Microsoft Merilis Update Windows 8.1 Hari Ini, Unduh Gratis di Windows Store

Dari layar Start Metro, kamu bisa membuka semua aplikasi dengan sapuan jari dari bawah. Fungsi baru filter aplikasi sangat membantu menyortir mereka. Aplikasi baru juga dengan mudah dikuncikan ke layar Start.

Akhir Juni lalu kita memang bisa mencoba lebih awal update baru Windows 8.1 melalui versi Preview, namun resminya Microsoft merilis Windows 8.1 mulai hari ini. Para pengguna Windows 8 orisinal bisa mengunduhnya secara gratis, dan mulai besok semua PC Windows langsung menjalankan versi update ini. Termasuk Microsoft Surface serta Surface Pro 2 yang dikonfirmasikan akhir September lalu, dan banyak tablet yang menjalankan platform prosesor Bay Trail-nya Intel, akan langsung menjalankan Windows 8.1.

Kamu pengguna Windows 8 bisa masuk ke Windows Store untuk mendapatkan updatenya. Update yang sebelunya dikenal sebagai Windows Blue ini memperbaiki banyak keluhan pengguna Windows 8 atas beberapa fitur barunya, yang justru membuat mereka tidak nyaman mengoperasikan OS tersebut. Mulai dengan mengembalikan tombol  Start, meskipun sayangnya, kembalinya tombol tersebut hanya sekadar tombol semata, karena ketika kamu menekan tombol Start, bukan Start Menu yang muncul, melainkan langsung mengarahkanmu ke antar muka Metro. Microsoft juga menambahkan layar Apps baru di sini yang bisa menggantikan posisi Start menu ketika kamu mengklik tombol Start. Update lainnya adalah opsi untuk langsung boot ke desktop lengkap dengan daftar aplikasimu, bukanya Start Menu ala Metro.

Windows 8.1 juga menawarkan lebih banyak warna untuk background layar Start. Kamu juga bisa memilih desktop background (ini tampilan desktop yang kita kenal dari Windows lawas) sebagai background untuk layar Start Metro..

Microsoft juga menerapkan Start Menu yang sama seperti pada Windows Phone 8, sehingga di sini kamu bisa mengatur berapa ukuran live tile di halaman Metrro, agar lebih banyak informasi yang bisa kamu lihat dengan ukuran tile yang lebih besar. Fungsi search Windows 8.1 ini juga lebih dalam, karena kini bikan sekadar mencari file dan setting. Lebih universal, kamu juga akan mendapatkan hasil search dari web (melalui data Bing), hard drive, SkyDrive, isi dari dokumenmu dan aplikasi yang mendukung fungsi search tersebut. Hasil search juga akan memudahkanmu mencari track yang bisa di-play melalui Xbox Music dengan lebih mudah melalui windows hasil search. Dari hasil search itu tadi, kamu juga bisa langsung mengakses link Wikipedia, mencari gambar yang berhubungan, atau lokasi event terdekat dari artis bersangkutan, hingga data keseluruhan albumnya.

Microsoft juga meng-update beberapa aplikasi utama OS ini, seperti Internet Explorer 11 yang mendukung WebGL, sedangkan aplikasi Mail serta Xbox Music juga mendapat pembaruan interface. Lebih jauh mengenai apa saja perubahannya, bisa buka artikel kami sebelumnya melalui tautan berikut dan dari artikel ini.

Integrasi cloud juga menjadi fungsi penting di sini, karena semua file akan disimpan langsung di SkyDrive, jadi bisa diakses kapan saja, dimana saja, baik dari desktop atau smartphone dan tablet, tentu saja dengan dukungan koneksi internet..

Bagi mereka yang belum memiliki Window 8.1, melalui Windows Store kamu juga bisa langsung membeli  versi update ini yang dijual dengan harga US $120. Sedangkan yang Pro ditawarkan US $200. Sedangkan jika sekarang kamu membeli yang basic, dan berencana upgrade ke Pro, kamu perlu menambah dana US $99.99.

The Windows 8.1 Preview is here!

http://youtu.be/7BN0W7CONpw

First look at Windows 8.1

Sumber: Windows Store


SHARE
Previous articleMengenal Kuliner Khas Surabaya dalam Berangkat! #Streetfood
Next articleSkully P1, Helm Augmented Reality Dengan OS Android dan “Kaca Spion” Ketiga
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.