Skully P1, Helm Augmented Reality Dengan OS Android dan “Kaca Spion” Ketiga

Seperti yang kami ulas sebelumnya, makin banyak perangkat wearable canggih yang diproduksi. Smartwatch salah satunya, dan tren jam tangan pintar itu terus berkembang dengan berbagai konsep. Google pun berusaha mendukung dengan membuat Android 4.4 KitKat kompatibel dengan beragam perangkat wearable, termasuk kacamata masa depan Google Glass.

Sayangnya, Google Glass belum tersedia secara komersil. Kacamata tersebut juga memiliki keterbatasan, karena tidak mungkin dikenakan oleh mereka pengendara motor. Karena ada celah tersebut, Skully menawarkan produk helm terbarunya, yang disebut Skully P1, sebuah helm canggih yang menggunakan OS Android, akan menjadi pendamping selama mengendarai motor dengan menyajikan hiburan dan fungsi augmented-reality.

Seperti perangkat “augmented” lainnya, di dalam Skully P1 juga tersedia Heads Up Display (HUD) yang diposisikan pada cover muka helm tersebut, dan menampilkan semacam interface berbasis Android. Selain layar yang dihadapkan langsung di hadapan mata pengguna helm tersebut, Skully juga melengkapi helm mereka ini dengan kamera belakang dengan sudut yang lebar, hingga 180-derajat, dan apa yang terlihat melalui kamera tersebut akan ditampilkan di sisi kanan-bawah HUD. Dengan begitu pengendara motor ber-Skully ini bukan hanya mendapat gambaran keadaan lintasan di depan mereka, namun juga apa yang ada di belakangnya, sehingga meminimalkan adanya blind spot. Ya, memang ada spion, namun tentu saja sudut pandangan cermin pada spion tidak akan seluas kamera tersebut.

Berbasis Android, OS Skully menawarkan beberapa fungsi yang bisa diakses melalui perintah suara. Sistem akan merespon perintah tersebut entah melalui suara, atau ditampilkan pada layar HUD, atau kombinasi keduanya. Beberapa fitur yang kamu dapatkan seperti keadaan cuaca, peta dan rute, mengendalikan musik, dan bahkan akan memberi informasi pada pengendara seandainya ada SMS atau telepon masuk. Helm hi-tech Skully ini juga bisa membantu pengendara melakukan panggilan telepon langsung. Untuk menjalankan semua fungsinya tersebut, Skully ditenagai baterai yang diklaim bisa bertahan hingga 9 jam dalam sekali charge.

Skully juga berencana merilis SDK bagi para pengembang aplikasi, dan akan mereka sediakan akhir tahun ini. Hingga saat ini helm tersebut belum tersedia, dan sayangnya juga tidak diketahui kapan akan mulai dijual dan berapa harganya (kamu bisa juga berpartisipasi sebagai beta testernya di sini). Namun melihat betapa mahalnya Google Glass, kami yakin helm premium ini harganya bisa di atas Rp. 10 jutaan! Meskipun bisa dititipkan di kios penitipan helm, apa itu juga memberi jaminan ya, helm semahal ini bisa aman dari incaran pencuri…

Skully Helmets – Lets go for a ride

Sumber: Skully


SHARE
Previous articleMicrosoft Merilis Update Windows 8.1 Hari Ini, Unduh Gratis di Windows Store
Next articleSambut Halloween Rovio Merilis Update Baru Untuk Bad Piggies
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.