Banyak Mahasiswa di Jepang Membeli Pokemon X & Y

Banyak mahasiswa di Jepang membeli Pokemon X

Media Create, perusahaan pengamat penjualan di Jepang, memberikan fakta unik terkait dengan RPG terbaru Nintendo di 3DS. Banyak mahasiswa di Jepang membeli Pokemon X & Y!

Pada tanggal 12 Oktober 2013 lalu, Nintendo merilis Pokemon X & Y secara simultan di seluruh belahan dunia. Media Create mencatat data penjualan kedua game tersebut dalam rekap penjualan software dan hardware game selama sepekan. Dalam periode catatan penjualan mulai tanggal 7 hingga 12 Oktober 2013 lalu, Pokemon X & Y berhasil terjual di Jepang sebanyak 1,866,570 copy!

Untuk penjualan global, kedua game tersebut telah terjual menembus empat juta copy dalam waktu dua hari di seluruh dunia setelah perilisannya. Nintendo mengkonfirmasikannya di mana dua hari tersebut adalah hari Sabtu dan Minggu (12 dan 13 Oktober 2013 kemarin) di seluruh belahan dunia, meski tidak termasuk Eropa karena kebanyakan toko di sana tutup pada hari Minggu. Memang sih data penjualan Pokemon X & Y ini tidak bisa dibandingkan langsung dengan penjualan beberapa judul Pokemon sebelumnya, karena game ini dirilis secara simultan langsung ke semua region.

Banyak mahasiswa di Jepang membeli Pokemon X

Dan fakta unik berhasil didapatkan oleh Media Create, di mana Pokemon X & Y banyak terjual untuk mahasiswa di Jepang! Kalangan mahasiswa saat perilisannya di Jepang mendominasi pembelian, dan saat itu para murid sekolah tengah disibukkan oleh ujian.

Hal ini menunjukkan fakta bahwa sedang terjadi tren khusus untuk game-game yang dirilis akhir-akhir ini. Semenjak perilisan Pokemon HeartGold & SoulSilver dulu, di mana pembeli dan pemainnya berkembang ke lingkup kalangan pemain yang lebih tua (usia remaja dan mahasiswa). Dan pada saat perilisan Pokemon Black & White di tahun 2010 lalu, pekan pertama penjualannya terbagi ke banyak kalangan usia pemain, mulai dari anak-anak hingga remaja dan dewasa (berusia sekitar 19 – 24 tahun).

Banyak mahasiswa di Jepang membeli Pokemon X "Pokemon Black" "Pokemon White"
Data penjualan Pokemon Black & White

Dalam hal ini, banyak mahasiswa di Jepang membeli Pokemon X & Y dikarenakan anak-anak usia sekolah tengah disibukkan dengan ujian sehingga mereka pun mendominasi angka penjualan. Mungkin dalam pekan ini, kita dapat melihat angka penjualannya naik drastis karena anak-anak sudah terbebas dari ujian dan siap untuk membeli Pokemon X & Y. Di lain sisi, Monster Hunter 4 pun juga sudah mulai merengkuh pasar anak-anak dan membuat kedua game tersebut akan bersaing ketat nantinya.

[ Sumber : Siliconera (2) ]


SHARE
Previous articleMengenal Sistem AllDrive dalam Need For Speed: Rivals
Next articleNintendo Siapkan Solusi Mengatasi Bug di Pokemon X & Y
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.