15 November 2013 yang akan datang, disusul dengan Xbox One pada tanggal 22 November untuk beberapa region tertentu saja.

[Sumber: CVG]


SHARE
Previous articleGuillermo Del Toro Tengah Kerjakan Naskah Pacific Rim 2
Next articleSamsung Mulai Lepas Update Android 4.3 Jelly Bean Bagi Pengguna Galaxy S4
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.